Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / TENTARAKU

Sabtu, 23 September 2023 - 09:25 WIB

Anggota Satgas TMMD Gelar Syukuran Bersama Warga

KENDAL,Sekilasmedia.com-Sebagai bentuk menghargai dan menghormati budaya luhur masyarakat Indonesia dan kearifan lokal yang berlaku di masyarakat, personel yang tergabung dalam Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke–118 Kodim 0715/Kendal bersama warga mengadakan selamatan dan berdoa bersama di Lokasi pembuatan Talut, di desa Purwogondo,Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal,Sabtu (23/09/23).

 

Kegiatan selamatan ini dilakukan masyarakat Desa Purwogondo bersama personel Satgas TMMD yang hendak bertugas melakukan pembuatan Talut program TMMD ke 118.

 

Kehadiran Satgas TMMD Ke-118 Kodim 0715/Kendal di tengah–tengah acara tersebut sebagai salah satu bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat. Diundangnya anggota Satgas TMMD di acara ini, merupakan indikasi positif bahwa kehadiran TNI tak hanya dapat diterima warga setempat melainkan mampu berbaur dengan masyarakat.

 

Acara selamatan yang dipimpin tokoh adat Desa Purwogondo Jazuli juga dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dusun setempat, serta warga sekitar.

 

”Mari saudara-saudara kita menundukkan kepala sejenak, hening dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar hajat kita dalam pembuatan Talut ini berlangsung lancar, aman, dan mendapatkan keselamatan,” ujar Jazuli memimpin selamatan.

 

Menurut Babinsa Purwogondo, Koramil 0715/13 Boja, Pelda M. Toha , acara selamatan itu biasa dilakukan di warga Desa Purwogondo dan Desa lainnya

 

”Acara seperti ini, biasanya dilaksanakan apabila ada kegiatan besar, seperti hajatan, pesta pernikahan, pembangunan tempat ibadah, panen raya, dan lain-lain. Jadi ini sudah mentradisi,” ungkapnya.

 

Untuk diketahui, selamatan merupakan sebuah tradisi ritual yang hingga kini tetap dilestarikan oleh sebagian besar masyarakat Jawa, bahkan Nusantara. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah dan karunia yang diberikan Tuhan. (Pendim0715).

Share :

Baca Juga

TENTARAKU

Babinsa Koramil 0814/05 Perak Lakukan Kegiatan Trecing

TENTARAKU

Danrem 082/CPYJ Dampingi Tim Wasev Kodam V Brawijaya Kunjungi Rutilahu Kodim 0815/ Mojokerto

TENTARAKU

Cegah Virus PMK, Kapolres Pasuruan Mengecek Pos Penyekatan Mobilitas Hewan Ternak Di Prigen

TENTARAKU

Giliran Persit Ranting Dan Keluarga Besar TNI Kodim 0712/Tegal Divaksin

TENTARAKU

Koramil 10/Mojoagung Bersama Polsek, Linmas dan Instansi Pemerintah Setempat Amankan Logistik Pemilu 2024 di Pendopo Kecamatan

TENTARAKU

Personel Satuan Tugas TMMD Bojonegoro Ingatkan Anak-Anak Bahaya Covid

TENTARAKU

Semangat Anggota Koramil 0814-08/Plandaan Dalam Memeriahkan Hari Kemerdekaaan Ke 77 Tahun 2022

TENTARAKU

Anggota Satgas TMMD Bantu Angkat Daun Pandan Bahan Baku Tikar