Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 29 September 2023 - 17:55 WIB

BPJS Kesehatan Luncurkan Loket Pelayanan Informasi dan Portal Quick Response

Mojokerto,Sekilasmedia.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehata Nasional (JKN), BPJS Kesehatan meresmikan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS).

Loket Pelayanan Informasi ini berada di setiap rumah sakit.

 

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti mengatakan Program JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan bertujuan memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk. Seiring dengan bertambahnya jumlah peserta JKN, BPJS Kesehatan memandang perlu dilakukan transformasi terhadap mutu layanan.

 

“Salah satu wujud nyata dari upaya transformasi mutu layanan adalah dengan penyediaan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

 

Petugas rumah sakit yang ditunjuk akan bertugas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan.

 

Selanjutnya, petugas akan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP),” jelas Ghufron saat peluncuran yang terpusat di RSUP Dr. Sardjito, Jumat (29/09).

 

Selain itu, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan Portal Quick Response (POROS) yang ditempatkan di fasilitas kesehatan. Kemudahan digital bagi peserta JKN dalam mengakses aplikasi pendukung yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memperlancar proses pelayanan di fasilitas kesehatan.

 

POROS terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN), SIPP, Antrean, dan Web Skrinning yang dapat dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat.

 

Dengan dihadirkannya loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) ini, Ghufron berharap bisa berdampak terhadap peningkatan yang signifikan terhadap mutu layanan dan kepuasan peserta.

 

Ditempat terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto, Elke Winasari menghadiri peresmian Loket Pelayanan Informasi di RSUD Prof.Dr. Soekandar. Elke menyebut diperlukan kolaborasi BPJS Kesehatan dengan Fasilitas Kesehatan untuk mewujudkan transformasi mutu pelayanan kepada peserta JKN.

 

“Pemberian informasi dan penanganan keluhan ini tidak hanya untuk kepentingan BPJS Kesehatan, tapi merupakan kepentingan bersama antara Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan.

 

Kita harus saling berkolaborasi untuk meningkatkan mutu pelayanan, salah satunya melalui Loket Pelayanan Informasi.

 

Sementara Direktur RSUD Prof.Dr.Soekandar, Djalu Naskutub menyampaikan, mengenai pentingnya keberadaan loket pelayanan informasi di Rumah Sakit.

 

“Dulu tempat informasi dan pengaduan ini belum menjadi prioritas, tetapi saat ini informasi dan pengaduan sangatlah penting, sehingga RSUD Soekandar memberikan tempat yang nyaman dan mudah dilihat oleh peserta yang membutuhkan informasi atau menyampaikan keluhan, Loket layanan informasi kami bertempat di sisi kiri pintu masuk gedung utama rumah sakit” pungkas Djalu.(*)

Share :

Baca Juga

Daerah

Tepat di Malam Nuzulul Qur’an, Bupati Yani Meresmikan Masjid KH. Robbach Ma’sum

Daerah

Ajak Masyarakat Perangi Narkotika,Satresnarkoba Polres Pasuruan Kota Berbagi Kaos HANI untuk Warga

Daerah

Bukber Kasat Reskrim Polres Lumajang Bersama Sahabat Media

Daerah

Klarifikasi Video Viral, Kapolres Probolinggo : 1537 TPS Pilkades Serentak Berlangsung Aman dan Tertib

Daerah

Bupati Ikfina Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Molagar di Petak Pacet

Daerah

Tradisi Pedang Pora Iringi Pisah Sambut Kapolres Jombang

Daerah

Polda Jatim Buka Hotline Pengaduan Dugaan Eksploitasi Ekonomi SPI Kota Batu

Daerah

Serangan Sukses Meraih Juara III Nasional, Kategori Desa Wisata Rintisan 2023