Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Pariwara

Rabu, 6 Juli 2022 - 23:14 WIB

Bertemakan Pelestarian Lingkungan Hidup

Probolinggo,Sekilasmedia.com
sekilasmedia.com
Pelaksanaan Giat Semester 1 dengan tema “Rover Mood Scout Innovation” tahun 2022 yang digelar Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo melalui Dewan Kerja Cabang (DKC), Brigade Penolong (BP) 1313 dan Pramuka Penegak/Pandega di wisata Pantai Bahak Kecamatan Tongas resmi berakhir pada Minggu

Pasca Giat Semester 1 ini, jajaran Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo melakukan sejumlah evaluasi baik dari sisi program maupun peserta. Termasuk pembersihan sampah jelang berakhirnya kegiatan tersebut.

Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Edy Junaedi mengungkapkan kegiatan yang sudah lama ditunggu berupa pertemuan rutin dalam bentuk Rover Mood Scout Innovation yang pertama berjalan dengan sukses dan lancar.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada gugus depan pangkalan atas partisipasinya sebagai peserta. Namun harapannya, marilah setidaknya apa yang telah kita contohkan oleh Pramuka tentang menjaga alam dengan peduli terhadap kebersihan dari sampah dan menjaga kelestarian bakau yang kita tanam demi menjaga habitat dan ekosistem yang ada bisa diwujudkan oleh pengunjung maupun pengelola,” ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Didik S. Wahjudi menyampaikan disamping dalam rangka pelestarian lingkungan hidup, giat semester 1 ini juga ada kegiatan inovasi berupa lomba-lomba, outbond hingga water rescue. “Untuk lomba-lombanya meliputi lomba peragaan busana ramah lingkungan, lomba videography dan lomba photography,” ujarnya.

Didik menjelaskan dari evaluasi yang dilakukan masalah kesehatan sangat prima. Selain itu, semua kegiatan yang sudah terencana dan terprogram dari awal bisa dilakukan dengan baik. Termasuk kegiatan bersih-bersih limbah pantai berupa sampah baik dari pengunjung maupun karena rob.

“Dari hasil bersih-bersih pantai ini telah terkumpul sampah sebanyak 1,5 kontainer yang langsung diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo. Sampah-sampah ini banyak didominasi sampah plastik dari pengunjung pantai dan baju-baju bekas sampah pantai akibat rob,” jelasnya.

Lebih lanjut Didik mengharapkan agar wisatawan ikut dan sadar terhadap kebersihan pantai dengan jalan membuang sampah atau apapun ke tempat-tempat yang sudah disediakan. Sekaligus peningkatan petugas dari Pokdarwis agar lebih professional lagi dalam pemeliharaan maupun perawatan.

“Dalam kegiatan ini pramuka juga melakukan penanaman pohon di sekitar pantai. Harapannya dari tanaman yang sudah dilakukan oleh adik-adik paling tidak 3 bulan sekali ada pemeliharaan sehingga bisa hidup secara maksimal sesuai dengan yang diharapkan,” harapnya.

Sementara Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan bahwa Giat Semester 1 ini merupakan suatu kebanggaan untuk melepaskan kerinduan yang hampir tidak berjumpa adik-adik pramuka. “Kita harus mengakui selama 10 tahun berturut-turut dua kali juara terbaik sebagai Pramuka tergiat se-Jawa Timur,” katanya.

Menurut Plt Bupati Probolinggo ini, untuk tahun 2022 ini pihaknya mencanangkan bagaimana pramuka bisa berpartisipasi dalam penyelamatan sumber mata air dan lingkungan karena itu bagian dari pengabdian prima untuk Kabupaten Probolinggo. “Tetap semangat sesuai motto Pramuka bersahabatlah dengan alam dan visi alam Kabupaten Probolinggo bisa terselamatkan,” tegasnya.

Dari hasil penilaian lomba, untuk lomba peragaan busana ramah lingkungan putra diraih oleh SMKN 1 Wonomerto dan putri diraih SMKN 1 Wonomerto. Lomba videography putra juara 1 diraih SMA Zaha Genggong dan putri diraih SMKN 1 Banyuanyar serta lomba photography putra juara 1 diraih SMAN 1 Leces dan putri diraih SMAN 1 Paiton.

Dalam kegiatan tersebut juga diputuskan bahwa kegiatan semester 2 akan dilaksanakan pada bulan Desember 2022 mendatang di wilayah tengah Kabupaten Probolinggo. Untuk lokasinya akan diadakan survey lebih lanjut disesuaikan dengan tema kegiatan pelestarian lingkungan hidup.
Pewarta suyitno

Share :

Baca Juga

Pariwara

Whitelab’s Undang Scientist Gantengnya, Buat EXO-L INA Terkejut!

Pariwara

Ketua Koperasi Multidaya Nusantara Tiga Kunjungi pabrik air PT PANCA TIRTA PRIGEN di Pandaan

Pariwara

Paripurna DPRD Kota Mojokerto Penyampaian Tanggapan Walikota Terhadap Pemandangan Umum Fraksi

Pariwara

Pemkab Kucurkan Anggaran 2,7 Milyar untuk 6 Program TMMD 2018

Pariwara

KEPALA DESA BESERTA PERANGKAT DESA RINGIN KEMBAR ADAKAN KLARIFIKASI TERKAIT PEMBAGIAN BERAS BERSUBSIDI (RASIDI)

Pariwara

Wah,Menu Baru Sajian Olahan Masakan Ayam Asia di Smart Hotel Pertama di Mojokerto

Pariwara

Kades Cantik, Angel Emitasari Luncurkan Single Terbaru Cover “Pecah Seribu”

Pariwara

Berbagi Kasih Bulan Ramadhan, Pemdes Sukorejo Gresik Santuni Anak Yatim Piatu