Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Selasa, 10 Januari 2023 - 10:52 WIB

Ratusan Siswa SMP dan MTs Lakukan Latihan Gabungan Solidaritas Pramuka Penggalang

Probolinggo,sekilasmedia.com-
Sebanyak 250 siswa SMP dan MTs dari 5 (lima) kecamatan di Kabupaten Probolinggo melakukan latihan gabungan solidaritas Pramuka Penggalang se-Kabupaten Probolinggo di Gugus Depan 13.033-13.034 SMPN 2 Maron Kecamatan Maron, Sabtu dan Minggu (7-8/1/2023).

Ratusan siswa SMP dan MTs ini berasal dari Kecamatan Maron, Tiris, Gading, Banyuanyar dan Gending. Kegiatan yang mengambil tema “Perkuat Gerakan Pramuka Sebagai Wadah Pembentukan Karakter Bangsa” ini digagas oleh Kumpulan Pembina Penggalang SMP se-Kabupaten Probolinggo.

Latihan gabungan solidaritas ini dibuka secara resmi oleh Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Maron selaku Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Maron Muslihatin dan dihadiri oleh Kepala SMPN 2 Maron selaku Kamabigus A’irin Nurwidyastuty.

Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Maron Muslihatin mengatakan latihan gabungan solidaritas ini bertujuan untuk memupuk tali silaturrahmi, lebih mempererat ukhuwah islamiyah dan rasa hormat kepada guru dan sesama anggota Pramuka di lingkungan Kabupaten Probolinggo.

“Selain itu, lebih meningkatkan eksistensi dan jati diri menjadi manusia yang berwatak, berkepribadian dan berbudi pekerti luhur serta kecakapan hidup (life skill) berlandaskan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi,” katanya.

Menurut Muslihatin, Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan yang membina kaum muda menjadi manusia yang berwatak, berkepribadian dan berbudi pekerti serta memiliki ketrampilan hidup. Salah satu tugas Gerakan Pramuka adalah menyiapkan kader-kader yang memiliki semangat dan jiwa bela negara serta tanggap terhadap masalah-masalah yang dihadapi bangsa dan negara Indonesia.

“Krisis multidimensi dan globalisasi memunculkan berbagai masalah di kalangan kaum muda dapat mengancam masa depan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,“ jelasnya.

Muslihatin menerangkan dengan kegiatan latihan gabungan solidaritas penggalang SMP se-Kabupaten Probolinggo ini pihaknya mengajak adik-adik untuk terus berkegiatan kepramukaan.

“Salurkan kreativitas adik-adik dengan membuat kegiatan kepramukaan yang diikuti dengan riang gembira. Kegiatan kepramukaan akan menumbuhkan semangat. Dengan kegiatan Pramuka kita tunjukkan bahwa pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti,” pungkasnya. Suyitno

Share :

Baca Juga

Daerah

Babinsa Koramil 0815/02 Trowulan Bekali Siswa PBB Dan Wawasan Kebangsaan

Daerah

Korem 082/CPYJ gelar Vaksinasi Covid – 19 untuk anak-anak KBT

Daerah

WARGA MASYARAKAT SELOK AWAR – AWAR PERINGATI HUT RI KE 73 DAN TAHUN BARU ISLAM 1MUHARRAM 1440 H

Daerah

Kapolres Batu Beri Penghargaan Kepada 18 Anggota Polres Berprestasi

Daerah

Semarakkan Hari Bhayangkara, Ribuan Peserta Hadiri Fun Bike di Polres Jombang

Daerah

Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim Serta Forkopimda Daerah Melakukan Pengecekan di Kecamatan Arosbaya

Daerah

Waspadai Omicron, Polres Mojokerto Bagikan Masker Ke Pengendara

Daerah

Kapolres Gresik bersama Forkopimda Ziarah Makam Auliya