Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 17 Mei 2023 - 15:02 WIB

Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Perangkatnya Se-Kecamatan Pacet, Dibuka Bupati Mojokerto

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat memberikan sambutan

Mojokerto, Sekilasmedia.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fatmawati secara resmi membuka pelatihan peningkatan kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa se- Kecamatan Pacet untuk tahun anggaran 2023, Rabu ( 17/5/2023).

Pelatihan yang diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari Kepala Desa (Kades) serta jajarannya yang meliputi Bendahara Desa dan Sekretaris Desa dilaksanakan di meeting room Hotel Arayana Hotel dan Resort, Trawas, Mojokerto.

Dalam kesempatan ini, turut hadir Camat Pacet beserta jajarannya, Inspektorat kabupaten Mojokerto dan beberapa OPD dari pemerintahan kabupaten Mojokerto.

Bupati Mojokerto Ikfina Fatmawati dalam sambutannya memaparkan beberapa poin yang harus dilakukan oleh para Kepala Desa untuk dapat meningkatkan kapasitasnya dalam melayani masyarakat.

“Kita harus mengawasi pengunaan keuangan Desa karena diawasi oleh Inspektorat, harus lebih teliti dan berhati hati dalam pengunaannya”terang Ikfina.

Lebih lanjut bupati Ikfina juga meminta agar semua pelaksanaan pembangunan berfokus yang lebih prioritas karena terkendala masalah anggaran yang disediakan.

“pembangunan harus dengan Skala Prioritas” ungkap Ikfina.

Selanjutnya, Bupati Mojokerto juga menekankan tentang penuntasan kemiskinan dan pihak Desa harus dapat memetakan data kemiskinan yang ada di Desanya .

“Selain itu Kita juga harus berfokus pada masalah stunting (masalah gizi) terutama kepada balita dan ibu hamil” imbuhnya.

Lebih lanjut bupati Mojokerto juga menyinggung soal pengunaan produk dalam negeri sesuai dengan amanat presiden. “semua anggaran negara harus mengunakan barang dalam n
Negeri” jelasnya.

Untuk diketahui, dalam kesempatan kegiatan kali ini juga banyak pemaparan yang diberikan selama pelatihan berlangsung, seperti investasi dan pengamanan aset desa untuk mencegah kehilangan aset Desa oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Tolong aset-aset desa ditertibkan tentang administrasi nya jika nanti ada mekanisme laporan atau semacamnya kepala Desa sudah siap” tutup Ikfina Fatmawati. ( Erik/Adv)

Share :

Baca Juga

Daerah

Polda Jatim Kembali Pasang Police Line Warkop Bandel, Dilakukan Penindakan Hukum

Daerah

Kodim Bojonegoro Kembali Salurkan Bantuan Beras Untuk Masyarakat Kurang Mampu

Daerah

Kapolri Memberi Penghargaan Polwan Polda Jatim yang Meraih Juara 2 Lomba Video Kreatif Suara Hati Anak Polwan

Daerah

Atasi Kekurangan Air, Polresta Mojokerto Salurkan Air Bersih di Pedesaan

Daerah

Sukses Tangani 70℅ Sampah, TPST Samtaku Dilirik Green Team Amerika Serikat

Daerah

Bupati Sambari Halim Radianto Resmikan RS Eka Husada Gresik

Daerah

Sambut Idulfitri 1445 H, PJ Wali Kota Kediri Silaturahmi Ke Kediaman Para Ulama  

Daerah

Mobil Polisi Bantu Antar Balita Tanpa Anus Kontrol ke RSAL