Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Daerah

Rabu, 10 Agustus 2022 - 21:16 WIB

Pedagang Hewan Ternak Karangploso Berharap Segera Dibangun Pasar Hewan Mumpuni

 

Ketua Paguyuban Peternakan dan Pedagang Kambing Kabupaten Malang, Mujahidin

Malang,sekilasmedia.com – Pembangunan Pasar Hewan Karangploso Kabupaten Malang saat ini sangat dibutuhkan oleh para pedagang. Mempertimbangkan letak pasar tersebut yang hanya diatas lahan 20 kali 30 meter, serta posisi pasar tersebut ditengah Pasar tradisional dan pasar sayur Kecamatan Karangploso yang kerab para pedagang saling benturan.

Tentunya para pedagang ternak di Pasar Karangploso, mendesak Pemkab setempat segera membangun pasar hewan, guna menggerakkan roda perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Paguyuban Peternakan dan Pedagang Kambing Kabupaten Malang, Mujahidin, bahwa pasar hewan Karangploso dahulunya adalah sentra pasar kambing dan tentunya menjadi penyangga penghasil daging kambing untuk memasok diwilayah Kabupaten Malang dan bukan di daerah lain seperti halnya Pasar Hewan di Singosari, karena disana sentra pasar sapi.

“Ratusan para pedagang yang datang di pasar hewan Karangploso, tidak hanya datang dari Malang Raya saja, namun dari daerah luar Malang seperti Pasuruan, Gresik, Jombang hingga Mojokerto datang ke Pasar Hewan Karangploso. Mereka datang kemari untuk membeli kambing, guna memenuhi kebutuhan daging didaerahnya” terang Ambon sapaan akrab Mujahidin.

Ambon berharap kepada Bupati Malang bersama dinas terkait guna mengkaji ulang pembangunan Pasar Hewan Karangploso yang tidak mumpuni, karena kebanyakan para pedagang dari luar daerah untuk ikut andil di pasar tersebut, hingga membuat kemacetan lalu lintas yang luar biasa menuju ke Kota Batu.

“Kami berharap supaya dibuatkan pasar hewan yang mumpuni daya tampungnya, lebih bersih dan rapi, sehingga dapat melayani pembeli mulai pagi sampai sore. Nantinya menjadi sentra diwilayah Karangploso, baik kambing maupun sapi. Dengan demikian mampu menggerakkan roda perekonomian, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Karangploso khususnya warga masyarakat Kabupaten Malang,” katanya.

Disinggung masih diberlakukannya Penutupan pasar hewan sementara oleh Pemerintah Kabupaten Malang, akibat wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Ketua Paguyuban Peternakan dan Pedagang Kambing Kabupaten Malang, meminta Bupati Malang untuk segera membuka kembali pasar tersebut, untuk beraktivitas seperti semula, karena sudah lama mereka tidak berdagang.

“Karena sebagian diwilayah Kabupaten Malang dan juga sebagian diluar wilayah Kabupaten Malang sudah dibuka operasi pasar hewannya, kami mohon kepada Bapak Bupati Malang, Sanusi supaya pasar hewan Karangploso segera dibuka kembali, karena kasian para pedagang yang tidak bisa mencari nafkah buat keluarganya” tuasnya.

Hal senada juga disampaikan salah satu pedagang pasar hewan Karangploso, Hudi bahwa dirinya hanya bisa pasrah bersama pedagang lain dan memutuskan untuk berjualan di area makam Desa Donowari Kecamatan Karangploso.

“Sebenarnya tidak layak mas dan mau bagaimana lagi, masak tempat orang meninggal kok dipakai tempat berjualan kambing, saya berharap Pemerintah Kabupaten Malang dapat memberikan solusi terbaik buat nasib para pedagang ternak di Kecamatan Karangploso” kata Hudi. (BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

*Simak Capaian Sasaran Non Fisik TMMD Ke-102 Mojokerto Di Hari Ke-15*

Daerah

Pemkab Tak Respon, Petani Taro Relakan Sawahnya Dipakai Jalan

Daerah

Warga Busungbiu Geger, Temukan Mayat Tergeletak di Pinggir Jalan

Daerah

Plt. BUPATI LUMAJANG MENERIMA KUNJUNGAN BAKORWIL JEMBER. DAN PERWAKILAN INVESTOR PERUSAHAAN STREN RESOURCES DIRUANG LOBI.

Daerah

DPRD Kota Mojoketo Hadiri Rapat Penyamaan Presepsi Terkait Pembelian BBM Bersubsidi Bagi Petani

Daerah

Kapolres Pasuruan Pimpin Upacara Di SMAN 1 Pandaan Dalam Rangka Operasi Bina Kusuma 2023

Daerah

Nahas, Seorang Kakek Tenggelam Saat Mengambil Kelapa Jatuh Disungai

Daerah

Pengendara Disiplin Prokes dan Tertib Lalin Jelang Nataru