Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Senin, 15 Mei 2023 - 14:09 WIB

Ikfina Fahmawati Hadiri Seminar Peringati HUT RSUD Prof.dr ke-23 Tahun

Mojokerto,Sekilasmedia.com-Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menghadiri secara langsung kegiatan seminar kesehatan dalam rangka peringatan HUT ke-23 RSUD Prof.dr. Soekandar yang bertempat di Aston Mojokerto Hotel & Conference Center, Sabtu (13/5) pagi. Pada momen itu, Bupati Ikfina juga memaparkan materi terkait peningkatan pelayanan kesehatan di Bumi Majapahit.

 

Kegiatan seminar kesehatan yang bertajuk ‘Varices and Urolithiasis Detection In Daily Practice’ ini, juga dirangkai beberapa kegiatan mulai dari halal bihalal hari raya idul Fitri 1444 Hijriah, pertunjukan tarian, tiup lilin, hingga pemotongan kue tart yang diserahkan langsung oleh Direktur RSUD Prof dr Soekandar, dr Djalu Naskutub kepada Bupati Ikfina.

 

Dalam arahannya, Bupati Ikfina berharap, di momen ini, untuk mewujudkan Kabupaten Mojokerto yang maju, adil, dan makmur, maka sangat diperlukan penguatan infrastruktur di segala bidang dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

 

“Pada peningkatan kualitas sumber daya manusia ada dua indikator utama, yang pertama terkait dengan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang kedua adalah terkait dengan Indeks Kesalehan Sosial (IKS). Maka, bagaimana pemerintahan bisa berjalan dengan baik itu dinilai dari capaian indikator kinerja yang mencapai target,” bebernya.

 

Selain itu, terkait IPM Bupati Ikfina mengatakan, terdapat tiga komponen pendukung IPM, yakni Indeks kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Lanjut Ikfina, Pada indeks kesehatan, Angka Harapan Hidup (AHH) menjadi faktor pendukung dalam peningkatan IPM.

 

“di Kabupaten Mojokerto mulai tahun 2018 terus naik, terakhir angka IPM kita di tahun 2022 diangka 74,89 dengan indikator angka harapan hidupnya adalah 72,93 tahun, jadi rata-rata masyarakat Kabupaten Mojokerto meninggalnya pada usia 72 hingga 73 tahun. Kedepannya berbagai program-program di bidang kesehatan yang akan dilaksanakan nanti tujuannya adalah bagaimana caranya supaya angka harapan hidup semakin tahun semakin meningkat,” ujarnya.

 

Bupati Ikfina juga menilai, untuk mengupayakan AHH semakin meningkat, maka sangat diperlukan upaya untuk pencegahan penyakit terhadap para lansia yang ada di bumi Majapahit.

 

“Kita jalankan bersama-sama saling support antara puskesmas, klinik dengan rumah sakit yang ada di Kabupaten Mojokerto, bagaimana kita bersama-sama melaksanakan pelayanan kesehatan dengan berbagai program kesehatan dengan mengedepankan promotif dan edukatif,” ujarnya.

 

Orang nomor satu dilingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga menjelaskan, terdapat beberapa tantangan kesehatan global yang dihadapi saat ini, seperti, perubahan iklim dan cuaca ekstrem, perbaikan layanan kesehatan yang didasari dengan penilaian WHO adanya perbedaan layanan kesehatan yang mencolok diantara negara bahkan di tingkat kota.

 

“Selain itu, menghentikan penyakit menular, memanfaatkan teknologi, dan raih kepercayaan publik, karena beberapa informasi kesehatan yang menyesatkan di media sosial terus tumbuh subur, maka WHO mendorong agar para penyedia layanan kesehatan melawan dengan merebut kepercayaan publik,” bebernya.

 

Maka, upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dalam menyongsong tantangan kesehatan global, Bupati Ikfina menilai, perlu peran serta dan pelibatan semua pihak. Selain itu, kesehatan yang didalamnya terdapat pelayanan kesehatan yang promotif dan rehabilitatif merupakan salah satu pilar penyangga ketahanan nasional.

 

“Serta regulasi yang dirasa menghambat pengembangan pelayanan perlu ditinjau ulang dan terima kasih RSUD Prof.dr. Soekandar bersama Pemkab Mojokerto dan semuanya terus maju berkembang siap menyongsong tantangan kesehatan global,” bebernya.

 

Diakhir sambutannya Bupati Ikfina juga berharap RSUD Prof.dr. Soekandar terus berbenah dan terus berkembang, agar RSUD Prof.dr. Soekandar menjadi rumah sakit harapan seluruh masyarakat Kabupaten Mojokerto.

 

“Karena RSUD Prof.dr. Soekandar menjadi satu-satunya rumah sakit tipe B yang ada di Kabupaten Mojokerto, maka ini nanti bisa menyelesaikan berbagai masalah, supaya tidak semua nanti larinya ke Surabaya tetapi ke Kabupaten Mojokerto. Sekali lagi saya mengucapkan selamat hari ulang tahun yang ke-23 untuk RSUD Prof.dr. Soekandar Kabupaten Mojokerto mudah-mudahan betul-betul bisa mewujudkan pelayanan yang hebat, pembangunan pesat, dan masyarakat sehat,” pungkasnya.

 

Diketahui pada pelaksanaan seminar kesehatan ini, turut mengundang dua narasumber yakni dr. Irien Herawati dan dr. Ardhito Rachman dan diikuti sedikitnya 75 peserta dari 7 Rumah Sakit sekitar Mojosari, 5 Klinik, dan 27 Puskesmas se-Kabupaten Mojokerto. Selain itu turut hadir pula Kepala Dinas Kesehatan dr. Ulum Rokhmat Rokhmawan.

Share :

Baca Juga

Dinkes Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas Petugas

Daerah

Dinkes Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas Petugas
Bakesbangpol Kota Probolinggo Gelar Sosialisasi Ke Pelajar SMP

Daerah

Bakesbangpol Kota Probolinggo Gelar Sosialisasi Ke Pelajar SMP

Daerah

Perumda Delta Tirta mendukung atlet berprestasi Sidoarjo dg memberi bonus berupa CSR

Daerah

Kapolda Sumsel Irjen Pol A.Rachmad Wibowo SIK Terima Kunjungan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara wilayah Sumsel

Daerah

Bupati Sidoarjo, Menghadapi Tantangan Abad Ke-2, Warga Nahdliyyin Harus Lebih Ikhlas Berkhidmah Untuk NU dan NKRI

Daerah

Gubernur Jawa Timur, Ajak Seluruh Pondok Pesantren Dukung Program OPOP

Daerah

Bupati Ikfina Serahkan Bansos Insentif Guru TPQ

Daerah

Wabup Asahan dan Forkopimda Tinjau Karya Bakti dan Baksos Lanal Tb/AS Menyambut HUT TNI ke 77 tahun 2022