Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 16 Agustus 2023 - 11:35 WIB

Bea Cukai Bali Nusra Musnahkan Jutaan Rokok Ilegal

Bea Cukai Bali Nusra dan instansi terkait lainnya bareng bersama melakukan pemusnahan terhadap rokok dan barang ilegal.

Badung,Sekilasmedia.com
Kantor Wilayah Bea Cukai Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) – Bali Nusra, melakukan pemusnahan terhadap jutaan rokok ilegal di halaman Kantor Bea Cukai Ngurah Rai dan TPST Mengwi, Kabupaten Badung.

Pemusnahan itu sebagai bentuk transparansi kepada publik dan wujud implementasi dari fungsi pengawasan seluruh barang milik negara (BMN). Jumlah rokok ilegal yang disita pada periode Januari – Juni 2023 mencapai 4,3 juta batang dengan nilai barang Rp 3,4 miliar.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Bali Nusra, Susila Brata, Selasa (15/8) menjelaskan, penindakan ini atas kerjasama pihak TNI/Polri dan bea cukai wilayah serta instansi lain. Dimana jutaan rokok ilegal disita dari sejumlah warung, pengiriman jasa ekspedisi dan pabrik rokok palsu di Sumbawa NTB.

Hasilnya, 5 orang pelaku peredaran rokok ilegal di wilayah Bali dan Sumbawa diamankan pada semester 1 tahun 2023. Yang mana seluruh perkaranya sudah dilimpahkan ke kejaksaan, bahkan sebagian sudah ada yang menjalani vonis penjara.

“Jumlah BMN yang dimusnahkan senilai Rp 3,4 miliar dan diperkirakan negara mengalami kerugian Rp3,3 miliar lebih,” katanya.

Selain rokok ilegal Bea Cukai Bali Nusra juga memusnahkan sejumlah barang diantaranya rokok elektrik, minuman beralkohol, peralatan bekas, tekstil dan sex toys tanpa dilengkapi dokumen cukai dan dilarang diperjualbelikan.

“Pemusnahan barang ilegal ini sebagai wujud penegakan hukum yang dilandasi peraturan dan perundang undangan yang berlaku,” ungkapnya.

Adapun pemusnahan itu mengacu pada bidang kepabeanan dan cukai atas pelanggaran terhadap UU No 39 Tahun 2007 tentang perubahan atas UU No 11 Tahun 1945 tentang cukai. Dan UU No 17 Tahun 2006 tentang perubahan UU No 10 Tahun 1995 tentang kepabeanan. Demikian pula peraturan dari berbagai instasi lainnya dan keputusan menteri atas pembatasan barang. SN.

Share :

Baca Juga

Daerah

BPJS Kesehatan Luncurkan Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response
Janji Membangun Jembatan Di DAS Barito Sudah Direalisasikan, Ini Kata Sugianto Sabran

Daerah

Janji Membangun Jembatan Di DAS Barito Sudah Direalisasikan, Ini Kata Sugianto Sabran

Daerah

Gedung Taste Rich PT. Cheil Jedang (J6 Projec) Indonesia Diresmikan Bupati Jombang Hj. Munjidah Wahab

Daerah

Kades Salen, Berangkat dari Relawan dan Seniman Hari Ini Dilantik

Daerah

Cafe dan Warung Remang Jadi Sasaran Razia Satpol PP Kabupaten Mojokerto 

Daerah

Khofifah Gelar Open House Selama 3 Hari

Daerah

Pj Gubernur Sumsel A. Fatoni Komitmen Sinkronisasikan Perencanaan Pembangunan Daerah

Daerah

Adanya Virus Corona Berpengaruh Pada Jumlah wajib Pajak di Samsat Kraksaan