Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 15:15 WIB

Diduga Ada Permainan dalam Proses Pengadaan, Wabup Blitar : Ganti Kepala BLP

Wakil Bupati Blitar, Rahmad Santoso

Blitar, Sekilasmedia.com

Diduga terjadi karena ada permainan dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang secara tidak langsung berdampak pada lambatnya pelaksanaan kegiatan. Hal ini diungkapkan, Wakil Bupati Rahmat Santoso.

Dia mengaku mendapat banyak laporan terkait buruknya proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Misalnya, oknum pejabat yang meminta sejumlah uang kepada rekanan yang ikut dalam proses lelang kegiatan pembangunan.

“Nilai kegiatannya sekitar Rp12 miliar, terus minta Rp300 juta kepada pemenang lelang, itu sudah berapa persen. Saya punya bukti dan siap jika nanti jadi saksi,” ujarnya.

Parahnya, kegiatan tersebut tidak bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) melainkan dukungan anggaran dari pusat. Padahal, pemerintah daerah dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati sudah berjuang keras untuk mendapatkan tambahan anggaran dari pusat untuk pembangunan di Bumi Penataran.

Menurutnya, tindakan tersebut secara otomatis berdampak pada kualitas pembangunan. Sebab, anggaran yang seharusnya digunakan untuk kegiatan pembangunan justru dialokasikan untuk kepentingan lain.

“Mbok sampek lebaran kuda, kalau kepala bagian layanan pengadaan (BLP) tidak diganti, pembangunan di Kabupaten Blitar pasti buruk,” tegas dia.

Wabup juga mensinyalir aksi minta jatah kepada para rekanan ini juga dalam rangka kepentingan pengisian kekosongan jabatan. Sebab, yang bersangkutan kini juga ikut menjadi salah satu peserta seleksi dalam pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar.

“Kalau nanti ternyata Pak Iwan itu lolos dan menjadi pejabat eselon II b, berarti rumor jual beli jabatan itu benar adanya,” tegas Wabup.

Pria yang dikenal ramah ini berencana mengusulkan kepada bupati agar yang bersangkutan dipindahtugaskan ke urusan yang lain. Dengan harapan, proses pembangunan di Kabupaten Blitar sesuai yang direncanakan.

“Saya akan usulkan ke bupati agar dimutasi menjadi kepala SD atau PAUD,” tandasnya.

Sementara pada Jumat (11/8/2023) malam, Sekilasmedia.com menghubungi melalui pesan Wa kepada Iwan Kepala Bagian Layanan Pengadaan, tapi belum ada balasan. ddg

Share :

Baca Juga

Daerah

Turnamen Sepak Bola Wali Kota Cup 2022 Antar Kecamatan Dimulai

Daerah

TNI Polri Kawal Pergeseran Logistik Pemilu 2024 Dari PPK Menuju Ke PPS Desa Se-Kecamatan Dlanggu
Wajib Pajak Padati Mobil Samling Malam, Begini Alasannya

Daerah

Wajib Pajak Padati Mobil Samling Malam, Begini Alasannya

Daerah

Pj. Walikota Palembang H Ratu Dewa Menghadiri Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri

Daerah

Hadiri Acara Yudisium di IAD Probolinggo, Pj Nurkholis Jadi Inspirator Alumni

Daerah

Halal Bihalal KGBN DPC Mojokerto,* Dalam Kerangka Perkuat Konsistensi Dan Komitmen Relawan

Daerah

Di hari Pertama Vaksinasi Massal, Bupati Gresik Bersama Kapolres dan Kasdim Tinjau Pusat Vaksinasi Untuk Semua

Daerah

WABUP: SELURUH RUMAH SAKIT DAN BIDAN SIAP MEMBANTU PROGRAM PEMERINTAH  “PERSALINAN GRATIS CUKUP KTP”