Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / TENTARAKU

Jumat, 7 April 2023 - 16:33 WIB

Antisipasi Penyakit PMK, Babinsa Koramil 19/Megaluh Cek Kesehatan Hewan Ternak Milik Warga Binaan

Jombang,Sekilasmedia.com- Berbagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terus dilakukan oleh Babinsa jajaran Kodim 0814/Jombang. Adalah Serda Moh Zanuar Ristianto, Babinsa Desa Sumbersari Koramil 19/Megaluh ini aktif melaksanakan pemeriksaan kesehatan ternak sapi milik warga di Desa Sumbersari, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jumat (07/04/2023).

 

Dalam kesempatan tersebut Serda Moh Zanuar Ristianto mengatakan, bahwa kegiatan yang Ia laksanakan tersebut sebagai langkah pengawasan dan pencegahan terhadap wabah PMK di wilayah binaanya.

 

“Untuk mencegah terjadinya penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak milik warga, secara berkala kami melakukan pengecekan secara langsung,” ujarnya.

 

Dari hasil pengawasan dan pengecekan langsung yang Ia lakukan, semua hewan ternak sapi di wilayah binaanya dalam kondisi sehat dan tidak ditemukan adanya ternak dengan gejala PMK.

 

“Alhamdulillah, semua hewan ternak sapi kondisinya sehat. Namun demikian, kami tetap berharap agar peternak tetap menjaga kebersihan hewan ternak serta kebersihan kandang, hal ini sebagai salah satu upaya pencegahan agar terhindar dari PMK,” ungkap Serda Moh Zanuar Ristianto.

 

Dirinya juga berharap kepada seluruh warga untuk tidak takut melaporkan kepada Tiga Pilar Desa atau Mantri Kesehatan Hewan, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan serta luka pada kuku. Sehingga bila ada ternak yang terkait PMK, akan segara mendapatkan penanganan.

Share :

Baca Juga

TENTARAKU

Membangun Keharmonisan Degan Rakyat, Babinsa Koramil 03/Tembelang Bantu Warga Bagun Rumah

TENTARAKU

Bangga terhadap Ibu-ibu Ikut KB Gratis TMMD ke 111 Tapsel

TENTARAKU

Dengan Semangat Yang Tinggi, Satgas TMMD 116 Aduk Bahan Pengecoran Rumah Warga

TENTARAKU

Babinsa 0814/04 Gudo Dampinggi Vaksinasi Tahap 2 Di SDN Blimbing

TENTARAKU

Bentuk Kepedulian Kesehatan Balita Babinsa Koramil 0814/09 Kudu Dampingi Kegiatan Posyandu

TENTARAKU

Cek Stamina dan Soliditas, Pra- TMMD Ke- 110 Kodim Bojonegoro Rutin Gelar Apel Pagi

TENTARAKU

Babinsa Grogol Koramil 02 Diwek Hadiri Kegiatan Tuntaskan Program Penurunan Stunting Berbasis Kolaborasi di Desa Binaan

TENTARAKU

Satgas TMMD Bojonegoro Bantu Pengrajin Pasarkan Sangkar Burung