Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 1 September 2023 - 11:07 WIB

Wujud Syukur Kelimpahan Hasil Bumi, Warga Dusun Kidul Gelar Sedekah Bumi

Gresik,Sekilasmedia.com – Sebagai wujud syukur akan kelimpahan hasil bumi dan bersih dusun, warga dan pemerintah Dusun Kidul Desa Kesambenkulon menggelar sedekah bumi yang berlangsung di balai dusun Kidul Desa Kesamben Kulon Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik pada Kamis siang (31/8/2023).

Kegiatan ini, dihadiri pula oleh anggota DPRD Gresik dari Partai Gerindra Saifudin dan asal PDIP Sulisno Irbansyah, caleg PKB Muhamad Rizal Saputra, Muspika Wringinanom, Kepala Desa Kesambenkulon Aspari bersama jajarannya dan warga Dusun Kidul.

Ketua pelaksana sedekah bumi Dusun Kidul mengatakan bahwa pada kesempatan ini, warga Dusun Kidul melaksanakan kegiatan sedekah bumi sekaligus peringatan 17 Agustus ke 78 tahun 2023. Yangmana sedekah bumi dilaksanakan tiap tahun sekali.

” Sedekah bumi sebagai wujud rasa syukur akan kelimpahan hasil bumi, kemakmuran dan bersih dusun yang dilakukan warga Dusun Kidul setiap tahun,” ucapnya.

Mewakili warga Dusun Kidul, Kepala Desa Kesambenkulon Aspari menyampaikan terima kasih atas kehadiran anggota DPRD Gresik, calon legislatif 2024, Muspika Wringinanom, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta warga dalam acara sedekah bumi ini.

Dengan sedekah bumi ini, lanjut Aspari mudah-mudahan warga Dusun Kidul dijauhkan dari segala balak, hasil bumi makin melimpah dan sejahtera.

Tak lupa, mengingatkan warganya terkait pelaksanaan program PTSL yang saat ini berjalan.

” Kepada warga Dusun Kidul yang ingin mengikuti program PTSL dari BPN Gresik segera mengurus ke kantor desa,” himbaunya

Aspari juga meminta dan mengingatkan warganya untuk segera membayar PBB tahun 2023 ini, jaga keamanan dan ketertiban lingkungan masing-masing serta agar warga menjaga jangan sampai timbul kebakaran saat membakar sampah dengan diawasi dan dipadamkan secepatnya.

Pada kesempatan ini, anggota DPRD Gresik dapil 4 (Driyorejo-Wringinanom) asal Desa Kesambenkulon, Muchamad Zaifudin ( Partai Gerindra) menyampaikan program kerja DPRD Gresik khususnya untuk kemajuan desa serta masalah kesehatan.

” Untuk mendorong kemajuan desa, terutama peningkatan pembangunan di bidang infrastruktur. DPRD Gresik melalui pokok-pokok pikiran (pokir) telah menurunkan anggaran untuk menunjang pembangunan infrastruktur di Desa Kesambenkulon,” ujarnya.

Selain itu, sesuai program kerja Bupati dan Wakil Bupati Gresik terkait UHC maka sekarang semua warga yang tidakbterkover BPJS bisa memggunakan KTP untuk berobat. Sehingga memudahkan masyarakat mendapat layanan kesehatan gratis dan cepat, beber Zaifudin.

Senada, Sulisno Irbansyah (PDIP) selaku Ketua Komisi III DPRD Gresik menambahkan akan memperhatikan kepentingan desa terkait peningkatan infrastruktur guna memperlancar mobilitas warga, peningkatan ekonomi dan layanan kepada masyarakat.

” Pada pemerintahan Gus Yani, untuk tahun 2023 ini, skala prioritas pembangunan Kabupaten Gresik diperuntukkan wilayah Selatan meliputi Wringinanom, Driyorejo, Menganti dan Kedamean. Seperti RSUD Sehati di Slempit dan masih banyak lagi kedepannya,” tandas dia.

Kemudian acara dilanjutkan dengan bacaan shalawat dan doa oleh pemuka agama lalu ramah tamah. Seusai acara syukuran, warga di himbur dengan kesenian tradisional Tayub dan ludruk sampai malam. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Komitmen Buapti Gresik Wujudkan Sekolah Ramah Anak

Daerah

Dinas Pertanian Bekali Warga Jembul Cara Pengolahan Biji Kakao

Daerah

Gerak Cepat Anggota Polsek Paciran Polres Lamongan Bantu Padamkan Api di Truck Ekspedisi Sicepat

Daerah

Jaga Kamtibmas Aman Kondusif, Polres Jombang Sambangi GKJW di Ngoro

Daerah

Wadahi Potensi Siswa di Bidang Menulis, SMK Al Hadi Gresik Luncurkan Giat Ekstrakurikuler Jurnalistik

Daerah

Jelang Berakhir, Masih Berpotensi Tambah Medali Porprov

Daerah

Begini Pesan Kapolres Gresik Kepada Personil  Saat Ambil Apel Pagi

Daerah

Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan Satu Data, Kominfo Jatim Gelar SATA Reviu Secara Daring