Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 8 September 2023 - 21:55 WIB

Dies Natalis ke-24, UNIM Datangkan Dr. Fahruddin Faiz, Bincang Falsafah Kebahagiaan

Mojokerto, sekilasmedia.com-Dalam Memperingati Dies Natalis yang Ke 24 Universitas Islam Majapahit (UNIM) Menghadirkan Dr. Fahruddin Faiz, M.Ag Pada Jum’at, (08/09/2023).

Rektor Universitas Islam Majapahit (UNIM) Dr. H. Rachman Sidharta Arisandi, M.Si., mengadakan kegiatan tersebut Mengusung Tema “Membincangkan Kebahagiaan”, yang bertempat di Halaman UNIM, Jabon, Kecamatan. Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto.

Dalam sambutan pembuka, Rektor UNIM menyampaikan alasannya memilih tema kegiatan tersebut karena sebentar lagi memasuki tahun-tahun politik dan suasana pasti akan memanas.

“Kami mengambil tema tersebut karena sebentar lagi memasuki tahun-tahun politik, apalagi sudah ada aturan kampanye dibolehkan masuk kampus, otomatis suasana tersebut bisa membuat kita memanas dan juga mungkin membuat kita pening, maka dari itu penting juga untuk menjaga pola pikir kita agar tetap bahagia” ucapnya saat sambutan pembuka.

Setelah itu moderator acara mempersilahkan kepada Fahruddin Faiz untuk menyampaikan materi tentang kebahagiaan dan langsung menjelaskan 4 konsep kebahagiaan.

“Konsep kebahagiaan itu memang banyak, tapi saya akan sampaikan empat saja namun jangan salah, dari empat konsep ini juga sangat penting, pertama adalah _pleasure_ atau kesenangan, ini ialah bahagia yang bisa didapatkan dalam keseharian yang biasanya menjadi bahagia sesaat, kedua adalah achievment atau pencapaian, bahagia pada konsep ini bisa membuat kita bahagia dengan durasi waktu yang lama karena butuh proses, ketiga yakni contribution atau kontribusi, konsep ini bisa membuat kita untuk lebih bisa memaknai hidup itu tidaklah sendiri, seperti berbagi kebaikan, dan yang keempat yakni ultimate goal atau tujuan akhir, tujuan akhir setiap manusia memang untuk mati, namun jika kita membahas kebahagiaan, level tertinggi bahagia itu adalah ikhlas, menerima semua keadaan.” Jelasnya.

Acara berjalan lancar yang di akhiri dengan empat pertanyaan dari pendengar.( Rohman )

Share :

Baca Juga

Komunitas Modusindo Gelar Giat Peduli Sampah

Daerah

Komunitas Modusindo Gelar Giat Peduli Sampah

Daerah

Wapres Serahkan Penghargaan Pelayanan Publik di Lingkup Polri, Polres Gresik Hat-Trick

Daerah

BUPATI BERTINDAK SEBAGAI INSPEKTUR UPACARA PENURUNAN BENDERA MERAH PUTIH HUT RI KE 73 TAHUN 2018 DI ALUN -ALUN LUMAJANG

Daerah

Panglima TNI dan Kapolri Paparkan Langkah Selamatkan Warga dari Risiko Covid-19 di Bangkalan

Daerah

Polsek Dlanggu Tingkatkan Sinergitas Dengan Masyarakat Melalui Giat Jumat Curhat

Daerah

Ratusan Mahasiswa STAI Nurul Islam Mojokerto Deklarasi Pemilu Damai

Daerah

PEMERINTAH DESA TEMPURSARI ADAKAN “RUAT DESA” SETIAP BULAN 1 MUHARRAM

Daerah

DPMKK Ikuti Sosialisasi Panganan Aman dan Wajib Izin Edar BPOM