Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 22 Juli 2022 - 12:36 WIB

DPD LSM LIRA Probolinggo dan tokoh masyarakat Tengger Angkat Bicara Terkait Event Bromo Adventure Trail

 

Probolinggo,sekilasmedia.com-Acara elaran Bromo Adventure Trail and Mountain Bike yang akan dilaksanakan bulan Agustus 2022 mendatang, mendapat penolakan dari tokoh masyarakat, warga dan pegiat wisata Tengger, menjadi perbincangan hangat. Bahkan, penolakan itu tidak hanya disampaikan oleh tokoh masyarakat, warga dan pegiat bromo Tengger, melainkan juga didukung oleh pegiat antikorupsi DPD LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Probolinggo.Jum’at (22/07/2022)

Saat media ini konfirmasi ke salah satu tokoh masyarakat sekaligus aktivis lingkungan disekitar wilayah wilayah Gunung Bromo menyampaikan “saya sangat menyayangkan adanya event trail dan mountain bike tersebut,karena saya menilai masalah lingkungan intinya. Jadi,lingkungan itu tetap alami apalagi kalau ada lahan yg produktif yang siap mau ditanami,kalau terlaksana event itu kan ribuan orang yang akan menghadirinya yang jelas lahan tersebut menjadi tempat untuk para penonton atau pengunjung”.Tuturnya

Selain itu,namanya event yang pasti mendatangkan ribuan penonton atau pengunjung dll. Padahal pada acara KASADA aja pengunjung dari luar kota tidak diijinkan untuk masuk ke area wisata Bromo,lha kok ini mau diadakan event yang mendatang kan ribuan orang.memang betul perijinan semua itu dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS),tapi kalau sampai terlaksana acara tersebut terus gimana gitu.

Jadi saya memang sudah banyak mendengar wawancara kepala desa Ngadisari dan tokoh tokoh masyarakat.saya disini sebagai tokoh masyarakat dan juga aktivis lingkungan sangat menyayangkan kalau event ini benar benar dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 mendatang.Tuturnya.

Ditempat terpisah pegiat anti korupsi Bupati LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Probolinggo, Samsuddin S.H menyampaikan, “jika penolakan masyarakat Tengger sudah hal wajar. Terlebih mereka khawatir kegiatan tersebut bakal merusak ekosistem Laut Pasir di wilayah konservasi Taman Nasional Bromo”.

Selain bakal merusak ekosistem, menurut bang Sam, sapaan akrabnya, laut pasir Bromo merupakan salah satu kawasan sakral bagi masyarakat setempat. Terlebih, kata dia, di lokasi, terdapat Padmasari dan Pura Luhur Poten dan lokasi sakral lainnya.Tuturnya

“Wajar saja jika masyarakat Tengger menolak dengan adanya kegiatan tersebut, karena seperti yang diketahui bersama, masyarakat Tengger sangat menjunjung tinggi kepercayaan dan budaya mereka dan kita sangat mendukung dan menghormati itu,” kata bang Sam.

Penyelenggaraan Bromo Adventure Trail and Mountain Bike, menurut bang Sam, seharusnya sadar akan hal-hal yang berdampak buruk terhadap lingkungan. Terlebih, wisata Bromo merupakan kekayaan daerah dan bahkan juga termasuk salah satu wisata internasional.

“Yang seharusnya aset berharga ini kita jaga bersama-sama, jangan malah bikin rusak. Kami pun sebagai warga Kabupaten Probolinggo meski bukan warga atau suku Tengger juga menolak tegas adanya kegiatan itu dan mendukung apa yang jadi keputusan masyarakat Tengger,” ujar bang Sam.

Bang Sam juga berujar apabila kegiatan tersebut tetap berjalan dan merusak ekosistem, dirinya tidak segan untuk melakukan upaya hukum melaporkan pihak-pihak yang mengeluarkan izin terkait agenda Bromo adventure Trail and mountain bike.

Bang Sam juga berpesan kepada pihak penyelenggara supaya mengkaji terlebih dahulu faktor-faktor yang akan berdampak terhadap ekosistem sekitar sebelum memutuskan untuk digelar event tersebut. Terlebih, juga meminta pendapat dan kesepakatan masyarakat sekitar.

“Masyarakat Tengger sudah berusaha maksimal untuk menjaga lingkungan dan kearifan lokal di sana agar tetap asri dan sebagainya, tapi malah akan digelar event yang dampaknya lebih banyak ke negatifnya bagi lingkungan. Saya kira, tidak hanya saya dan warga Tengger yang menolak, semua masyarakat Kabupaten Probolinggo juga akan sependapat kalau seperti ini,” geram bang Sam.Pungkasnya.
Pewarta .fahrulmozza

Share :

Baca Juga

Daerah

Polda Jatim Tetapkan Tiga Orang Sebagai Tersangka Penembakan di Sampang

Daerah

Pemkab Gresik Bersama Kadin Selenggarakan Pelatihan Pelatih Kerja Internasional Versi Dasar
Pemuda Di Harapkan Suport Dan Bersinergi Dalam Membangun Kabupaten Lumajang

Daerah

Pemuda Di Harapkan Suport Dan Bersinergi Dalam Membangun Kabupaten Lumajang

Daerah

Dr KH Abdul Rokhim SH MH Diundang Ceramah Di Depan Gubernur Pada Wisuda Akbar PPM Al Azhar

Daerah

Wujudkan Situasi Kondusif Selama Bulan Suci Ramadhan, Sat Binmas Polres Lamongan Berikan Himbauan Kamtibmas.

Daerah

Pastikan Arus Balik Mudik Lancar, Polri Bersama TNI Patroli Jalur By Pass Mojokerto

Daerah

Kapolresta Bersama Wali Kota Mojokerto Sidak Bahan Pangan dan Pasar Hewan Menjelang Idul Adha

Daerah

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Denhubrem 082 Mojokerto Ajarkan Disiplin Sebagai Nafas Kehidupan