Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Senin, 15 Agustus 2022 - 16:44 WIB

Kaum Giri Bagikan Santunan Pada 170 Anak Yatim Piatu

 


Gresik, Sekilasmedia.com – Selain memperingati Tahun Baru Islam pada tahun ini, Perkumpulan Keluarga Besar Keturunan Kanjeng Sunan Giri dan Ahli Waris Juru Kunci Makam Sunan Giri (Kaum Giri) membagikan santunan kepada anak yatim piatu yang tersebar di 7 desa sekitar Makam Sunan Giri pada Senin (15/8/2022), bertempat di Komples Makam Sunan Giri Desa Giri Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik.

Diketahui, kegiatan santunan anak yatim piatu baru pertama kali dilaksanakan tahun ini oleh Kaum Giri, dimana bantuan yang terkumpul ini berasal dari kotak amal jariyah pengunjung makam Sunan Giri, yang dikhususkan untuk anak yatim piatu.

Ketua Kaum Giri sekaligus Ketua Panitia Santunan Anak Yatim Piatu H. Ainul Ghoerry mengatakan kepada awak media bahwa persiapan kegiatan santunan anak yatim piatu kali ini sangat pendek dan ini baru pertama kali dilaksanakan.

” Ini sebagai wujud kepedulian Kaum Giri kepada anak yatim piatu di 7 desa sekitar Makam Sunan Giri. Dana bantuan tersebut berasal dari kotak amal untuk anak yatum piatu yang ada di sini. Jadi ini murni dari amal jariyah pengunjung yang berziarah ke Makam Sunan Giri selama 4 bulan, dan dibagikan kepada 170 anak yatim piatu,” tuturnya.

Disebutkan, 7 Desa tersebut meliputi Desa Giri, Desa Sidomukti, Desa Klangonan, Desa Gulomantung, Desa Sekarkurung, Desa Ngargosari dan Desa Kawisanyar. Selain itu ditambah juga dengan beberapa kufat dari Duduksampean yang menerima santunan tersebut. Mereka biasa mengikuti semaan di Makam Sunan Giri.

Lebih lanjut A. Goerry berharap tahun depan semakin luas dan semakin banyak anak yatim piatu yang dibantu.

Sementara itu, Camat Kebomas Yusuf Ansyori sangat mengapresiasi kegiatan santunan anak yatim piatu yang dilaksanakan oleh Kaum Giri.

” Kami pihak Kecamatan Kebomas mewakili pemerintah daerah sangat bangga dan mendukung kegiatan ini yang diinisiasi oleh Perkumpulan Keluarga Besar Keturunan Kanjeng Sunan Giri dan Ahli Waris Juru Kunci Makam Sunan Giri (Kaum Giri) di tahun baru Islam, dengan berbagi pada anak-anak yatim piatu,” katanya.

Pada kesempatan itu, Camat Kebomas juga mengingatkan masyarakat di wilayah Kecamatan Kebomas khususnya yang hadir pada acara ini, untuk memutus penyebaran covid 19 di masa pandemi, agar mematuhi protokol kesehatan.

” Supaya masyarakat kembali mematuhi protokol kesehatan, menjaga kebersihan dan kesehatan. Diketahui, sesuai informasi Dinas Kesehatan, saat ini terdapat 20 orang di wilayah Kecamatan Kebomas yang terpapar covid 19,” tandas Yusuf Ansyori. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

MUI Mojokerto Menilai Kepemimpinan Irjen Pol Nico Sangat Baik

Daerah

Berikan Support Pada Relawan, TNI-Polri Saat Lebaran, DPRD Jatim H. Suwandy Lakukan Sidak di Pos Kenanten

Daerah

Gelar Piramida, Kapolres Probolinggo Beri Apresiasi Peran Media Jaga Kondusifitas

Daerah

Kodim 0815 Mojokerto Dukung Penuh Operasi Patuh Semeru 2018

Daerah

PWI Pusat Gelar Safari Jurnalistik 2023 Guna Tingkatkan Kompetensi dan SDM Wartawan Di Era Artificial Intelligence

Daerah

LEMBAGA SEKOLAH HENDAKNYA IKUTI RITME PEMKAB LUMAJANG

Daerah

Senam Agak Siang Tetap Semangat dan Kompak Di Kawasan Anjal Terminal

Daerah

BUPATI LIRA SAMSUDIN SH PARTISIPASI HPN 20I9