Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 15 Maret 2023 - 16:39 WIB

Pawai Ogoh-Ogoh Balun Masuk Kelender Event Pariwisata dan Kebudayaan Lamongan.

Lamongan,Sekilasmedia.com – Pemerintah Kabupaten Lamongan beberapa waktu lalu telah merilis kalender event pariwisata dan budaya di Kabupaten Lamongan selama 2023. Tercatat terdapat 39 event yang akan digelar mulai Maret hingga Desember mendatang.

Dari 39 evet tersebut, dekat-dekat ini akan digelar Haul  ke-513 Sunan Drajad pada 20 Maret di Kompleks Makam Sunan Drajad, Kecamatan Paciran. Peringatan tersebut akan di isi dengan berbagai kegiatan religi seperti istighosah, tahlil, serta sholawat akbar bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Asyegaf.

Masih di bulan yang sama, menjelang peringatan hari nyepi, tanggal 21 Maret akan digelarnya Pawai Ogoh-Ogoh Balun yang merupakan ritual keagamaan masyarakat Hindu di desa yang dijuluki Desa Pancasila.

Sementara, untuk menyemarakan bulan ramadhan yang tinggal menghitung hari, terdapat berbagai event yang dapat dikunjungi masyarakat diantaranya mulai dari Ramadhan Fashion Parade yang direncanakan akan di gelar pada 25 Maret 2023 di Alun-alun Lamongan, Meg Ramadhan Festival pada tanggal 07 – 09 April 2023 di Lamongan Sports Center, dan Gebyar Balik Kampung Lamongan.

Selain event-event tersebut masih terdapat berbagai kegiatan untuk menyemarakan pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Lamongan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lamongan Siti Rubikah mengatakan, kehadiran kalender event 2023 Kabupaten Lamongan  diharapkan mampu menjadi delegasi bagi para wisatawan lokal, wisnus (wisatawan nusantara), maupun wisman (wisatawan mancanegara) yang nantinya dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan pariwisata, budaya, ekonomi, dan hingga lainnya.

“Potensi wisata, seni budaya, ekonomi kabupaten Lamongan inikan banyak sekali, kita terus berupaya mengoptimalisasi dnegan begitu ini kita harapkan dengan dibentuknya kalender event yang kita luncurkan kemarin, minat wisatawan untuk datang ke Lamongan ini semakin meningkat, yang nantinya juga akan berseiring dengan ekonomi, dan lainnya,” tutur Rubikah saat di temui di Kantor Dinas Periwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan baru-baru ini.

Menurut Rubikah, dari 39 event yang dikemas melalui program Rama Shinta (pariwisata ramah dan terintegrasi), diprediksikan acara yang akan ramai di kunjungi yakni Haul ke-513 Sunan Drajad, Ogoh-Ogoh Balun yang sempat berhenti akibat pandemi, Meg Ramadhan Festival, Festival Kupatan Tanjung Kodok yang menjadi event pembuka dari kalender event Provinsi Jawa Timur, Festival Lamongan Tempo Doeloe, Pekan Budaya Lamongan sebagai peringaan Hari Jadi Lamongan (HJL), Lamongan Muharram Festival, Bengawan Jazz Festival, Sendangagung Batik Carrnival, Festival Dayung Prahu Tradisional, Festival Layang-Layang Naga, Word Tourism Day Festival. ( AR)

Share :

Baca Juga

Daerah

Danrem 082/CPYJ Beri Bantuan Keramik Ke Yayasan Tarbiyatul Islamiyah Tanwirul Qulub

Daerah

Kapolresta Mojokerto : “Kota Mojokerto Tidak Ada Kelangkaan Migor”
Tim Penilai Lomba Kesatuan Gerak PKK Tingkat Provinsi Lakukan Verifikasi di Probolinggo

Daerah

Tim Penilai Lomba Kesatuan Gerak PKK Tingkat Provinsi Lakukan Verifikasi di Probolinggo

Daerah

Hari ini Seluruh Ketua Distrik LSM GMBI se Jatim lakukan Koordinasi di Mojokerto, ada apa?

Daerah

Kalau Ada ASN Menghacker (meretas sistem) presensi elektronik / Siperlu Akan Di Tindak Tegas,”

Daerah

Kapolsek Tanggulangin Peduli Warga Terdampak Musibah Angin Puting Beliung

Daerah

Bersama 38 Kepala Daerah, Bupati Ikfina Serahkan LKPD Unaudited Tahun 2022 Ke BPK Jatim

Daerah

Peringati HKN ke 57, Kabid Dokkes Polda Jatim Dapat Penghargaan