Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 5 Agustus 2022 - 07:14 WIB

2 Desa Di Jombang Menerima Bantuan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Program KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) TAHUN 2022

 

Jombang,sekilasmedia.com – Pada tahun 2022 ini, kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Jawa Timur meluncurkan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) infrastruktur

berbasis masyarakat (IBM) yang pendanaannya bersumber dari APBN. Program KOTAKU IBM ini bertujuan untuk mengurangi luasan kumuh di Kabupaten Jombang sehingga menyasar pada lokasi kumuh sesuai dengan SK lokasi kumuh Kabupaten Jombang tahun 2020.

Pelaksanaan program KOTAKU IBM ini adalah secara swakelola dan dilaksanakan oleh Lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) desa penerima dengan nominal bantuan sebesar Rp. 750.000.000,00 dengan ketentuan penggunaan dana sebagaimana dalam petunjuk pelaksanaan maupun petunjuk teknis pelaksanaan yang telah disusun oleh Kementerian PUPR.

Hal ini sesuai dengan Surat KepMen PUPR nomor 347/KPTS/M/2022 tanggal
7 April 2022 tentang Penetapan Lokasi dan Besaran Bantuan Kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat Tahun Anggaran 2022.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Jombang Heru Widjajanto mengatakan, ada dua desa yang menjadi sasaran realisasi program KOTAKU tahun ini.

“Dari 37 desa yang ditetapkan sebagai lokasi kumuh Kabupaten Jombang, sebanyak 2 desa yaitu Desa Mojoduwur Kecamatan Mojowarno dan Desa Peterongan Kecamatan Peterongan yang mendapatkan bantuan kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat melalui program KOTAKU IBM,” kata Heru Widjajanto.

Terpilihnya kembali Kabupaten Jombang sebagai lokasi sasaran program KOTAKU, menurut Heru, disasarkan sejumlah indikator. Di antaranya lokasi yang diusulkan masuk dalam surat keputusan bupati tentang Penetapan Lokasi Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh.

Kemudian lokasi sasaran masuk dalam kebijakan pemerintah untuk mendukung percepatan pengurangan luasan perumahan kumuh dan permukiman kumuh serta pengurangan tingkat kekumuhan.

“Kabupaten Jombang termasuk daerah yang diutamakan, karena memiliki rencana terkait pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan permukiman kumuh, bantuan pemerintah dalam program KOTAKU diberikan kepada masyarakat melalui kelompok masyarakat dalam bentuk uang. Dana bantuan tersebut akan disalurkan dengan mekanisme transfer kepada rekening kelompok masyarakat yang ditunjuk, ” ujarnya.

“Sebagai persiapan sebelum program KOTAKU dimulai, biasanya ada beberapa pelatihan teknis yang diikuti para tukang dan kuli bangunan agar bekerja sesuai kaidah yang ada,” imbuhnya.

Pada Hari Senin tanggal 4 Juli 2022 telah dilaksanakan Pertemuan Warga I sebagai tahap awal pelaksanaan program KOTAKU IBM pada Desa Mojoduwur dan Desa Peterongan.

Agenda dalam pertemuan warga I tersebut antara lain :
1. Perkenalan program KOTAKU IBM
2. Penggalian isu/permasalahan kawasan kumuh
3. Penggalian rencana penanganan kumuh
4. Pembentukan kelompok pemanfaat dan pemelihara (KPP)
5. Pengesahan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) atau Lembaga
kemasyarakatan desa lainnya yang telah ada dan memenuhi syarat sebagai pelaksana/penyelenggara swakelola kegiatan KOTAKU IBM oleh lurah/kepala desa.

Awak media sekilasmedia.com mendatangi salah satu desa yang menjadi sasaran program ini guna menggali sejauh mana proses sosialisasi dan plan pelaksanaannya.
Kepala Desa Mojoduwur Imam Bai Haki saat ditemui awak media Sekilasmedia.com (4/8/2022) di kantor desa Mojoduwur Kecamatan Mojowarno membenarkan adanya bantuan IBM Program KOTAKU tahun 2022.

“Kami telah melaksanakan Pertemuan Warga (PW 1 dan PW 2) untuk rencana pelaksanaan program ini, di Desa Mojoduwur akan difokuskan ke Drainase, ada beberapa titik yang perlu kita prioritaskan,” kata Bai Haki

“PW 1 dan PW 2 telah dilaksankan, pembentukan KPP (Kelompok Pemanfaat dan Pemeliharaan), panitia dan pengesahan LPM pun telah kita sepakati bersama,” imbuhnya.

“Saya tekankan kepada seluruh jajaran yang terlibat dalam pelaksanaan bantuan IBM Program KOTAKU ini harus mengedepankan transparansi dan dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan yang diberikan dan disusun oleh kementerian PUPR dan jangan sampai hal ini nantinya akan menjadi bumerang untuk desa Mojoduwur karena program ini nantinya akan dijadikan percontohan bagi desa-desa lainnya,” pungkasnya. *(kay)

Share :

Baca Juga

Daerah

Rahmat Santoso dan Tomi Ghandi Gelar Nobar Sepak Bola Indonesia Vs Argentina 
Calon Gubernur Kalteng Hadiri Rapat Kerja Wilayah Partai Amanat Nasional

Daerah

Calon Gubernur Kalteng Hadiri Rapat Kerja Wilayah Partai Amanat Nasional
Komisi IV DPR RI Kunjungan Kerja ke Desa Tropodo

Daerah

Guna Mencari Solusi Terkait Sampah, Komisi IV DPR RI Kunjungan Kerja ke Desa Tropodo

Daerah

Bupati Asahan Pimpin Rapat Bersama Forkopimda Bahas menjelang Pemilu 2024

Daerah

Jelang Pilkada, Polresta Sidoarjo Gelar Sahabat Curhat di Balongbendo

Daerah

Samsat Bangil Di Penuhi Wajib Pajak

Daerah

DPD Partai Golkar Kota Blitar Daftarkan Bacaleg di KPU

Daerah

Bupati Sidoarjo Serahkan SK Kenaikan Pangkat Kepada 1.301 PNS Periode 1 April 2019