Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 14 Desember 2022 - 05:51 WIB

Selama Dua Hari, 20 Partisipan Asal Palestina Belajar di Laboratorium Produksi Semen BBIB Singosari

Partisipan Asal Palestina ketika ketika belajar di laboratorium produksi semen di BBIB Singosari

Malang,Sekilasmedia.com Pelatihan Internasional Peternakan Berkelanjutan Melalui Teknik Inseminasi Buatan (PIP BMTIB) kembali digelar oleh Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang, setelah pasca pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh penjuru dunia.

Peran BBIB Singosari tak hanya fokus memberikan layanan terbaik dan optimal untuk seluruh pelanggan dan stake holder di Indonesia. Namun BBIB Singosari, juga turut berperan di tingkat internasional membantu negara-negara berkembang melalui skema Kerjasama Selatan Selatan Triangular sebagai implementing agency dengan melakukan knowledge sharing peningkatan kapasitas petugas dan institusi seperti halnya untuk negara Palestina.

Pasalnya melalui program Third Country Training on Management of Artificial Insemination Program for Palestine merupakan wujud dari komitmen Indonesia dalam mendukung negara Palestina khususnya dalam peningkatan produktifitas ternaknya.

Pada hari kedua berada di Malang, 20 orang partisipan asal Palestina belajar di laboratorium produksi semen BBIB Singosari

Kepala Bidang Pemasaran dan Informasi, drh. Sarastina, MP menyatakan bahwa Indonesia saat ini sudah swasembada semen beku untuk sapi dan kambing.

“Laboratorium produksi semen BBIB Singosari merupakan laboratorium rujukan yang menerapkan ISO 17025: 2017 dalam setiap tahapan pengujian dan ISO 9001:2018 dalam setiap tahapan produksi semen beku” terang Saras, Selasa (13/12).

Selain itu, dengan peralatan yang canggih dan terkalibrasi mampu menghasilkan semen beku berkualitas sesuai SNI 4869-1-2021 untuk semen beku sapi dan SNI 4869-3- 2014 untuk semen beku kambing. Semen beku produksi BBIB Singosari berasal dari pejantan unggul yang telah tersertifikasi, penjelasan para tenaga ahli bidang produksi semen yang mendampingi secara langsung in hand practical para peserta dengan dikawal langsung Sub Koordinator Produksi Semen, Drh Anny Amaliya, MSi.

Mereka belajar tentang proses produksi semen beku sapi dan kambing mulai dari tahap persiapan alat, pembuatan pengencer penampungan, pengujian semen, printing, filling sealing dan proses pembekuan.

“Peserta pelatihan secara mandiri meproduksi semen beku kambing di bawah bimbingan laborat yang telah berpengalaman melatih pelatihan berskala nasional maupun internasional” pungkasnya. (BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Walikota Blitar Hadiri Pengukuhan Pengurus YAPETA

Daerah

Dinas Pertanian Dalam Waktu Dekat Salurkan Bibit Jahe 

Daerah

Kenalkan Wisata Sejarah Kota Mojokerto Lewat Cultural Tourism Run 2023

Daerah

DPRD Kota Blitar Soroti Pengangkatan 302 PPPK: Fokus pada Pelayanan Publik yang Optimal

Daerah

*Danramil 0815/06 Kemlagi Hadiri Tasyakuran Peresmian JUT*

Daerah

Kurangi Lebihan Kapasitas, Lapas Lamongan Pindahkan 14 Warga Binaan ke Lapas Pamekasan

Daerah

Babinsa Pos Ramil Mojoanyar Bantu Penyaluran Bantuan Dari BPBD Kabupaten Mojokerto Bagi Warga Terdampak Hujan Angin

Daerah

Ketua YJI Sidoarjo dr. Hj. Sriatun Subandi Kukuhkan KJR Sidoarjo