Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 11 Agustus 2023 - 21:16 WIB

Hadiri Sedekah Bumi, Wabup Gresik Ajak Warga Rawat Tradisi

Gresik, Sekilasmedia.com – Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah mengajak masyarakat untuk terus merawat tradisi dan kebudayaan, termasuk di antaranya sedekah bumi.

Hal itu disampaikan Bu Min sapaan akrab Wabup saat menghadiri Haul dan Sedekah Bumi Mbah Sayyid Makhdum (Mbah Buyut Kemedum) Mbah Sayyid Khusaini, Mbah Maskumambang, Mbah Umar Khottob, Mbah Ngabar dan Kirim Doa Para Sesepuh Desa Bedanten Bungah.

Mengusung tema “Menguatkan Kearifan Lokal dan Meneladani Kiprah Leluhur sebagai Bekal Generasi Penerus di Era Globalisasi”. Kegiatan digelar di area makam Mbah Kemedum Desa Bedanten Kecamatan Bungah, Jum’at (11/8/2023).

“Ini salah satu cara menghormati pendahulu kita sebagai penyebar Islam masa lalu. Mari kita jaga tradisi dan budaya serta adat ini di tengah perkembangan zaman,” kata Bu Min.

Menurut Wabup, sepanjang tepian sungai Bengawan Solo yang melintasi Gresik banyak tokoh penerus penyebar Islam, ada Kyai Gede Desa Bungah. Juga ada Mbah Sayyid Khusaini dan Mbah Kemedum di Desa Bedanten.

“Sungai bengawan solo dulu sebagai jalur transportasi penyebaran Islam sekaligus jalur perdagangan,” imbuhnya.

Menurut cerita, lanjut Wabup, berdasarkan beberapa cerita sejarah yang sudah turun temurun. Desa Bedanten pada zaman era kerajaan Hayam Wuruk sekitar abad 13, terdapat sebuah dermaga bernama Padanten, sebagian menyebutnya Madanten.

“Tradisi ini harus terus dilestarikan oleh masyarakat secara turun temurun agar tidak tergerus arus perkembangan zaman. Sehingga kehidupan yang guyub rukun dan menghormati warisan leluhur tetap terjaga,” tuturnya.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, sedekah bumi juga merupakan ungkapan rasa syukur, sekaligus bentuk rasa kebersamaan kepada sesama. Sekaligus sebagai ajang silaturahim antar warga.

“Selain sebagai rasa syukur kepada sang pencipta. Sedekah bumi ini juga sebagai wujud pelestarian budaya yang sudah dilakukan turun-temurun,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Bedanten Abdul Majid mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Gresik yang sudah menyempatkan waktunya untuk menghadiri acara tersebut di tengah kesibukannya.

Menurut dirinya, sedekah bumi adalah budaya masyarakat yang sudah dilakukan sejak lama dan menimbulkan efek positif. Dalam kegiatan ini, warga dapat bertemu dan bersilaturahmi, serta menciptakan kerukunan masyarakat.

“Tugas kita mewariskan adat istiadat dan budaya baik ini kepada generasi muda, yakni generasi milenial di era globalisasi saat ini agar paham sejarah,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Anggota DPRD Gresik H. Mahmud dan H. Sholihuddin, Forkopimcam Bungah, pelestari makam tua Desa Bedanten Lestari Widodo juga menghadirkan penceramah KH Abdul Rohim asal Desa Campurejo Kecamatan Panceng.(rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

PB HMI Dorong POLRI Tangkap Biang Rusuh Di Tanah Air.!

Daerah

Penutupan Festival Seni Nasyid/Qasidah Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2023

Daerah

Dengarkan Keluhan Masyarakat, Polres Pasuruan Gelar Jum’at Curhat Dan Bakti Sosial

Daerah

Polres Blitar Kota Mengungkap 69 Kasus Pada Operasi Pekat 2023

Daerah

“Seni Gamelan SDN Glagaarum Siap Tampil Di Ajang Bergengsi”

Daerah

Wabup Buka Diklatsar Satpol PP Kabupaten Lumajang

Daerah

Focus Group Discussion Mewujudkan Situasi Kondusif dalam Pilkades PAW Desa Resapombo

Daerah

Petronas Rencanakan Survey Sepanjang Pantai Gresik Sejauh 29 Km