Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan .

Home / Nasional

Kamis, 16 Juni 2022 - 04:11 WIB

PAMMI Kembali Menggelar Cipta Lagu Dangdut ,Rebut Hadiah Total 150 Juta

 

Ketua Umum PAMMI H Rhoma irama didampingi para pengurus harian

Jakarta,Sekilasmedia.com-Setelah lebih dari dua tahun konser musik ditiadakan pasalnya hampir seluruh dunia bahkan tanah air Indonesia telah mengalami wabah Pandemi Covid-19, namun kini semua telah berlalu, meski harus tetap menjaga Protokol kesehatan pemerintah sudah mengizinkan konser musik boleh digelar kembali.

Dilansir dari Voice of dangdut, tak Ketinggalan Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI) turut menggelar Lomba Cipta Lagu Dangdut (LCLD) yang ke- 5. Hal ini merupakan program rutin PAMMI sejak awal mula dilaksanakan 36 tahun silam, alhasil tergolong sukses dan konsisten. Selain hadiah yang fantastis lagu dangdut jebolan LCLD semuanya fenomenal dan sempat menguasai pasar dibelantika musik dangdut tanah air.

LCLD 5 langsung di lauching oleh Raja Dangdut H. Rhoma Irama selaku Ketua Umum DPP PAMMI, turut hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Pembina  DPP PAMMI Mayjen TNI Eddie Marzuki Nalapraya dan Agung Laksono, Kasubdit Pelayanan Hukum dan LMK Agung Damarsasongko, Direktur TVRI Iman Bratoseno, serta sejumlah artis dangdut papan atas.

Acara yang menampilkan sejumlah lagu-lagu dangdut peraih juara LCLD 1 hingga LCLD 4, ditayangkan live di stasiun TVRI pada Senin malam, (13/6/2022) sejak pukul 21.30 Wib.

Rhoma Irama mengungkapkan. “Festival ini adalah untuk memajukan kreativitas para seniman, untuk lebih meningkatkan lagi kreasi-kreasi yang akan muncul diluar biasa karena ada tantangan dan pesaing.

“Ajang Ini akan memunculkan karya-karya yang tidak biasa atau wow banget.” ujar Rhoma Irama dalam konferensi pers, pada Selasa (14/6).

Sekjen DPP PAMMI Waskito menyampaikan. “Kami dari DPP PAMMI membuka kegiatan ini secara terbuka yang bisa diikuti oleh masyarakat luas di seluruh Indonesia. Dengan persyaratan dan kriteria yang sudah ditetapkan oleh panitia, sebagaimana nanti dapat diakses di website PAMMI. Untuk penyelenggaraan lomba kali ini, seluruhnya pendaftaran dilakukan secara online. “Tandas CEO Studio Recording Pitados.

Sementara Ketua Panitia LCLD 5, Cici Paramida memaparkan. “Tahun 2022 ini, kami bersyukur LCLD 5 Tingkat Nasional dapat kembali digelar. Kami tertantang memberikan wadah untuk berkarya bagi pencipta lagu, seniman musik, dan masyarakat luas.”

“Sebagai persyaratan, masyarakat dapat mengirimkan materi lagu dalam bentuk MP3 yang diiringi hanya dengan satu alat musik yang dapat dipilih yaitu gitar, piano, gendang, biola atau alat musik lainnya.” lanjut Ketua Pelaksana LCLD 5 melalui siaran pers, Selasa (14/6)

Lebih spesifik materi lagu adalah hasil karya sendiri, peserta tidak diperkenankan menyadur atau plagiasi dari karya orang lain dan tidak boleh mengandung unsur SARA.

Cici juga menegaskan “Lirik lagu harus berbahasa Indonesia, jikapun memiliki kandungan bahasa lainnya, kami membatasi hanya 10 persen saja dengan maksimal durasi 3 menit,” katanya.

Tema lagu yang diperbolehkan adalah Cinta, Sosial Budaya dan Pariwisata, Kemanusiaan, Kebangsaan dan Perdamaian, serta Religi.

LCLD 5 yang berhadiah total seratus lima puluh juta rupiah ini melibatkan beberapa pedangdut senior dan tokoh musik dangdut sebagai dewan juri. Diantaranya Rhoma Irama, Ikke Nurjanah, Rita Sugiarto, Hendro Saky, H Ukat S, H Mansyur S, dan dari pihak akademisi.

Pendaftaran Lomba Cipta Lagu Dangdut GRATIS tidak dipungut biaya. Pendaftaran dimulai pada 13 Juni hingga 13 Juli 2022. Peserta dapat mendaftar, mengetahui lebih lengkap syarat dan ketentuan sekaligus bisa menyampaikan materi lagunya secara online, caranya sentuh gambar Logo LCLD 5 dibawah ini akan terbuka link pendaftaran :

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfOr9NY2jgYnQEYrzOMbX0ME0k3-QN8c2EYgioLQIq5d6QWpA/viewform

Buat para pencipta lagu dangdut di seluruh pelosok tanah air, silahkan daftar dan kirim karya terbaik. Mudah-mudahan pada bulan September 2022 anda terpilih menjadi pemenang LCLD tahun ini.(Redaksi)

Share :

Baca Juga

Nasional

Kapolri Siapkan Strategi Wujudkan Mudik yang Aman dan Sehat Bagi Masyarakat

Nasional

Polri Mutasi Ratusan Personel, Ada Kapolda Berganti Pimpinan

Nasional

Jamin Ketersediaan Stok di Pasar, Kapolri Harap Tak Ada Antrean Warga Terkait Minyak Goreng

Nasional

Forkopimda Tulungagung Dampingi Menteri UMKM RI Tinjau Pengrajin Fosil Kayu dan Cangkul Merah Putih

Nasional

Kabidhumas Polda Jateng: Tersangka Kasus Dangdutan Tegal Telah Mengaku Bersalah

Nasional

Kapolri Ungkap Capaian Kinerja Polri di Hari Bhayangkara ke-75

Nasional

Berkas Perkara Konser Dangdutan Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Dinyatakan Lengkap

Nasional

Disupport TNI dan Tim Terbaik Polri, Kapolda Sulteng Berkantor di Poso Buru Kelompok MIT