Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 17 Maret 2023 - 10:32 WIB

Soal Demosi Pejabat Eselon II, Ternyata Pemkot Mojokerto Mengaku Sudah Kantongi Restu KASN

Sekda kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo

Mojokerto,Sekilasmedia.com -Pemerintah Kota Mojokerto mulai angkat bicara terkait polemik
mutasi 63 pejabat Pemkot Mojokerto yang dilantik pada 31 Januari 2023 lalu.

Salah satunya terkait pergeseran jabatan Sumaljo yang baru satu tahun menjabat Kepala BPKPD menjadi Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan.

Pasalnya, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menuding kebijakan mutasi tersebut menabrak Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun Tahun 2002 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 98 Tahun 2000 Tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo saat dikonfirmasi mengatakan bahwa mutasi tersebut sudah melalui mekanisme dan prosedur yang telah ditentukan dalam regulasi yang ada.

“Semua proses telah mengikuti tahapan yang diamanatkan dalam aturan. Saya kira jika ada mekanisme yang tidak sesuai maka tentu KASN tidak akan memberikan izin untuk dilakukan proses job fit,” ujarnya, Jumat (12/3).

Gaguk menandaskan, pelaksanaan job fit yang dilakukan oleh tim panitia seleksi (pansel) yang terdiri dari berbagai unsur, baik akademisi maupun dari Pemerintah Pro
vinsi Jawa Timur tidak akan bisa dilaksanakan oleh Pemkot Mojokerto jika tidak mendapat restu dari KASN.

“Bahkan saat sebelum dilakukan pelantikan pada jabatan baru untuk JPT Pratama juga sudah minta izin KASN untuk melakukan pelantikan. Dan izin tersebut juga sudah diberikan oleh KASN untuk bisa melantik,” tukasnya.

Pelantikan tersebut, lanjut Gaguk juga termasuk untuk pergeseran jabatan Sumaljo dari Kepala BPKPD menjadi Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan.

“Pada dasarnya proses mutasi untuk JPT harus mengantongi izin dari KASN terlebih dahulu, tanpa izin tidak mungkin bisa melaksanakan mutasi. Sementara KASN tidak akan memberikan izin jika ada mekanisme yang tidak sesuai dengan aturan yang ada. Jadi saya kira semua prosedur sudah dilakukan sesuai dengan mekanisme yang ada,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kota Mojokerto, M. Imron membenarkan jika pelaksanaan uji kompetensi dalam rangka mutasi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kepala Perangkat Daerah sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang ada.

“Pengajuan izin penyelenggaraan uji kompetensi ke KASN sudah mendapatkan rekomendasi dari KASN dengan menerbitkan surat rekomendasi Nomor : B-3470/JP.00.01/10/2022 tanggal 6 Oktober 2022 Hal Rekomendasi Rencana Uji Kompetensi PPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto,” tegasnya.

Ia menyebut, setelah mendapatkan rekomendasi dari KASN, pelaksanaan uji kompetensi baru bisa dilaksanakan oleh Pansel yang terdiri dari beberapa pihak eksternal dari Provinsi Jawa Timur dan Akademisi.

“Hasil pelaksanaan uji kompetensi kemudian dilaporkan oleh Panitia Seleksi kepada Pejabat Pembina Kepegawaian yang kemudian ditindaklanjuti dengan melaporkan hasil pelaksanaan sekaligus memohon rekomendasi pelantikan Pejabat kepada KASN. Surat rekomendasi tersebut kemudian diterbitkan oleh KASN dengan surat Nomor : B-4373/JP.00.01/12/2022 tanggal 14 Desember 2022,” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Tim KASN yang dipimpin Asisten KASN Pengawasan Bidang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah 1, Jhon Feriyanto melakukan audiensi dengan Komisi I DPRD Kota Mojokerto di Gedung Dewan, Rabu (15/3/2023). Tujuannya untuk menggali fakta di balik kebijakan mutasi terhadap 63 ASN Pemkot Mojokerto di akhir Januari 2023 lalu.

“Kami masih mencari fakta-fakta, termasuk data dan dokumen terkait kebijakan mutasi ini. Jadi belum bisa menyimpulkan hasilnya,” kata Jhon ketika dikonfirmasi wartawan, Rabu (15/3/2023).(wo)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kapolres Mojokerto Mengikuti Deklarasi Damai Pemilu 2019 Di Polda Jatim

Daerah

FKBN (Forum Kader Bela Negara) Korda Lamongan Bertekad Akan Cetak 1000 Kader Baru Bela Negara

Daerah

Jelang Idul Adha 1445 H, Pj Walikota Probolinggo Cek Kondisi Hewan Qurban

Daerah

Percepatan Herd Immunity, Pemkab Mojokerto Genjot Vaksinasi Hingga 70 Persen

Daerah

Dewanti Ajak Masyarakat Peduli Batik Nusantara

Daerah

Pandemi Covid-19, Peringati HKN ke-56 dengan Gowes dan Senam Sehat Bersama

Daerah

Dongkrak Persentase Vaksinasi, Kapolda Jatim Bersama Forkopimda Mojokerto Cek Vaksinasi Massal Serentak

Daerah

Blakra’an Moker, Personel Kodim 0815/Mojokerto Jelajahi Wilayah Kota