Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 12 Januari 2023 - 16:06 WIB

Cuma di Bali, Harga LPG 3 Kg Meroket Januari 2023

Tumpukan tabung LPG 3 kg di tempat pangkalan di Denpasar

Denpasar,Sekilasmedia.com –Munculnya Peraturan Gubernur Bali Nomor 63 Tahun 2022 tentang perubahan ketiga atas Pergub No 48 tahun 2014 tentang Harga Eceraan Tertinggi (HET) Liquefied Petroleum Gas (LPG) tabung 3 Kilogram membuat masyarakat Pulau Dewata resah.

Kenapa tidak, perubahan atas HET LPG 3 kg tersebut dinilai sangat tidak berpihak dan terlalu mencekik, yakni dari Rp 14.500 menjadi Rp 18.100 per tabungnya. Dari informasi didapat pergub Bali ini akan berlaku pada 16 Januari 2023 mendatang, meski sempat tertunda.

Salah seorang pelaku usaha LPG 3 kg di Bali, Dewa A, Kamis (12/1/2023) menjelaskan, untuk perubahan HET ini hanya ada di Bali sementara daerah lain tidak.

“Saya terus terang tidak bisa membayangkan. Ini benar benar kado pahit karena perubahan harga ini sangat menyusahkan masyarakat Bali di tengah naiknya harga sejumlah komoditas,” ungkap dia.

Menurutnya, dalam harga penebusan di Pertamina tidak ada perubahan bahkan masih tetap sama Rp 11.550. Termasuk juga dari keputusan presiden tentang harga LPG 3 kg di seluruh Indonesia tidak ada perubahan.

“Jika pergub ini sudah berjalan maka ada penambahan keuntungan Rp 3.500 diberikan ke Agen. Padahal Agen sendiri sudah menerima transport fee dari pemerintah lewat Pertamina untuk gaji sopir dan BBM saat pengambilan dari SPBE ke gudang Agen Rp 1.150 per tabungnya,” tegasnya.

Hingga saat ini untuk HET LPG 3 kg di NTB dan Jawa Timur masih kisaran Rp 14.500 sampai Rp 15.000. Sedangkan di Bali menjadi Rp 18.100, dan itu baru di Pangkalan. Jika dari Pengampas maka harga di warung bisa menjadi Rp 20 000, atau Rp 23.000 bahkan Rp, 25.000 per tabungnya.

“Kita tahu kan, tidak semua masyarakat Bali bisa beli gas di pangkalan. Mereka lebih banyak beli di warung warung,” tandanya.

Lanjut ditambahkannya dengan kenaikan harga LPG 3 kg di wilayah Bali, jelas tidak menutup kemungkinan memberikan peluang bagi pelaku nakal dalam memanfaat kesempatan ini dengan memasukan gas 3 kg dari luar Bali karena selisih harga yang sangat jauh. SN.

Share :

Baca Juga

Daerah

Peringati Hari Kebangkitan Nasional,PJ Walikota Serahkan Penghargaan

Daerah

DPRD Kota Mojokerto Setujui Raperda Tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL

Daerah

Dua Pemuda Asal Bogor Diciduk Polisi, Diduga Melakukan Pidana Perdagangan Orang di Sebuah Hotel

Daerah

Danramil 0815/06 Bersama Forpimka Ikuti Kirab Budaya*

Daerah

Peduli Kesehatan Anak, Babinsa Koramil Srengat Hadiri Musyawarah Kegiatan Rembuk Stunting

Daerah

Rencana Bangun Museum Situs Sekaran Bukti Perhatian Serius Kades Sekarpuro

Daerah

Polresta Sidoarjo Gelar Minggu Kasih di GPPS Watugolong Krian

Daerah

Operasi Zebra Candi Digelar, Masyarakat Dihimbau Meningkatkan Budaya Berlalu Lintas dan Disiplin Prokes