Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan .

Home / Daerah

Sabtu, 10 September 2022 - 12:16 WIB

Terkait Proyek Plengsengan Dusun Pulorejo, Kades Sukoanyar Terkesan Menghindar

 

Gresik, Sekilasmedia.com – Pembangunan desa sekarang ini kian masif, dengan pembiayaan atau penganggaran yang berasal, baik dari anggaran pemerintah pusat (salah satunya Dana Desa), serta anggaran dari pemerintah propinsi dan Kabupaten /kota seperti Bantuan Khusus Keuangan (BK) atau lainnya.

 

Hal ini sebagai upaya pemerintah pusat dan daerah dalam memeratakan pembangunan di desa-desa di seluruh Indonesia, khususnya terkait infrastruktur. Begitu juga dengan Kabupaten Gresik melalui bantuan keuangan khusus atau BK anggaran dari APBD.

 

Pelaksanaan pembangunan proyek infrastruktur di desa dari anggaran daerah agar sesuai aturan dan perencanaan awal maupun RAB, perlu adanya pengawasan oleh semua elemen masyarakat dan instansi terkait.

 

Seperti halnya proyek pembangunan di Desa Sukoanyar Kecamatan Cerme tepatnya di Dusun Pulorejo yang telah rampung, juga tak luput dari pantauan salah satunya awak media.

 

Sesuai pantuan di lapangan terdapat 3 titik proyek pembangunan yang 2 diantaranya ada papan proyeknya. Keberadaan proyek tersebut sempat juga menjadi sorotan warga dusun setempat.

 

Adapun yang terpasang papan proyek yakni pavingisasi jalan lingkungan dan pembangunan plengsengan jalan lingkungan, meskipun ada satu proyek penbangunan plengsengan saluran air yang tidak ada papan proyeknya dan tampak semua sudah rampung dikerjakan.

 

Sampai ada Warga Dusun Pulo Desa Sukoanyar juga menyampaikan terkait proyek pembangunan plengsengan di wilayahnya menjadi sorotan warga setempat bahkan tidak mau disebutkan namanya kepada Sekilasmedia.com.

 

” Proyek bangungan plengsengan di dusun Pulorejo diduga kualitasnya kurang baik dan pokoknya lihat saja, mas,” ungkapnya.

 

Untuk menindaklanjuti hasil temuan tersebut, Awak media kemudian melakukan konfirmasi ke Kepala Desa Sukoanyar.

 

Dan sempat bertemu Kepala Desa Sukoanyar Rupian di tengah jalan. Oleh Kades sambil mengendarai Sepeda motor, di suruh menunggu di Balai desa setempat. Namun berselang 1 setengah jam di tunggu tidak muncul di Kantor Desa Sukoanyar. Bahkan sempat dihubungi lewat chat lewat WA tidak ada balasan.

 

Terkesan Kades Sukoanyar menghindar dari awak media soal proyek plengsengan jalan lingkungan dan plengsengan saluran air di sawah Dusun Pulurejo yang jadi sorotan warganya.

 

Sementara itu, Kasun Pulorejo Desa Sukoanyar Mishadi yang berhasil ditemui Sekilasmedia.com pada Senin (5/9/2022), mengatakan terkait proyek pembangunan di Desa dirinya tidak tahu menahu, itu urusan Kepala Desa.

 

” Siapa yang ditunjuk dan menjadi TPK proyek pembangunan oleh Kepala Desa di Dusun Pulorejo tidak tahu, mas,” terangnya. Nampak terkesan Tim pelaksana Kerja (TPK) Desa dirangkap oleh Kepala Desa sendiri.

 

Mishadi juga menyebutkan bahwa jumlah personil perangkat Desa Sukoanyar yang aktif hanya 5 orang saja. Selama ini dirinya sampai serabutan untuk membantu Kades dalam hal pelayanan maupun pemerintahan meski bukan jabatannya.

 

Pada kesempatan terpisah, Camat Cerme Umar Hasyim dikantornya, saat ditemui Sekilasmedia.com mengatakan bahwa hari ini ada kegiatan monitoring dan evaluasi pada proyek pembangunan di 25 desa yang tersebar di wilayah Kecamatan Cerme yang berasal dari anggaran APBD Gresik.

 

Sementara itu, terkait proyek plengsengan jalan lingkungan dan plengsengan saluran air di Dusun Pulorejo Desa Sukoanyar, Umar Kasyim menyatakan hasil kegiatan monev di Tim monev proyek pembangunan di Desa Sukoanyar yang dilakukan oleh Dinas Cipta Karya, Permukiman dan Kawasan Perumahan (CKPKP) didampingi Tim perencanaan Ekbang Kecamatan Cerme, sudah sesuai RAB dan kondisinya baik.

 

” Untuk proyek plengsengan di Dusun Pulorejo Desa Sukoanyar sudah sesuai perencanaannya dan itu baru termin pertama. Untuk finishing biasanya dilakukan setelah anggaran termin kedua turun,” pungkasnya setelah melihat vidio plengsengan dari HP awak media.

 

Saat ditanyakan proyek plengsengan saluran air di sawah yang kelihatan baru dikeruk dan rampung dikerjakan tanpa ada papan proyek, Camat Cerme tampak terkejut dan akan menanyakan ke Kades Sukoanyar. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Dispendik Sosialisasikan Akreditasi Lembaga PAUD

Daerah

Tingkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat, Forkopimda Sidoarjo Tabur 5.000 Benih Ikan Bandeng

Daerah

Wali Kota Resmikan Tabung Liquid Oksigen di RSUD dr Mohamad Saleh BERITA TERBARU 03 September 2021

Daerah

KAPOLRES MOJOKERTO BERIKAN SURPRISE UNTUK ANGGOTA YANG LAHIR DI BULAN JANUARI

Daerah

Nur Saidah Dilantik Sebagai Wakil Ketua DPRD Periode 2019-2024

Daerah

Wabup Gresik Salurkan Ratusan Bantuan Pangan Di Kelurahan Kroman

Daerah

Giat Oprasi Patuh tindak tegas truk masuk kota  Baik Siang Maupun Malam 

Daerah

Jaga Netralitas, Dandim Mojokerto Silaturahmi Dengan Bawaslu Kabupaten dan Kota Mojokerto