Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Pariwara

Jumat, 1 April 2022 - 01:04 WIB

DLH Akan Gencarkan Pelatihan Pengelolaan Sampah, Melalui Bank Sampah Desa

Lamongan,Sekilasmedia.com – Pelatihan pengelolaan sampah oleh DLH seperti yang ada di Desa Datinawong, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan ini diikuti oleh Perangkat Desa, Pengurus RT/RW, BPD dan Perwakilan Warga, Petugas Kebersihan Desa.

Kegiatan pelatihan pengelolaan sampah ini di balai desa datinawong itu, bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian warga terkait dengan sampah di lingkungan sekitar desa. Hadir Langsung dalam kegiatan tersebut sebagai Narasumber adalah staf perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Rabu, (30/03/2022).

Pengelolaan sampah melalui bank sampai ini adalah system pengelolaan sampah berbasis masyarakat, prinsipnya penanganan sampah mandiri.

Pengelolaan sampah sebenarnya telah diatur di dalam Undang – Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 81 Tahun 2012 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

Bank Sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. Warga yang menabung yang juga disebut nasabah memiliki buku tabungan dan dapat meminjam uang yang nantinya dikembalikan dengan sampah seharga uang yang dipinjam.

APA ITU BANK SAMPAH?

Bank Sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. Warga yang menabung yang juga disebut nasabah memiliki buku tabungan dan dapat meminjam uang yang nantinya dikembalikan dengan sampah seharga uang yang dipinjam.Sampah yang ditabung ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang nantinya akan dijual di pabrik yang sudah bekerja sama. Sedangkan plastik kemasan dibeli ibu-ibu PKK setempat untuk didaur ulang menjadi barang-barang kerajinan.

TUJUAN DAN MANFAAT BANK SAMPAH.

Tujuan dibangunnya bank sampah sebenarnya bukan bank sampah itu sendiri. Bank sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat ‘berkawan’ dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah. Jadi, bank sampah tidak dapat berdiri sendiri melainkan harus diintegrasikan dengan gerakan 4R sehingga manfaat langsung yang dirasakan tidak hanya ekonomi, namun pembangunan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat.

Bank sampah juga dapat dijadikan solusi untuk mencapai pemukiman yang bersih dan nyaman bagi warganya. Dengan pola ini maka warga selain menjadi disiplin dalam mengelola sampah juga mendapatkan tambahan pemasukan dari sampah-sampah yang mereka kumpulkan.

Kades Mudakir Datinawong, Mengatakan, Untuk Konsep Bank sampah di desanya masih dalam taraf awal untuk rencana membuat bank sampah di tiap-tiap RT dan ada 18 RT di desa Datinawong.

Tujuan Kegiatan tersebut terang Kades Datinawong, Mudakir, “Untuk menumbuhkan kepedulian warga terkait dengan sampah. Karena sampahku tanggung jawabku,” katanya pada awak jurnalis.

Saat disinggung soal Tekhnis untuk bank sampah tersebut di tiap tiap RT, Kades Mudakir menuturkan bahwasanya masih dalam diskusi dan pembahasan, tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Anang Taufik ditempat terpisah saat dihubungi melalui WhatsApp, mengatakan bahwa, ” Pilah sampah dari rumah, diharapkan bisa menambah nilai ekonomis tambahan bagi keluarga. Jadi tidak semua dari sembuh sampah itu dibuang, misal kardus, kertas, plastik.

” Dalam beberapa bulan kedepan ini DLH akan terus mensosialisasikan tentang pengelolaan sampah, Bank Sampah di masing-masing desa di Kabupaten Lamongan,” pungkasnya. (rud)

Share :

Baca Juga

Pariwara

Latihan Menembak Sambil Momong Anak Jadi Motivasi Raih Prestasi

Pariwara

Segenap Keluarga Besar Pemerintah Desa Bulusari Kecamatan Gempol Mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445H”

Pariwara

Iklan Ucapan HUT RI Ke-76, DPC Papdesi Kab.Mojokerto

Pariwara

Pemerintah Desa Glagaharum, Porong, Sidoarjo Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1443 H

Pariwara

Sering Masuk FYP Instagram Reels, Ini Biodata okvio akbar

Pariwara

Literasi Digital Kabupaten Lamongan

Pariwara

Silaturahmi Ke Gus Sentot, Jarnas Jombang Dapat Wejangan

Pariwara

Iklan Ucapan Selamat Tahun Baru 2022, Pemerintah Desa Kenongo,Tulangan, Sidoarjo