Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / TENTARAKU

Jumat, 29 September 2023 - 15:17 WIB

Antisipasi Demam Berdarah, Babinsa Bareng Pemdes Mojodowo Adakan Pengasapan

Mojokerto,sekilasmedia.com– Sebagai upaya pencegahan terjadinya wabah DBD (Demam Berdarah Dengue), Pemerintah Desa Mojodowo bersama Babinsa menggandeng UPT PKM Kemlagi melakukan tindakan pengasapan atau fogging yang berlangsung di Dusun Medowo, Desa Mojodowo, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (29/09/2023).

 

Sudah banyak kita ketahui dan baca di media internet maupun Medsos bahwa demam berdarah dengue atau DBD adalah penyakit yang disebabkan virus dengue dan ditularkan lewat nyamuk aedes aegypti.

 

Penyakit DBD ini akan membuat penderitanya mengalami nyeri hebat, bahkan seluruh tulang dan persendian seakan-akan terasa patah. Jika tidak ditangani dengan baik, demam berdarah bisa menyebabkan komplikasi yang cukup parah, bahkan berpotensi mengakibatkan kematian.

 

Babinsa Mojodowo Sertu Achmad Faizin saat dikonfirmasi, membenarkan bahwa di wilayah desa yang menjadi tanggungjawabnya yakni di Dusun Medowo dilakukan fogging sebagai upaya mencegah atau mengantisipasi terjadinya wabah demam berdarah atau yang sering disebut DBD.

 

Hal (fogging) atau pengasapan tersebut bisa terlaksana berkat koordinasi Pemdes Mojodowo dengan UPT PKM Kemlagi dan tentunya kita tidak bisa bekerja sendiri melainkan harus bersama–sama Nakes UPT PKM Kemlagi untuk melakukan fogging.

 

Lebih lanjut Sertu Achmad Faizin menjelaskan, sasaran pengasapan antara lain pemukiman warga, lahan-lahan kosong, pekarangan warga, semak-semak, saluran air atau selokan dan fasilitas umum lainnya yang disinyalir menjadi sarang nyamuk pembawa penyakit DBD. “Sasarannya semua tempat yang menjadi sarang atau berkembangbiaknya nyamuk pembawa penyakit DBD kita lakukan pengasapan”, jelasnya.

 

Tak sebatas itu, kami bersama Kepala Desa Mojodowo, Moh. Imam Mashudi, A.Md., Tek., dan Petugas Nakes UPT PKM Kemlagi, Anis Kharisma, A.Md., Kep., juga menghimbau kepada warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah dan pekarangan serta melakukan pembersihan saluran air atau parit/got. “Semua ini kami lakukan untuk antisipasi agar tidak terjadi DBD di lingkungan desa binaan kami”, tutupnya.

Share :

Baca Juga

TENTARAKU

Bola dan Net Pemberian dari Satgas TMMD Bisa Digunakan Oleh Pemuda Desa Siuhom, TMMD Tapsel

TENTARAKU

Anggota Koramil 0814/17 Wonosalam Dampingi Ponpes Wliayah Binaan Dalam Laga Sepak Bola Liga Santri Piala Kasad Tahun 2022 Di Stadion Merdeka

TENTARAKU

Batituud Koramil 16 Sumbermalang Serma Wiwit Operator Ekskavator Buat Jalan Baru

TENTARAKU

Antusiasme Warga Gotong Royong Pavingisasi Jalan di Desa Siwalan

TENTARAKU

Danrem 082/CPYJ Pimpin Acara Laporan Korp Kenaikan Pangkat periode 1 April 2022

TENTARAKU

Inilah Pesan Danrem Saat Kunjungi Lokasi TMMD Kendal

TENTARAKU

Tim Wasev Mayjen TNI Eka Wiharsa Keluar dari Landasan Pacu Bandara Sibolga 

TENTARAKU

Indah dan Rapi, Rumah Bu Nasriah Setelah Dicat Satgas TMMD Gresik