Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Senin, 28 November 2022 - 08:25 WIB

Pemkab Lamongan Fasilitasi Pelaku Usaha Ultramikro (UMKM) Untuk Urus NIB

Lamongan, Sekilasmedia.com – Pemerintah Kabupaten Lamongan terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Lamongan, salah satunya dengan memfasilitasi para pelaku usaha ultramikro atau UMKM untuk memiliki nomor induk berusaha (NIB).

 

Mengingat, setiap pelaku usaha wajib memiliki NIB yang menjadi identitas serta bukti registrasi bagi pelaku usaha maupun menjadi bukti pendaftaran pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.

 

Sabtu (26/11), di Aula Gajah Mada Lt 7 Pemda Lamongan, Pemkab Lamongan melalui Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan berkolaborasi dengan Permodalan Nasional Madani (PNM) Lamongan memberikan 250 NIB kepada pelaku usaha mikro kecil dan UMKM.

 

“Pentingnya berusaha menggunakan NIB, maksudnya kalau sudah punya ini akan mendapatkan kejelasana identitas dan identifikasinya, karena semua perlu ada,” kata Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.

 

Dengan diberikannya NIB tahap pertama melalui PNM ini, tercatat sebanyak 11.063 UMKM Lamongan telah memiliki NIB. Sedangkan data UMKM Kabupaten Lamongan terdapat sebanyak 130.006. Sehingga Pemkab Lamongan terus berupaya memasifkan program peningkatan UMKM secara berkelanjutan.

 

“Panjenengan dapat fokus berusaha, dan niati dengan yang baik, nanti Insyaallah akan jadi, dan usahanya yang mudah berkembang. Gak usah bingung mikir modal, ada PNM, KUR dan Koperasi. Pemerintah menyediakan akses, kepentingan modal untuk pemilik usaha dalam menjalankan usahanya,” imbuh Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan.

 

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan Anang Taufik mengungkapkan, program NIB melalui PNM dan Deklanasda ini direncanakan akan diberikan kepada 10.000 pelaku usaha secara bertahap.

 

“Pelaku usaha portal utamanya NIB, nanti bisa mendapatkan PIRT, label halal, BPOM, merek dan lainnya. Sehingga nanti teman teman akan mendapatkan NIB yang menjadi ketentuan bagi Kabupaten Lamongan ,” ungkapnya.

 

Tak hanya itu, sebagai langkah informatif bagi pelaku usaha dalam mengakses layanan perizinan, yang dinilai berdasarkan pada risiko dan skala kegiatan usaha. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Sosialisasi Nomor Induk Berusaha Pelaku ultramikro kabupaten Lamongan, yang disampaikan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Lamongan Anis Kartika Yuhronur Efendi. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

2.500 Ton Beras dan 70.000 Paket Sembako Siap Didistribusikan ke Seluruh Indonesia

Daerah

Dua Pekan Ini Di Sidoarjo Berlangsung Operasi Patuh Semeru 2022

Daerah

PERNYATAAN SIKAP KARANG TARUNA KABUPATEN SIDOARJO TERKAIT AKSI TERORISME DI SURABAYA & SIDOARJO

Daerah

Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan Hadiri Entry Meeting Dengan BPK RI Perwakilan Lampung

Daerah

Faisol Riza Minta Warga Waspadai Covid-19

Daerah

Jaga Ketersediaan Pangan, Sekretariat Kabinet Pantau SRG Alassumur Kulon

Daerah

DI GELAR RAKOR TP PKK, GUNA MENSINERGIKAN DARI 10 PROGRAM POKOK PKK

Daerah

Operasi Penegakan Disiplin Prokes Satgas Covid-19.Area Perumahan Tak Luput Jadi Sasaran