Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 23 Juni 2023 - 19:14 WIB

Wali Kota Habib Hadi Audiensi Bersama Ulama, Jalin Silaturahmi Perkuat NKRI

Probolinggo,sekilasmedia.com-Usai Gowes dalam rangkaian Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia, Jum’at (23/6) pagi, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin menerima Audiensi para Ulama Bersama Umaro’ di Rumah Dinas (rumdin) Wali Kota Probolinggo.

Turut hadir dalam giat yang dimulai sekira pukul 8 pagi itu, Sekda Kota drg. Ninik Ira Wibawati, Kapolresta Probolinggo Wadi Sa’bani, Ketua MUI Kota Probolinggo KH. Nizar Irsyad, perwakilan Dandim 0820 Probolinggo dan Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo. Selain itu hadir juga para asisten, staf ahli, kepala perangkat daerah (PD), camat dan lurah di lingkungan Pemkot Probolinggo, yang dikumpulkan di halaman belakang Rumdin sebanyak 191 orang.

Dalam audiensi, Wali Kota Probolinggo menyampaikan dirinya mengajak tokoh utama hadir karena berupaya selalu menjalin tali silaturrahim dengan para alim ulama dan umaro se Kota Probolinggo. Selain itu, juga untuk menyamakan persepsi dan pemikiran antara pemerintah dengan alim ulama. “Mustahil suatu harapan bisa terwujud sempurna tanpa adanya kebersamaan. Penyampaian saran, kritik, masukan, keluh dan kesah (sangat penting dilakukan), sehingga pemerintah bisa memahami dan (sekaligus) pemerintah bisa memberikan masukan tentang regulasi dan aturan yang ada,” katanya.

Diskusi positif ini kuga bertujuan untuk sinkronisasi program-program dan kegiatan di Kota Probolinggo. Serta mengimplementasikan program PD terkait kegiatan untuk mendukung tercapainya visi dan misi kepala daerah.

“Inti dari kegiatan ini, saya meminta pada tokoh-tokoh agama untuk bisa menjadi garda terdepan dalam membentengi kerukunan dan ketentraman di lingkungannya masing-masing,” tegasnya.

Merangkul seluruh organisasi Islam yang ada di Kota Probolinggo, Habib Hadi berharap ulama menjadi mediator ketika terjadi kesalahpahaman maupun perbedaan pandangan, serta memberi solusi atas perbedaan pandangan yang ada.

Sementara itu, Kapolresta Wadi Sa’bani mengingatkan dewasa ini media-media ramai memperbincangkan isu intoleran yang terjadi di dunia. Seperti diketahui bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia memeluk agama Islam dan sisanya memeluk agama yang lain seperti Protestan, Khatolik, Hindu, Budha, Kong Hu Chu, dan lain-lain.

Sehubungan dengan hal tersebut, tambahnya, banyak peristiwa yang terjadi akibat perbedaan agama tersebut, di antara peristiwa tersebut adalah sikap intoleran antar umat beragama. “Saya mohon para kiai dan alim ulama Kota Probolinggo, masuk ke dalam golongan cooling system umat. Dalam hal bahaya intoleran yang digaungkan oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab untuk memecah belah persatuan kesatuan NKRI. Para tokoh agama diharapkan bisa meng-counter ini,” terangnya.

Audiensi yang berlangsung penuh keakraban itu juga membahas beberapa hal yang dianggap penting. Diantaranya terkait kesehatan, keamanan, kebersihan, drainase, teknologi dan pendidikan keagamaan.

Ratusan tokoh agama terdiri dari kiai dan bu nyai itu, pada kesempatan tersebut masing-masing juga diberikan formulir kritik/ saran/ masukan terkait bidang keagamaan yang harus diisi sebelum meninggalkan rumdin. Hal itu dianggap perlu, karena durasi kegiatan yang terbentur pada waktu dan hari yang terbatas.
Suyitno

Share :

Baca Juga

Daerah

Di Gresik, PSHT Bersama IKSPI Selesaikan Konflik Dengan Ngopi Bareng

Daerah

Bidik Olahraga Prestasi, Pelajar Menjadi Target PELTI

Daerah

Bupati Gresik Minta KPU  Dan Perwakilan Parpol Tertibkan APK

Daerah

Bupati Blitar Peletakan Batu Pertama Pambangunan Gedung ICU di RSUD Ngudi Waluyo 

Daerah

Anggota KPPS Kota Mojokerto Dilantik, Pj. Wali Kota: Kawal Pemilu Sepenuh Hati

Daerah

Kurangi Kemacetan, Gubernur Khofifah Resmikan Peluncuran Bus TransJatim Koridor II Mojokerto-Surabaya

Daerah

Bupati Ikfina Ikuti Forum Koordinasi Pelayanan Publik dan Launching KIPP

Daerah

Bupati Gresik Dan Wabup Resmikan  Klinik Pratama  Muslimat  NU Di Bungah