Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Senin, 30 Januari 2023 - 11:32 WIB

Serap Saran Dan Masukan Menyempurnakan RPJMD, Pemkot Mojokerto Gelar Forum Konsultasi Publik

Walikota Mojokerto Hj Ika Puspita Sari saat hadir Forum konsultasi publik untuk rancangan rencana pembangunan Daerah ( RPD ) Kota Mojokerto

Mojokerto,Sekilasmedia.com-Melalui Bappedalitbang Kota Mojokerto, Pemerintah Daerah Kota Mojokerto menggelar Forum konsultasi publik untuk rancangan rencana pembangunan Daerah ( RPD ) Kota Mojokerto di Tahun 2024- 2026 bertempat digedung Sabha Mandala Madya Kota Mojokerto, Senin 30 Januari 2023.

Selain Walikota Mojokerto Hj Ika Puspita yang akrab disapa Ning Ita juga tampak hadir Ketua DPRD Sunarto, SH, Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, staf ahli , Asisten , seluruh kepala OPD, perwakilan Bappeda propinsi, media, Perusahaan, Pelaku UMKM, Perbankan, Organisasi profesi, serta organisasi masyarakat di kota Mojokerto yang seluruhnya berjumlah 75 orang.

Dalam kesempatan ini Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo menjelaskan Forum konsultasi publik untuk rancangan rencana pembangunan Daerah ( RPD ) Kota Mojokerto di Tahun 2024- 2026, ini dilaksanakan berdasarkan inmendagri no 52 tahun 2022, UU no 25 tahun 2024, dan Permendagri no 26 tahun 2017.

” Bagi Walikota yang menjelang masa berakhir jabatannya agar melaksanakan RDP untuk pijakan pembangunan di Tahun
2024-2026,” terang Gaguk.

Ditambahkan Gaguk, Maksud dan tujuannya adalah menyampaikan arah kebijakan sebagai panduan pembangunan pada tahun 2024 hingga 2024 serta menyerap saran dan masukan untuk menyempurnakan RPJMD,” tambahnya.

Ditempat yang sama Walikota Mojokerto Ning Ita mengatakan bahwa dalam penyusunan RKPD ini menjadi penting karena merupakan suatu petunjuk bagaimana pembangunan 3 tahun kedepan, setelah masa akhir jabatan Walikota berakhir.

” Hal ini bertujuan untuk menjaga kesinambungan pembangun antara pemerintah pusat, provinsi dan Daerah,” terang Ning Ita.

RPD ini juga menjadi arah pembangunan jangka menengah karena hanya 3 tahun, sampai nanti terpilih kembali Wali kota definitif.

Selain itu, lanjut Ning Ita, hal Ini dimaksudkan juga untuk menentukan pembangunan jangka panjang, tetapi semua harus linier dengan perencanaan,” tandasnya.

Lebih lanjut Ning Ita menyampaikan, selain forum konsultasi publik, Pemkot Mojokerto juga telah menyusun arah kebijakan kedepan. Dalam hal ini, bahwa pada tanggal 17 Januari 2023 silam, presiden Jokowi mengumpulkan forkopimda se- Indonesia.

Pemerintah Daerah diminta 5 hal yaitu
Pengendalian inflasidengan harapan ekonomi tetap terjaga tumbuh positif, yang kedua meningkatkan investasi di Daerah masing-masing dengan harapan peluang kerja semakin tumbuh positif, yang ketiga penanganan stanting untuk kota Mojokerto saat ini tinggal 4 persen saja, yang ke empat soal menurunkan kemiskinan extrem di Daerah, dan yang terakhir Kondusivitas atau stabilitas politik di Daerah.

” Seperti diketahui ditahun 2024 nanti kita bakal menghadapi pemilu secara serentak,” beber Ning Ita.

Dalam kegiatan kali ini juga dihadirkan Narasumber dari Universitas Brawijaya Andi Kurniawan dari malang, dijelaskannya
Pemerintah pusat mengeluarkan RPD untuk menggantikan RPJMD untuk pijakan hukum dalam pembangunan Daerah.

RPD ini bakal digunakan Pj walikota, ini sebagai pondasi untuk membangun diperiode berikutnya.

Kaidah menyusun RPD harus memperhatikan pembangunan Nasional, memperhatikan hasil evaluasi pekerjaan dari evaluasi sebelumnya, memperhatikan RPJ, memperhatikan isi Nasional, dari semua itu akan menghasilkan telaah secara strategis,” katanya.

Senada disampaikan Kepala Bappedalitbang Kota Mojokerto Agung MS menyampaikan bahwa kegiatan ini sesuai dengan amanat inmendagri no 52 tahun 2022, dari seluruh 75 peserta yang diundang, semua masukan dan saran sudah ditampung semuanya,” jelasnya singkat.

( Wo/ Adv)

 

Share :

Baca Juga

Daerah

PJ Walikota Palembang Drs. H. Ratu Dewa, M. Si Berserta Jajaran Dan Masyarakat Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

Daerah

Ketua DPC Partai Demokrat Sidoarjo Zahlul Yussar menggelar nonton bareng 

Daerah

Sari Laut Lamongan Tembus Pasar Asia Tenggara

Daerah

Bersama Tim Pemkab, Kasdim 0815 Mojokerto Tinjau Lokasi TMMD

Daerah

Rapat Dewan Pengawas APEKSI 2022 di Kota Batu

Daerah

May Day Nihil Demo, Bupati Gus Muhdlor Buka Posko Pengawasan THR

Daerah

Gelar Lomba Orasi, Kapolri: Mari Ciptakan Alam Demokrasi yang Lebih Baik

Daerah

Kades Pasirian Budayakan Tradisi Bersih Desa Dengan Meriah