Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Senin, 25 September 2023 - 15:55 WIB

Walikota Blitar Santoso : Terus Dukung dan Lestarikan Budaya Grebeg Pancasila 

Blitar, Sekilasmedia.com-Walikota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd meresmikan dan melaunching Kampung Pancasila di Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan Kota Blitar.

 

“Saya berharap masyarakat untuk terus mendukung Kampung Pancasila, mengingat Kota Blitar ini mempunyai sejarah dicanangkannya hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni menjadi hari libur nasional,” kata Walikota Blitar, Santoso dalam sambutannya. Sabtu (23/9/2023) Malam.

 

Selain itu, kata Santoso, Kota Blitar ini disemayamkan makamnya seorang tokoh proklamator sekaligus penggali Pancasila, Insinyur Soekarno.

 

“Oleh karena itulah kita berharap jiwa nafas ruh perjuangan dari Bung Karno, bagaimana bisa menyebar di seluruh kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Blitar,” imbuhnya.

 

Dikatakan Santoso, dari 3 Kecamatan di Kota Blitar masing-masing ada 1 kelurahan yang telah mempunyai Kampung Pancasila yakni, Kelurahan Rembang, Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul dan Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo lebih dulu dicanangkan sebelum Kampung Pancasila di Kelurahan Gedog.

 

Kedepan, ada 21 Kelurahan dari 3 Kecamatan di Kota Blitar, Santoso mengharapkan juga memiliki Kampung Pancasila sendiri.

 

“Nanti dari 21 kelurahan akan kita gelorakan yang namanya kampung-kampung Pancasila, karena yang menggali Pancasila itu tidak lain Bung Karno. Ini sesuatu hal yang positif yang harus kita gelorakan dan lestarikan secara terus,” tambahnya.

 

Lebih lanjut, Santoso mengungkapkan, di kampung Pancasila ini berisi pernak-pernik yang mengedukasi masyarakat tentang sejarah dan penjelasan tiap sila dalam Pancasila, “Seperti di Kelurahan Gedog ini, dipasang banner atau baliho sejarah Pancasila dipasang di dinding yang kosong, juga sebuah patung monumen Pancasila yang ditempatkan di Posko Pancasila yang bisa digunakan anak muda berkumpul menggelar kegiatan”.

 

“Ini bagian mendidik anak-anak kita sejak dini, sehingga butir-butir yang ada di dalam Pancasila diimplementasikan dan menjadi nafas dalam menjalankan kehidupan sehari-hari,”pungkas Walikota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd. (Adv/kmf/ddg)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pemkab Peringati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019

Daerah

Fasilitasi Warga Pra Sejahtera, Polres Jombang Gelar Nikah Massal

Daerah

Melalui Pemantapan UHC, Puskesmas Mampu Berikan Layanan Kesehatan Prima Bagi Masyarakat

Daerah

Pemkab Gelar Rakor Pelaksanaan PSN Serentak

Daerah

Wabup Menutup  Kegiatan Pelatihan Pemahaman Pedoman Badan Layanan Umum Daerah
Wilyah Utara Lumajang Jadi Sasaran Monitoring Satlinmas

Daerah

Wilyah Utara Lumajang Jadi Sasaran Monitoring Satlinmas

Daerah

*Dandim 0815 Hadiri Apel Pemberangkatan Kirab Merah Putih*

Daerah

HUT Bhayangkara ke 76 Kabid Humas Polda Jatim Dapatkan Penghargaan Dari Pesantren Al Quran Nurul Falah