Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Minggu, 6 November 2022 - 18:06 WIB

Anggota DPRD Fraksi Sujono dan Siti Fatimah Adakan Sosialisasi Perda

Gresik, Sekilasmedia.com – Anggota DPRD Kabupaten Gresik, faksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H. Sujono dan Hj. Siti Fatimah, pada Minggu (6/11/2022) mengadakan sosialisasi peraturan perundang-undangan DPRD Kabupaten Gresik, tahap 6 tahun 2022.

Kegiatan yang berlangsung di MWC NU Driyorejo tepatnya Dusun Karanglo Desa Driyorejo Kecamatan Driyorejo Gresik, dihadiri Ufiq Zuroida anggota DPRD Propinsi Jatim asal Fraksi PKB (dapil Gresik-Lamongan).

H. Sujono menuturkan bahwa kegiatan sosialisasi peraturan daerah (perda) ini merupakan pelaksanaan dari salah satu dari 3 fungsi DPRD yakni fungsi legislasi.

” Peraturan perundang-undangan yang disosialisasikan ada 3 perda yakni Perda No.6 Tahun 2019 tentang sistem penyelenggaraan perlindungan anak, Perda No. 16 Tahun 2020 tentang toleransi kehidupan bermasyarakat dan Perda No. 3 Tahun 2021 tentang pengurangan sampah plastik,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Sujono menyebutkan bahwa Kabupaten Gresik sebagai kota Santri yang di diami oleh masyarakat dari berbagai etnis, suku dan agama yang berbeda. Namun kehidupan sosial masyarakat tetap damai dan aman.

Hal ini, sambung legislator kawakan asal Driyorejo karena toleransi kehidupan masyarakat begitu tinggi. Dan agar tetap terjaga, maka DPRD bersama pemerintah daerah kemudian membuat Perda nomor 16 Tahun 2020.

” Perda ini mengatur soal toleransi kehidupan bermasyarakat. Dengan begitu kamtibmas tetap kondusif sehingga akan berdampak pada jalannya pembangunan yang lancar,” tukasnya.

Sementara itu, H. Siti Fatimah mengangkat terkait sistem penyelenggaraan perlindungan anak. Dimana anak secara umum memiliki hak yang sama dengan orang dewasa dalam kehidupannya, sebagai individu-individu ciptaan Allah SWT yang kelak dapat menentukan nasibnya sesuai HAM.

” Perlakuan terhadap anak-anak juga diatur dengan undang-undang, apalagi mereka kelak yang melanjutkan tali estafet memimpin dan membangun negeri ini. Yang tua sudah pensiun dilanjutkan oleh mereka sebagai generasi emas,” ucapnya.

Disamping itu Siti Fatimah juga mensosialisasikan Perda No. 3 Tahun 2021 tentang pengurangan sampah plastik. Dimana perda ini dibuat sebagai wujud kepedulian akan kelestarian lingkungan hidup.

” Sampah plastik yang puluhan bahkan ratusan tahun baru bisa diurai oleh alam. Sehingga hal ini menggugah kesadaran kita sebagai warga Gresik untuk bangkit peduli penanganan sampah plastik bagi lingkungan dan kita sendiri,” terangnya.

Pemkab Gresik melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mendorong pengurangan sampah yang terbuat dari bahan plastik. Usaha yang dilakukan baik melalui sosialisasi langsung ke warga atau lewat media sosial serta pemenuhan infrastruktur kelengkapan penganan sampah khususnya sampah plastik, paparnya.

Dalam perda tersebut juga ada punishment bagi yang melanggar Perda tersebut. Ada tindakan baik persuasif sampai menjatuhkan denda bagi pelanggarnya. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Berita Duka: Ayah Via Vallen, Muhammad Arifin Tutup Usia

Daerah

Bupati Asahan hadiri Peringatan Puncak Harganas ke-29 Tahun 2022

Daerah

Polres Gresik Peringati Nuzulul Quran 1445 H di Masjid Al Aziz Bersama Ustadz Zainul Arifin

Daerah

Kembangkan Kota Berbasis Wisata Sejarah dan Budaya, Walikota Menggandeng Bank Indonesia

Daerah

Siswahyu Kurniawan: Wabup Belitung Isyak Meirobie, Alexander & Andrew Wilkes dkk, ‘Sejarah’ Belitong FC Juara

Daerah

EVENT CYCLING 50K JADI EVENT ANDALAN LUMAJANG TAHUN 2018

Daerah

KEJATI SEBUT, TIDAK ADA INTERVENSI KASUS HIBAH AL MA’RUF

Daerah

Babinsa Koramil 0814/02 Diwek Pengamanan Pameran Pasar UMKM, Bertujuan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat