Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 26 Mei 2023 - 16:03 WIB

Kejurprov Invitasi Bola Voli U-16 Resmi Digelar di Kota Probolinggo

Probolinggo,Sekilasmedia.com
Kota Probolinggo mendapat kehormatan menjadi lokasi penyelenggaraan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Invitasi Bola Voli Antar Klub U-16 se Jawa Timur, yang dibuka Dandim 0820/Probolinggo Letkol ARM Heri Budiasto, di GOR Mastrip, hari ini (26/5).

Kejuaraan ini sendiri, dihelat mulai kemarin sampai Minggu (25-28/5) mendatang, dengan diikuti masing-masing 21 tim putri dan tim putra. Rinciannya, untuk tim putri terdiri dari 6 klub asal Kota Probolinggo dan 15 klub luar kota. Lalu, 9 klub Kota Probolinggo dan 12 klub luar kota, untuk tim putra.

Memanfaatkan fasilitas gedung olahraga yang ada di kawasan selatan kota, event yang berlangsung setiap mulai jam 8 pagi itu, menggunakan dua lapangan yang ada setiap pertandingannya. Kemudian pada babak semi final dan final menggunakan satu lapangan saja.

Sesuai sifatnya di tingkat provinsi, maka klub-klub peserta kejuaraan yang bertanding kali ini juga datang dari sejumlah kota/kabupaten di Jawa Timur. Seperti Trenggalek, Blitar, Kediri, Bojonegoro, Ngawi, Jombang, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo.

Dandim Heri menyampaikan bahwa sudah sepatutnya event-event seperti ini mendapat perhatian dari pemerintah. Ia berkeinginan, selama menjabat, Kota Probolinggo akan semakin terpandang melalui keikutsertaannya di ajang olah raga level nasional bahkan internasional.

“Kita dukung hal-hal (positif) semacam ini. Ajang ini ada, untuk menyaring atlet-atlet nasional dan sekaligus merupakan event rekomendasi bagi para pemain dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ini salah satu bentuk kepedulian dari pemerintah daerah dan Forkopimda pastinya, untuk ikut berkonsentrasi memberikan motivasi pada anak-anak muda. Silahkan berprestasi, jadikanlah event ini untuk bisa berkontribusi membangun negeri,” serunya.

BACA JUGA :   Pemberian Reward Kepada Desa Berprestasi Diberikan Setelah Pilkada

Sementara itu, menurut Ketua Pelaksana Harian Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Probolinggo Agus Efendi, kejuaraan ini adalah program kerja KONI Kota Probolinggo yang sengaja digelar untuk mencari dan menggali bibit atlet-atlet voli untuk berlaga di event setingkat Jawa Timur maupun nasional dengan mengikuti peraturan pertandingan PBVSI rekomendasi Pengurus PBVSI Provinsi Jatim yang berlaku. Karenanya acara ini sengaja digelar untuk kelompok umur 16 tahun.

“Sehingga ke depan, atlet-atlet bola voli menjadi atlet yang hebat dan handal yang bisa memperkuat Jawa Timur dan Nasional. Selain itu juga sebagai ajang pembinaan klub, di mana yang kami undang (di event kali ini) hanya klub-klub pembinaan resmi. Jadi klub-klub yang hadir ini tidak boleh menggunakan pemain dari klub lain,” tegasnya.

Pada kesempatan itu pula, tambahnya, dalam rangka pembinaan PBVSI ke depan diharapkan klub-klub pembinaan di daerah akan lebih maju lagi.

Adapun sebagai reward yang disiapkan bagi para pemenang, lanjutnya, di antaranya trophy Wali Kota Cup, piagam penghargaan, medali, pemain terbaik putra dan putri. Serta uang pembinaan senilai total jutaan rupiah.

BACA JUGA :   Senin Depan, Driyorejo dan Wringinanom  Akan Menerima Serbuan Vaksin

“Kami selaku panitia penyelenggara mengucapkan banyak terimakasih utamanya pada Dandim 0820 beserta Forkopimda selaku pelindung KONI juga PBVSI Kota Probolinggo dan semua pihak yang nggak bisa saya sebut satu per satu, atas bantuan terselenggaranya acara ini,” tutupnya.

Lebih lanjut, ia berharap agar acara ini bisa menggairahkan pembinaan pemain muda. Pasalnya, dengan adanya wadah kompetisi klub-klub kian termotivasi dalam membina pemain-pemain muda.

Ujungnya, saya berharap bola voli Indonesia bisa lebih maju di tahun-tahun mendatang, harapnya.

Adanya kejuaraan ini pun mendapat tanggapan positif dari Pengprov PBVSI Jawa Timur Budiono. Menurutnya, kejuaraan invitasi klub U-16 adalah suatu upaya bagus yang digagas Pemkot melalui KONI Kota Probolinggo.

“Kami berharap event-event seperti ini bisa berlanjut di tahun-tahun berikutnya dan sekaligus ini menjadi tonggak titik balik kebangkitan bola voli Jawa Timur. Apalagi Kota Probolinggo juga dulu merupakan salah satu dari segitiga emasnya bola voli Jawa Timur, dengan kolaborasi apik dari MARS Kota Probolinggo, Samator Surabaya dan Indomaret Sidoarjo. Bahkan ada satu pelatih PON Kategori Putri dari Kota Probolinggo yang sudah go internasional, yaitu mas Niko Dwi Purwanto,” bangganya. Suyitno

Share :

Baca Juga

Daerah

Tim Saber  Pungli Sidoarjo Fokus Pada Pencegahan Pungli

Daerah

Kapolres Probolinggo Kota Cek Dan Resmikan Palang Pintu Perlintasan Rel KA Swadaya Masyarakat Di Desa Banjarsari

Daerah

Pembekalan Dan Pemantapan Anggota Linmas Desa Curungrejo

Daerah

Sosialisasi 4 Pilar, Dewi Aryani Ingatkan Gotong Royong Hadapi Pandemi Covid-19

Daerah

Layanan Samling MalamTetap Jadi Pilihan Warga Kota Probolinggo

Daerah

Politisi Nasdem Ajak Masyarakat Apresiasi Kreatifitas Anak Muda

Daerah

Hadiri Haul Akbar Gresik, Bupati Yani Ajak Jamaah Ikuti Suri Teladan Para Kyai Dan Ulama Pendahulu

Daerah

Ditengah Pandemi Covid 19, Satlantas Polres Probolinggo Dispensasi Perpanjangan SIM