Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / TENTARAKU

Kamis, 22 Desember 2022 - 14:54 WIB

Polres Lamongan Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2022, Siap Amankan Nataru 2023

Lamongan,sekilasmedia.com – Dalam rangka Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023, seluruh Jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022.

Polres Lamongan Polda Jatim menggelar Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2022 yang dilaksanakan di Alun alun Kabupaten Lamongan pada kamis pagi, (22/12/2022) .

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Lamongan Dr. H Yuhronur Efendi, MBA selaku Pimpinan Apel bersama dengan Kapolres Lamongan AKBP Yakhob Silvana Delareskha, S.I.K., M.Si dan Dandim 0812/ Lamongan Letkol Kav. Endi Siswanto Yusuf.

Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2022 dengan tema ” Kepolisian Resor Lamongan yang bersinergi dengan instansi terkait siap melaksanakan pengamanan perayaan Natal tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 di Wilayah Kabupaten Lamongan.” dijelaskan oleh Kapolres Lamongan merupakan bentuk kesiapan Anggota Polri bersama Forkopimda dan juga instansi terkait dalam mengamankan perayaan natal dan tahun baru di wilayah lamongan.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2022 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.” Jelasnya dalam membacakan amanat Kapolri.

Kapolres mengatakan bahwa Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.

Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022.

“Dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman,” lanjut Kapolres Lamongan.

Adapun beberapa penekanan Kapolri adalah :

1. Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

2. Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang,sebagai langkah antisipas sedini mungkin untuk mencegah aksiyang meresahkan masyarakat.

3. Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022.

4. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik,lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system,

5. Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas,

6. Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi,

7. Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19.

Polres Lamongan sendiri telah mendirikan 4 Pos Pengamanan dan 1 Pos Pelayanan meliputi, Pospam Alun alun, Gereja, Tugu Wingko Babat, Tempat Wisata, dan Pos Pelayanan di Terminal Lamongan.

“ Nantinya Pos Pos akan disiagakan personel Polres Polsek jajaran dan akan dibantu oleh TNI dan instansi terkait serta komponen masyarakat lainnya.” Lanjutnya.

“Polres Lamongan mengedepankan Satgas preventif, satgas preemtif, satgas Kamseltibcarlantas, satgas Gakkum dan satgas Banops dengan 5 pos yang ada Lamongan kota, Kinameng, Terminal Lamongan, Babat dan WBL.” Tutupnya. (rud)

Share :

Baca Juga

TENTARAKU

Penuh Kasih Sayang, Satgas TMMD Kodim Bojonegoro Dampingi Anak-Anak Belajar

TENTARAKU

Tingkatkan Kerjasama, Babinsa Koramil 0814/11 Sumobito Laksanakan Komsos Bersama Perangkat Desa

TENTARAKU

Babinsa Nanga Tayap, Kodim 1203/Ktp Laksanakan Binter

TENTARAKU

Putus Siklus Wabah DBD, TNI Bersama Kader Jumantik Desa Japanan Gelar Gertak PSN

TENTARAKU

Cara Terima Kasih Warga, Undang Satgas TMMD Makan Siang Dirumahnya

TENTARAKU

Mimpi Puluhan Tahun Dusun Tambak Kini Terwujud Lewat TMMD ke 116

TENTARAKU

Komsos Menjadi Sarana Babinsa Untuk Selalu Dekat Dengan Warga Binaan

TENTARAKU

Ibu Supartini Ikut Bangga Dengan Adanya TMMD Di Telogosari