Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 17 Maret 2023 - 06:36 WIB

Aplikasikan Metode Merdeka Belajar, Demi Kualitas Pendidikan Yang Baik

Pasuruan – Sekilasmedia.com, Untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Pasuruan, Wakil Bupati Mujib Imron meminta kepada seluruh Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk menerapkan metode yang cocok dengan kondisi dan lingkungan anak saat belajar. Muaranya tidak lain demi tercapainya pendidikan bagi anak usia dini yang lebih berkualitas. Kamis (16/03/2023)

Dalam penerapannya di lapangan, sistem penyelenggaraan pendidikan yang tepat diaplikasikan harus berbasis kurikulum merdeka belajar. Dengan demikian, anak dapat mengeksplorasi sekaligus mengaktualisasi potensi diri dengan baik.

“Kalau di dalam PAUD memang ada spesifikasi, bagaimana menjalankan metode pembelajaran yang efektif dan kreatif. Karena itu, Bunda PAUD harus sabar dan telaten. Juga selalu ikhlas dalam mendidik siswa-siswinya. Anda menanam satu nilai, maka anak tidak akan melupakan gurunya,” pesan Gus Mujib Imron selaku Wakil Bupati Kabupaten Pasuruan.

Disampaikan dalam agenda Seminar Kurikulum Merdeka Berbasis Fitrah yang berlangsung selama dua hari (13-14 Maret 2023) di Aula UPT Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Pasuruan, Pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Al Yasini tersebut menekankan tentang pentingnya implementasi metode pembelajaran yang efektif bagi anak-anak. Semuanya sudah seyogyanya didasari dengan ketelatenan dan kecakapan berinteraksi dengan anak didik dari tenaga pengajar di seluruh sekolah PAUD yang tersebar di Kabupaten Pasuruan.

Dalam acara bertema “Serentak Bergerak Bersama Menuju Kurikulum Merdeka” yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan, Hasbullah dan Kepala Perangkat Kepala Daerah terkait tersebut, Gus Mujib sapaannya juga menjabarkan seputar penerapan konsep pendidikan fitrah. Tujuannya untuk menanamkan nilai-nilai moral dan kebaikan kepada anak didik.

“Dari segi agama Islam yang diketahui, pendidikan fitrah bertujuan untuk memberikan pengajaran yang baik. Termasuk menghilangkan tindakan, tingkah laku dan sifat yang kurang baik. Sehingga manusia bisa diibaratkan sebagai kertas yang putih tanpa garis dan noda,” tandas Wakil Bupati.

Lebih lanjut, Gus Mujib mengutarakan, adalah  sebuah kewajiban bagi seorang pendidik dalam menanamkan nilai-nilai kebaikan pada setiap anak didiknya sejak usia dini. Harapannya, sudah barang tentu akan menciptakan individu berakhlak, berkarakter dan berkepribadian terpuji.

Hal itu juga yang melatarbelakangi Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan sebuah buku panduan  metode pembelajaran bagi anak usia dini. Sebagai pijakan bagi Bunda PAUD untuk menerapkan sistem pendidikan berbasis kurikulum merdeka.

“Kami mohon, Bunda PAUD semuanya harus cakap dan cerdas dalam menggunakan perangkat metode pembelajaran apa yang cocok dengan kondisi di sekitar Anda. Itu yang dinamakan dengan merdeka belajar. Maka dari itu, kami me-launching buku panduan sebagai sarana pembelajaran berbasis fitrah. Peruntukannya sebagai acuan penerapan pembelajaran PAUD di Kabupaten Pasuruan,” jelasnya.

Hasbullah S.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan, turut menyambut baik apa yang direncanakan oleh Gus Mujib.

“Kami sangat setuju dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Wakil Bupati, menurut kami juga sangat penting untuk menanamkan dan mengajarkan adab dan prilaku yang baik sejak usia dini, agar kelak mereka menjadi pribadi yang baik”, tutupnya. (hn/iL)

Share :

Baca Juga

Daerah

Nyaris Roboh! Rumah Janda Kedungsumber Akhirnya Direnovasi Yayasan Nurul Hayat

Daerah

Pimpin Apel Jam Pimpinan, Kapolresta Mojokerto Tegaskan Beberapa Penekanan
Kekompakan Warga Triwung Kidul Dalam Pembangunan Sarana Ibadah Secara Swadaya

Daerah

Kekompakan Warga Triwung Kidul Dalam Pembangunan Sarana Ibadah Secara Swadaya

Daerah

Pemkot Mojokerto Mulai PTM Tingkat Paud-TK, Pertama di Jatim

Daerah

FMBR Gelar Aksi Demo di Polres Blitar Kota dan Polres Blitar
Bupati Barut Hadari Musda MUI Kota Palangka Raya

Daerah

Bupati Barut Hadari Musda MUI Kota Palangka Raya

Daerah

Anggota Polsubsektor Ngasem Polres Kediri Patroli Saur Bareng Masyarakat

Daerah

Viral Penolakan Acara Wisuda Siswa, Wakil Bupati Blitar desak Dinas Pendidikan untuk Evaluasi