Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 24 Agustus 2022 - 08:38 WIB

Bupati Yuhronur Menerima Aspirasi Para Petani Tambak Terkait Pupuk

 

Lamongan, Sekilasmedia.com – Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, menemui para petani tambak yang menyampaikan aspirasinya di halaman Pemda Lamongan pada Rabu (24/8/2022). Para petani tambak tersebut minta regulasi pupuk subsidi.

Dalam audiensinya, Bupati Lamongan menjelaskan berbagai upaya telah dilakukan guna menyelesaikan persoalan pupuk ini, mulai dari mengirimkan surat ke Kementerian Pertanian dan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), berkomunikasi langsung dengan Dirjen KKP, realokasi pupuk dari daerah yang kelebihan pupuk ke yang kekurangan, hingga meminta tambahan alokasi pupuk Di Pemprov Jawa Timur.

“Terakhir kemarin kami juga telah menyampaikan aspirasi ini ke Menteri Pertanian tentang keluhan Petani dalam rangka sebagai akibat dari keputusan Nomor 10 Tahun 2022. Selain itu, kita juga terus berusaha mengkomunikasikan itu baik melalui surat, melalui telepon, maupun saya mendatangi langsung ke Jakarta, ke pihak-pihak yang berwenang dalam hal ini,” ungkap orang nomor satu di Lamongan.

Sebelum turun langsung di hadapan demonstran, Bupati Yes didampingi Sekertaris Daerah Kabupaten Lamongan Moch. Nalikan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukriyah, Kepala Dinas Perikanan Lamongan Yuli Wahyuono telah melakukan pertemuan tatap muka dengan perwakilan petani tambak di ruang Ronggo Hadi Gedung Pemda lt. 2.

Dalam penjelasannya, Bupati Lamongan siap mengawal dan terus berupaya melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, untuk menyampaikan aspirasi terkait pupuk bagi petani tambak.

Karena masih belum ada kekuatan payung hukum, sehingga, kata Bupati Yes, masih perlu menunggu keputusan dari rapat kerja DPR RI komisi 4.

“Alhamdulillah, besok kita juga di undang untuk membahas ini, sehingga nanti permodalan terkait payung hukum ini segera ada, sehingga alokasi pupuk untuk para petambak bisa dilaksanakan sebagaimana tahun-tahun yang lalu,” kata Bupati yang akrab di panggil Pak Yes.

Terkait siapa yang nantinya mempunyai kewenangan baik itu Kementerian Pertanian atau Mentri KKP, menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah pusat.

“Yang penting bagi kita adalah bagaimana kebutuhan pupuk bagi petambak itu bisa segera direalisasikan, karena di Lamongan untuk RDKK petambak ini terdapat 24.000 ha, 36.996 ton, dan mudah-mudahan ini segera terealisasi,” pungkas Bupati Lamongan.(rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Forkopimda Jatim Dampingi Ketua DPR-RI Mengecek Vaksinasi di Surabaya

Daerah

Tanggapan Tokoh Serta Masyarakat di Setahun Kinerja Walikota Dan Wawali Probolinggo

Daerah

Kapolres Gresik Bersama Forkopimda Lepas Pemberangkatan Mudik Bareng Gratis

Daerah

Polres Lamongan Intensifkan Patroli Blue Light Guna Ciptakan Kondusifitas Wilayah Kabupaten Lamongan

Daerah

Pemkab Gelar Rakor dan Sinkronisasi Tata Laksana Kelembagaan Organisasi Koperasi

Daerah

4 Program Prioritas, Ditekankan Bupati Ikfina Dalam Musrenbang RKPD Tahun 2024

Daerah

Bupati Asahan Terima Kunjungan PT PLN (Persero) UP3 Pematang Siantar

Daerah

Idul Fitri 1444 H, Wali Kota Mojokerto Gelar Open House di Rumah Rakyat