Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Selasa, 24 Januari 2023 - 20:56 WIB

Kajati Jatim Didampingi Bupati Gresik Resmikan Rumdin Kejari Gresik Di Cerme

Gresik, Sekilasmedia.com – Hari ini, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur meresmikan kompleks rumah dinas ( 12 rumdin), mushala dan rumah rehabilitasi Napza Kejaksaan Negeri Gresik yang berdiri di atas lahan seluas 3645 meter persegi yang berlokasi di jalan Jurit Cerme Kidul Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik pada Selasa (24/1/2023).

Setelah meresmikan kompleks rumdin, mushala dan rumah Rehabilitasi napza, Kajati Jawa Timur Mia Amiati kepada awak media mengungkapkan bahwa kompleks rumah dinas, mushala dan rumah rehabilitasi napza yang diresmikan hari ini, memiliki luas bangunan 1372 meter persegi yang merupakan hibah Pemerintah Kabupaten Gresik, dengan anggaran APBD Tahun 2022 sebesar Rp. 4,9 miliar.

Lebih lanjut Kajati Jatim mengatakan selain itu, mushala dan rumah rehabilitasi Napza. Untuk rumah rehab napza dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan RS Ibnu Sina.

” Alhamdulillah sudah di fasilitasi dan akan digunakan untuk merehabilitasi pelaku narkotika yang merupakan korban, setelah benar dilakukan penghentian penuntutan dengan cara melakukan pengajuan permohonan penghentian penuntutan,” terangnya.

Artinya bahwa pada saat melakukan kegiatan penyidikan dimana penyidik melihat secara profil dari pelaku tindak pidana, di situ dilihat betul-betul merupakan sorang menjadi korban bagi diri sendiri dan hasil assesement BNN setempat karena akibat kecanduan.

BACA JUGA :   PANGGUNG PRAJURIT WARNAI RANGKAIAN SERTIJAB DANLANUD ABD SALEH

Ketentuan dan syarat penghentian penuntutan oleh Kejaksaan, dimana tersangka bukan termasuk DPO, pengedar atau memproduksi ataupun bagian jaringan narkotika dan bukan seorang residivis, imbuh dia.

Itu ketentuan-ketentuan dan syarat yang cukup bagi Kejaksaan untuk bisa dihentikan penuntutannya dengan dimasukan rumah rehab dan pengubahan hati Bupati, disini diberikan pelayanan gratis tanpa dipungut biaya. Karena pelaku banyak berasal dari keluarga tidak mampu sehingga memilih penjara. Untuk itu, inisiasi pemerintah daerah membantu masyarakat yang tidak mampu, tandasnya.

” Kami beritahukan jumlah rumah rehab napzadi se Indonesia ada 31, dimana yang 22 lainnya berada di Jawa Timur.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani atau karib disapa Gus Yani mengatakan pertama, subtansi dari acara ini terkait rumah dinas Kejaksaan Negeri Kabupaten Gresik sebagai bentuk upaya apresiasi dari sinergitas dan kolaborasi yang sudah kita lakukan, baik melalui SK. Sehingga peningkatan PAD Gresik bisa berjalan dengan baik. Kami merasa ada kenaikan PAD kurang lebih 100 miliar,” jelasnya.

” Mudah-mudahan ini bisa berlanjut terus, ada bentuk sinergi dan kolaborasi atas strategi yang kita bangun. Dengan adanya rundin ini otomastis ada peningkatan hubungan baik dan kerjasama selama ini,” ujar Gus Yani.

BACA JUGA :   Wabup Aminatun Buka Workshop Implementasi Program Bangga Kencana Dari Gresik Utara

Kedua, terkait dengan rumah rehabilitasi napza ini, ini merupakan strategi atau upaya menurunkan angka bagaimana penyalahgunaan narkotika.

” Kami mengajak kepada seluruh stakeholder dan jajaran Forkopimda khususnya Kejaksaan Negeri Gresik, melihat banyak anak-anak Kabupaten Gresik yang belum sadar terkait bahaya narkoba. Mudah-mudahan melalui rumah rehabilitasi Napza, kedepan penyalahgunaan narkotika di Kabupaten Gresik akan turun,” tandas Gus Yani.

Kejati Jatim Mia Amiati didampingi Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Kejari Gresik Muhammad Hamdan Saragih setelah melakukan peresmian dilanjutkan melihat-lihat langsung rumah rehabilitasi Napza lalu mushala dilanjutkan rumah dinas Kejaksaan Negeri Gresik.

Hadir pada kesempatan ini, Kepala Kejaksaan Tingi Jawa Timur Dr. Mia Amiati, SH, MH., Kejari Gresik Muhammad Hamdan Saragih, SH, MH., Ketua Pengadilan Negeri Gresik Agus Walujo Tjahjono, S.H., M.Hum., Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Kepala ATR/BPN Gresik Asep Heri, Kepala OPD terkait, Muspika Cerme dan AKD Gresik.
(rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Satlantas Polres Probolinggo Kota Adakan Jalan Santai Dalam Rangka HUT Lantas Ke 67

Daerah

Sambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan dan Peringati Isra’ Mi’raj, Ini Yang Dilakukan PAC Fatayat-Muslimat PAC Menganti

Daerah

Kapolri Minta Pertahankan Kepercayaan dan Kepuasan Publik di Rakernis 4 Divisi

Daerah

Hadiri Tasyakuran HPN 2022, Wabup Gresik Potong Tumpeng Untuk Ketua KWG

Daerah

Bersama Wagub Jatim, Bupati Mojokerto Resmikan Bobocabin di Padusan

Daerah

Dua Tourist Asal German Tertarik Panorama Tumpak Sewu (Coban Sewu)

Daerah

Belanja Senang Sehat Bareng Polresta Sidoarjo di Pasar Tulangan

Daerah

Wartawan Kalahkan Humas Polresta Sidoarjo, Tanding Futsal Peringati HUT Humas Polri Ke-71