Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Pariwara

Minggu, 24 Juli 2022 - 12:45 WIB

Dua Anggota DPRD Gresik, Hj. Hudaifah dan Abdulah Munir Adakan Sosialisasi Perda

Gresik, Sekilasmedia.com – Hari ini, dua anggota DPRD Kabupaten Gresik yaitu Hj. Hudaifah dan Abdullah Munir mengadakan sosialisasi peraturan perundang-undangan tahap IV tahun 2022 peraturan daerah (Perda), bertempat di kediaman Hj. Hudaifah Desa Manyarejo Kecamatan Manyar pada Minggu (24/7/2022).

Salah satu fungsi DPRD, menurut Anggota Komisi I DPRD Gresik Hj. Hudaifah adalah legislasi. Maksudnya fungsi untuk membuat peraturan daerah bersama kepala daerah. Selanjutnya setelah disahkan kepala daerah dan sebelum diberlakukan, maka perlu adanya sosialisasi ke masyarakat. Meskipun demikian operasional produk perda tersebut tetap mendapat pengawasan dari dewan, ” terangnya.

Yang menjadi isu penting saat ini menurut Hj. Hudaifah adalah peran pemerintah daerah untuk hadir memberikan kepastian hukum terhadap pengejawantahan hak dan kewajiban bagi masyarakat sesuai aturan yang berlaku berupa pengaturan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan terhadap masyarakat merupakan upaya untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang tertib, aman, teratur dan tentram.

” Jadi ada koridor atau batasan yang jelas, aktivitas mana bisa digolongkan mengganggu ketentraman dan ketertiban masyarakat dan perlu adanya hukuman atas pelanggaran terhadap aturan tersebut agar jera dan tidak mengulangi lagi, ” tuturnya

Misal, dumptruk yang mengangkut pasir atau tanah uruk wajib memasang terpal sebagai penutup bak, agar pasir atau tanah uruk tidak terbang atau jatuh menimpa pengguna jalan lain dan mengotori jalan, sehingga berakibat laka lantas. Apabila tidak dipasang maka perlu punishment kepada sopir dumptruk tersebut oleh instansi terkait.

Disamping itu, demi mewujudkan kemandirian desa lanjut Hj. Hudaifah maka pemerintah desa harus bisa menggalih dan mengelola potensi-potensi yang ada di desa melalui pemberdayaan masyarakat desa setempat.

Perlu adanya kolaborasi dan sinergi antara pemerintah desa, BPD dan elemen masyarakat lainnya untuk mendukung program pembangunan desa mewujudkan desa mandiri. Begitu juga pentingnya kolaborasi dengan pemerintah daerah dan stakeholder terkait, tandasnya.

Legislator asal Manyarrejo ini juga meminta kepada masyarakat kalau ada masalah yang dihadapi bisa menyampaikan aspirasinya kepada kami anggota dewan agar bisa dikoordinasikan dengan instansi terkait sehingga ada jalan keluarnya.

Anggota Komisi IV DPRD Gresik Abdullah Munir pada kesempatan ini, juga menyampaikan bahwa peraturan daerah Kabupaten Gresik yang disosialisasikan kali ini, diantaranya perda No.2 Tahun 2022 tentang penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, perda No. 4 Tahun 2021 tentang pemberdayaan masyarakat menuju desa mandiri dan perda No. 7 Tahun 2021 tentang desa wisata.

Abdullah Munir juga menyoroti terkait upaya pemerintah daerah dalam mendukung pemerintah desa untuk mengelola potensi yang ada di desa, salah satunya melalui wisata desa, dengan disahkannya perda No. 7 tahun 2021 tentang wisata desa.

” Upaya ini kedepan akan bersifat multiplayer effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan membuka kesempatan bekerja dan tumbuhnya pusat-pusat ekonomi baru di desa, lalu banyak berkembangnya UMKM. Jadi rakyat diberdayakan untuk maju dan sejahtera melalui wisata desa,” ungkapnya. (rud)

Share :

Baca Juga

Pariwara

3 Pasar Tradisional di Tinjau Bupati

Pariwara

Lestarikan Budaya Jawa Wayangkulit, Desa Suruh,Sukodono Gelar Ruwah Desa

Pariwara

Gus Thon / KH.Mas Sulthon Sebut Perbedaan Awal Ramadhan adalah Rahmat bagi Ummat

Pariwara

Ormas SEMAR Gelar Diklat Leadership

Pariwara

Literasi Digital Kota Malang

Pariwara

Pemerintah Desa Glagaharum, Porong, Sidoarjo Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1443 H

Pariwara

Pengembangan Pelatihan Konveksi di Desa Sumberjo

Pariwara

Ketua FKI-I Asahan Hadiri Silahturahmi dan Kopdar KRSTP Sumut