Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Selasa, 29 Agustus 2023 - 09:40 WIB

Semarak Kemerdekaan Dengan Berbagai Penampilan Seni dan Budaya di Banyu nyar Street Carnival

Probolinggo,Sekilasmedia.com – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Ke – 78, Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Kecamatan Banyuanyar menggelar Banyuanyar Street Carnival (Pawai Budaya), Senin (28/08/2023) siang.

Gelaran yang diikuti oleh 60 peserta carnival tingkat pelajar dan umum se Kecamatan Banyuanyar tersebut disaksikan langsung oleh Camat Banyuanyar Abdul Ghafur, S. STP. M.Si, dengan di dampingi Kapolsek Banyuanyar AKP. Yuliana, Serta Danramil 0820/20 Banyuanyar Kapten Arm. Puryadi.

Berbagai macam seni dan budaya yang disajikan oleh peserta disepanjang jalur yang dilewatinya membuat antusias masyarakat membludak untuk melihat berbagai aksi dan atraksi dari para peserta Banyuanyar Street Carnival.

Nampak petugas gabungan dari anggota Koramil 0820/20 dan Polsek Banyuanyar turut serta berjaga untuk mengalihkan arus kendaraan agar tidak melewati jalur yang dilewati oleh peserta carnival, sehingga para peserta akan terjaga keselamatannya dari para pengendara yang menyasak masuk menerobos barisan para peserta carnival.

Camat Banyuanyar Abdul Ghafur, S. STP. M.Si, mengapresiasi dengan adanya Banyuanyar Street Carnival yang diselenggarakan oleh Panita PHBN Kecamatan Banyuanyar. Dengan adanya kegiatan semacam ini guna mengangkat nilai budaya dan kesenian yang ada di masyarakat banyuanyar. Baik itu yang ada di setiap Sekolah maupun di Desa – Desa.

“Kegiatan ini selain dalam rangka Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke – 78, juga mengangkat berbagai kesenian budaya melalui Banyuanyar Street Carnival yang dikreasikan oleh warga masyarakat asli Kecamatan Banyuanyar,” Terang Camat.

Selain itu, Lanjut Abdul Ghafur, untuk mengangkat perekonomian masyarakat di Kecamatan Banyuanyar dengan melibatkan pelaku UMKM yang berjualan disekitar jalur jalannya Peserta Banyuanyar Street Carnival.

“Dengan adanya Banyuanyar Street Carnival ini juga akan berdampak secara langsung kepada pelaku usaha, karena antusias dari pada pengunjung baik dari warga Kecamatan Banyuanyar itu sendiri maupun dari Luar Kecamatan pastinya akan membeli makanan ataupun minuman yang di jual oleh pelaku UKM di sepanjang jalur dilewatinya para peserta Banyuanyar Street Carnival,” Paparnya.

Orang nomor satu di Kecamatan Banyuanyar ini juga mengapreasiasi animo masyarakat yang begitu luar biasa. Ia menceritakan saat menaiki ikut kereta kencana selama diperjalanan terus menerus menyapa warga yang menonton pawai budaya ini.

“Kesannya luar biasa saat ikut kereta kencana, sehingga mengetahui tingginya animo masyarakat secara langsung, karena sebelumnya selama 3 tahun ke belakang belum bisa mengadakan kegiatan semacam ini dikarenakan pandemic Covid 19, sehingga masyarakat sangat antusias melihat Banyuanyar Street Carnival ini” Tuturnya.

Saat disinggung arti kemerdekaan, Camat Abdul Ghafur menyampaikan Kemerdekaan itu adalah mengisi dengan pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat, dan berharap semua masyarakat bisa bersatu padu untuk mengisi Kemerdekaan dengan kegiatan yang positif.

“Mari semua elemen masyarakat, bersatu padu untuk mengisi kemerdekaan ini dengan hal – hal yang positif dan kemajuan serta kesejahteraan bagi masyarakat,” Pesannya.

Koordinator Pelaksana Banyuanyar Street Carnival, Heri Nurdi, S.Sos,. MM mengatakan untuk peserta tingkat Pelajar dilepas dari Lapangan Hutan Jati Tarokan, sedangkan untuk Peserta Umum dilepas dari Klenang Kidul tepatnya di depan Koramil 0820/20 Banyuanyar.

“Semua Peserta nantinya akan menampilkan atraksinya selama maksimal 5 menit per tim di depan podium kehormatan depan Kantor Kecamatan Banyuanyar, selanjutnya para peserta berjalan menuju finish ke depan SD Negeri Banyuanyar Kidul,” Pungkas Heri. (Tim)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pengesahan PSHT di Kabupaten Malang Berlangsung Kondusif

Daerah

Wakil Bupati Asahan Hadiri Pelantikan Pengurus Bapera Kabupaten Asahan

Daerah

Kemudahan Layanan Publik, Polresta Sidoarjo Kembali Diapresiasi Kemenpan RB

Daerah

Workshop UMM & BTN di Dome UMM, Mengajak Mahasiswa Bisnis Properti

Daerah

Kampar Berduka Sang Bupati Wafat, Afrizal Dan Isthu Swandana Pun Berduka
Agustinus Surya Prihanta Siap Laksanakan Tugas DPRD

Daerah

Agustinus Surya Prihanta Siap Laksanakan Tugas DPRD

Daerah

Polresta Banyuwangi Fasilitasi Isbat Nikah Masal

Daerah

200 lansia Mengikuti Seminar