Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 23 Februari 2023 - 07:32 WIB

Resmikan Kantor Baru MUI, Bupati Gresik Sebut Ulama dan Umara Mempunyai Peran Strategis dengan Pemerintah

Gresik,sekilasmedia.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik memiliki kantor baru. Gedung baru yang berada di komplek Masjid Agung Gresik (MAG) ini diresmikan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Rabu (22/2/2023).

Peresmian Kantor MUI, mengusung tema “Ulama Umara Bersatu untuk Kebangkitan Umat”. Turut dihadiri Forkopimda Gresik, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman, Ketua MUI Jatim KH Mohammad Hasan Mutawakkil Alallah, Ketua PCNU Gresik KH Mulyadi, Ketua DPD LDII Gresik KH Abdul Muis serta Habib Ahmad Ismail bin Abdullah Al Habsyi.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan kantor MUI ini dimulai 2019. Saat itu dirinya masih menjabat ketua DPRD Gresik. Konsep pembangunan terinspirasi dari Kabupaten Tangerang, dimana kantor MUI berada satu komplek dengan masjid Agung Tangerang.

“Saat itu kondisi anggaran sedang tidak baik karena adanya pandemi Covid-19, “terang Bupati Gresik yang akrab disapa Gus Yani.

Menurut bupati, MUI mempunyai peran strategis dengan Pemerintah Kabupaten Gresik. Dinamika yang ada di Gresik diperlukan peran, fatwa atau nasehat MUI dalam menjaga iklim yang kondusif.

“Berbagai fatwa telah dikeluarkan MUI Gresik. Salah satunya fatwa atas pernikahan kambing dengan manusia, “terangnya.

Bupati juga mengapresiasi MUI Gresik atas capaian tata kelola organisasi sosial keagamaan terbaik Jawa Timur. Ini prestasi luar biasa selain sebagai Himayatul Ummah dan Shodiqul Hukumah atau mitra pemerintah.

“MUI Gresik telah melakukan berbagai kegiatan seperti membantu pemerintah dalam berbagai persoalan masyarakat. Mulai dari penanganan Covid-19, kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, dan fatwa keagamaan, “tambahnya.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum MUI Jawa Timur KH Mohammad Hasan Mutawakkil Alallah mengatakan, peran Pemerintah Kabupaten Gresik yang dipimpin Bupati Gus Yani sangat luar biasa atas terwujudnya pembangunan kantor MUI Gresik.

“Dengan di bangunnya kantor MUI ini sangat muftadol. Gresik merupakan berlabuhnya penyiar Islam di Nusantara yaitu Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri, “tutur Kiai Mutawakkil, panggilan akrab Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo.

Dirinya berharap, MUI Gresik untuk menjalin hubungan yang harmoni dengan pemerintah kabupaten Gresik dalam upaya kemaslahan masyarakat. MUI merupakan wadah berkhidmat para Kiai, Ulama, Cendekiawan untuk kepentingan umat, bangsa dan negara.

“Hari ini Gus Bupati mengajarkan kita suatu bagian kemulyaan. Melalui kebijakannya dalam membangun kantor MUI Gresik untuk kemaslahatan bersama, “ungkapnya.

Dirinya, juga mengajak meningkatkan Khidmah melalui peran MUI. Di antaranya menjadi mitra pemerintah dalam mendukung pembangunan, melalui instrumen-instrumen keagamaan sesuai dengan tujuan untuk kebaikan.

Selain itu, memediasi masyarakat dan pemerintah melalui pelayanan keumatan, menjadi rujukan pemerintah dan masyarakat melalui keputusan keagamaan. Terakhir peran MUI menjaga harmoni antar umat beragama dalam kebhinekaan beragama.

“MUI Jatim memiliki 3 program prioritas, yaitu meningkatkan kualitas syiar keagamaan, meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat serta mengembangkan ekosistem ekonomi halal, “tegasnya.

Sementara, Ketua MUI Kabupaten Gresik KH Mansoer Sodiq mengaku bersyukur, MUI Kabupaten Gresik memiliki kantor baru. Menurutnya, hal ini tak lepas dari keseriusan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

“MUI merupakan rumah Islam, memiliki peran strategis sekaligus mitra pemerintah yang tidak bisa dipisahkan dan saling melengkapi, “ungkapnya.

Menurutnya, dengan diresmikannya gedung baru MUI ini tentunya menjadi energi positif untuk pelayanan kepada umat. Komitmen sinergitas itu akan kita lakukan terus menerus di berbagai persoalan umat.

“Hubungan simbiosis mutualisme tersebut juga terjadi di Gresik, berbagai persoalan keagamaan dan keumatan diselesaikan bersama sama sesuai peran dan fungsi masing-masing, “kata Kiai Mansoer Sodiq.

Dirinya menjelaskan, MUI Gresik saat ini sedang mengembangkan empat orientasi perkhidmatan yang tercantum dalam renstra organisasi. Orientasi itu di antaranya pengembangan program pelayanan kepada umat, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), pengembangan kerjasama dan networking, serta pengembangan tata kelola organisasi.

Selain itu, lanjutnya, MUI Gresik juga menetapkan target capaian kinerja tertinggi yang kita sebut dengan Milestone.

“Sesuai dengan Milestone MUI Gresik tahun 2022-2023 adalah menjadi organisasi sosial keagamaan dengan tata kelola pelayanan tiga terbaik di tingkat Provinsi Jawa Timur, “tuturnya.

Dikatakan, tahun 2023-2024 MUI Gresik bertekad menjadi organisasi sosial keagamaan dengan tata kelola pelayanan terbaik di tingkat nasional.

“Target ini bukanlah mimpi belaka, karena dihadapan kita telah berdiri megah bangunan MUI Gresik. Semua berkat dukungan bupati dan ini merupakan satu satunya di Jawa Timur bahkan di Indonesia, “terangnya.

Usai sambutan turut diserahkan sertifikat halal secara simbolis oleh Bupati Gresik kepada UMKM binaan MUI Kabupaten Gresik. Ini merupakan salah satu program MUI Gresik melalui Pusat Layanan Sertifikasi Halal (PLSH) dan Badan Pengembangan Industri Halal (BPIH).

Peresmian ini dihadiri pula oleh Kepala OPD dan Camat lingkup Pemkab Gresik, Ketua MUI Kabupaten Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Sidoarjo, Kota Surabaya, jajaran pengurus MUI Kecamatan dan Kabupaten Gresik, serta seluruh mitra dakwah MUI Gresik. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pertahankan Prestasi, Walikota Mojokerto Gelar Evaluasi Pengisian IID dan Berikan Hadiah Bagi Inovator

Daerah

Pemkot Blitar Gelar Workshop Konvensi Hak Anak

Daerah

Pemkot Probolinggo Teken MoU Dengan Universitas Brawijaya Malang

Daerah

Kapolres Gresik Beri Penghargaan Anggota Berprestasi dan Ucapan Selamat Ulang Tahun

Daerah

Komisi I DPRD Gresik Menilai Tanah Negara Untuk Kepentingan Umum Tidak Ada Ganti Rugi

Daerah

Instruksikan Pelayanan Mudah dan Transparan

Daerah

Rapat Paripurna LXXXI (81) DPRD Prov Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan Penelitian Pansus Pansus

Daerah

Dua Wisatawan Rafting Tewas Tertimbun Longsor di Ayung