Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 30 November 2022 - 08:22 WIB

Sekda Gresik Resmikan Pertashop Milik BUMD Gresik Migas

Gresik, Sekilasmedia.com – Pertashop yang dikelola BUMD Gresik Migas resmi beroperasi, Selasa (29/11). Peresmian layanan pengisian BBM jenis Pertamax ini dilakukan Sekretaris Kabupaten Gresik, Ahmad Washil Miftahul Rachman. Kegiatan tersebut sekaligus memperingati HUT Gresik Migas Ke-15.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita disaksikan Kepala Bidang Geologi Air Tanah Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, Pejabat Eselon II lingkup Pemkab Gresik, Dirut BUMD Gresik, Paguyuban Pengusaha Kebomas dan Real Estate Indonesia (REI) Cabang Gresik dan undangan lainnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil menjelaskan, memasuki usia ke-15, PT Gresik Migas telah memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2022 sebesar Rp 1 milliar.

“Kedepan ada banyak program kegiatan pembangunan SPBUN, tahap pertama sudah di bangun di Desa Campurejo Kecamatan Panceng, “terangnya.

Sekda menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan BBM tahun depan SPBUN juga akan di bangun di Desa Randuboto Kecamatan Sidayu, Desa Karang Rejo Kecamatan Manyar dan Kelurahan Lumpur Kecamatan Gresik.

“Ini merupakan terobosan Gresik Migas yang selama ini menjadi bagian yang tak terpisahkan. Dalam pelayanan pemenuhan BBM kepada nelayan, yang sebelumnya tidak ada, baru kali ini SPBUN telah terealisasi, “ungkap Washil.

Selain itu, menurut Sekda terkait potensi gas yang ada dan selama ini dibiarkan, keberadaan sumur tua di Kabupaten Gresik ini cukup banyak. Baik di wilayah dalam kota dan wilayah Gresik Utara, potensinya sesuai dengan apa yang ada di Kementrian ESDM cukup banyak.

“Jika tidak ditangani oleh pusat, maka ada baiknya dari daerah melakukan aktifitas pengelolaan atau eksplorasi bisa dikelola oleh BUMD. Ini akan menjadi bermanfaat, mendukung suport energi di wilayah Jawa Timur dapat dicukupi oleh Gresik Migas, ” bebernya.

Sekda Washil mengapresiasi adanya Pertashop dari BUMD PT GM, menurutnya selama ini terkait pembayaran bensin atau pertamax dilakukan dengan konsep tunai sekarang bisa dengan non tunai. “Dengan konsep non tunai beberapa hal akan dilakukan adalah menjalin kerjasama dengan Pertashop ini, “katanya.

Dirinya berharap seluruh OPD nantinya membuat Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan BUMD Gresik Migas. “Sebelum awal 2023, PKS ini sudah harus dilakukan BUMD PTGM. Dengan berkoordinasi bersama OPD yang ada di Komplek Kantor Bupati Gresik, “tandasnya.

Pada kesempatan sama, Dirut PTGM Habibullah mengatakan, ada beberapa rencana bisnis yang harus dijalankan tahun ini, sesuai amanah yang sudah diberikan Bupati. Di antaranya melanjutkan penyaluran gas dan keinginan Bapak Bupati untuk pelayanan pemenuhan BBM terhadap masyarakat nelayan.

“Kehadiran BUMD ini harus dapat dirasakan masyarakat, pertama pelayanan terhadap nelayan. Gresik Migas sekarang punya SPBUN di Campurejo yang melayani nelayan 8.000, sampai 9.000, liter perhari, “terangnya.

Kedua, lanjut pria yang akrab dipanggil Habib itu menuturkan, pelayanan terhadap masyarakat umum yang non subsidi. Salah satunya pembangunan pertashop ini, sesuai harapan bupati untuk melayani kendaraan operasional ASN yang menggunakan BBM non subsidi.

“Gresik Migas juga akan mengajukan perizinan terkait pengelolaan sumur tua yang ada di Gresik. Dirinya sudah mengajukan rekomendasi kepada Gubernur. Serta menyiapkan rekomendasi tingkat Kabupaten yang nantinya akan berkoordinasi dengan Dinas ESDM Provinsi Jatim,” ujar Habib. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kejar target 100 Persen, Polresta Mojokerto Vaksinasi Booster Karyawan Perusahaan

Daerah

Guna Serap Tenaga Kerja, Wings Group  Jalin Kerjasama Dengan  SMK Se-Kabupaten Gresik

Daerah

Pasi Intel Kodim 0812 Lamongan Bekali Maba Unisla Dengan Wawasan Cinta NKRI

Daerah

Menyambut Hari Raya Nyepi Caka 1940 Jembatan Timbang Cekik Tutup Selama Tiga Hari

Daerah

Kontes Primadona Pantura 2024 Memasuki Babak Grand Final: Fazria Raih Gelar Juara.

Daerah

Ringankan Beban Masyarakat “Polres Lumajang Berbagi”

Daerah

*TMMD, Dinas PMD Kabupaten Mojokerto Sosialisasikan BUMDesa*
Pujian Buat Negeri Lintas Agama di GKI (Gereja Kristen Indonesia)

Daerah

Pujian Buat Negeri Lintas Agama di GKI (Gereja Kristen Indonesia)