Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 30 Agustus 2023 - 06:53 WIB

Pimpin Kota Probolinggo dengan Kebijakan Berkelanjutan, Habib Hadi Diganjar Penghargaan

Jakarta,Sekilasmedia.com Pemerintah Kota Probolinggo kembali meraih prestasi di level nasional. Kali ini datang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang pada Selasa (29/8) pagi menyerahkan penghargaan kepada sejumlah pemenang. Termasuk Kota Probolinggo yang meraih Green Leadership Nirwasita Tantra peringkat kedua kategori kota sedang. Penghargaan serupa diraih oleh DPRD Kota Probolinggo yang meraih peringkat ketiga kategori kota sedang.

Habib Hadi Zainal Abidin hadir untuk menerima penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya di Jakarta. Acara penganugerahan itu sendiri, berlangsung di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari pemerintah yang diberikan kepada Wali Kota Habib Hadi atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan. Selama ini, kebijakan Habib Hadi dinilai mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

BACA JUGA :   Ketua Komisi 3 DPRD Gresik: FGD Bahas Percepatan Pembangunan Infrastruktur prioritas di Masa Pandemi Covid-19 Bersama OPD Terkait dan Akademisi

Sementara penghargaan pada Ketua DPRD Kota Probolinggo diberikan karena dianggap mampu menyerap dan mengartikulasikan kepentingan masyarakat dalam pembuatan peraturan daerah. Serta menjalankan otoritas fungsi legislatif dalam meningkatkan kinerja lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam yang berkembang di daerah.

Dalam sambutannya, Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, bahwa Green Leadership merupakan kepemimpinan dengan perspektif lingkungan. “Pimpinan daerah yang mendapat penghargaan ini dinilai memiliki semangat, proaktif, penuh inisiatif dan kreatif terhadap kepentingan orang banyak dan alam semesta. Juga memiliki visi pada keseimbangan antara daya topang ekologi dan pembangunan, fisik maupun nonfisik,” jelasnya.

Kepemimpinan model ini, menurut Menteri Siti juga mengedepankan kepentingan rakyat dalam hal akses tiap sumber daya yang ada, dan selanjutnya akan memformulasi kebijakan ramah lingkungan sekaligus berpihak pada kepentingan rakyat.

BACA JUGA :   Aspekindo Dan Pemkab Sidoarjo Sinergitas Pembangunan Lebih Baik  

“Sebagaimana dipahami, bahwa salah satu peran penting pemerintah adalah memberikan akses bagi warga negara untuk sejahtera. Kebijakan dan langkah yang dilakukan akan tetap dapat menjaga stabilitas dan keteraturan dan dengan tetap menyiapkan kondisi-kondisi di mana warga negara tetap mendapatkan hak-hak nya seperti hak untuk sehat dan produktif dalam rangka citizenship,” terang Menteri Siti.

Karena itulah, berdasarkan kriteria tersebut, Wali Kota Probolinggo dianggap layak menerima penghargaan green leadership tersebut.

Sementara itu, Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan rasa terimakasihnya kepada masyarakat Kota Probolinggo. “Saya sampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya atas peran masyarakat Kota Probolinggo,” ujarnya.

Menurut Wali Kota, penghargaan ini merupakan bukti kinerja yang baik dalam hal pengelolaan lingkungan hidup di Kota Probolinggo. “Mudah-mudahan prestasi yang telah kita raih menjadi semangat untuk terus memberikan karya terbaik untuk Kota Probolinggo,” pungkasnya.
Suyitno

Share :

Baca Juga

Tigas Saka Pramuka Kecamatan Krian Ikuti Pembukaan Perkemahan Tanjekkwagir

Daerah

Tiga Saka Pramuka Kecamatan Krian Ikuti Pembukaan Perkemahan Tanjekkwagir

Daerah

Pekerja Laundry Asal Probolinggo Bernasib Mujur, Diberangkatkan Umroh Oleh Faisol Riza

Daerah

Pererat Kekompakan, Polres Gresik Gelar Lomba Voli Antar Satuan Maupun Polsek

Daerah

Hari Ini Gus Yani – Bu Min Ditetapkan, Langsung Tancap Gas atasi Banjir Kali Lamong dan Sektor UMKM

Daerah

Gus Yani Launching Lumbung Pangan Desa Gapurosukolilo

Daerah

Pemkot Blitar Adakan Rembug Perencanaan Arah Kebijakan Pembangunan Kota Blitar 2021-2026

Daerah

Setelah Mengalami Kerusakan, Jembatan Desa Pucangsongo Kini Bisa Digunakan Warga

Daerah

Guna Cegah Tindakan Korupsi, Bupati Yani  Ajak Jajaran Pemkab Gresik Tingkatkan Integritas