Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 29 September 2023 - 13:25 WIB

Dinkes PPKB Hidupkan Kembali Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

probolinggo.sekilasmedia.com Tingginya angka pengidap penyakit tidak menular (PTM) yang berasal dari kalangan muda membuat Dinas Kesehatan PPKB Kota Probolinggo khawatir. Karena itu, dengan menggandeng Pemprov Jatim, Dinas Kesehatan PPKB Kota Probolinggo mengadakan Koordinasi dan Pendampingan Pelaksanaan Implementasi Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

 

Hadir sebagai narasumber, Sekretaris Daerah Kota Probolinggo, drg. Ninik Ira Wibawati dan Kabid PPM Kesra pada Bappeda Litbang Kota Probolinggo, Umar Hidayat. Dalam seremonial pembukaan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Probolinggo dr. Nurul Hasanah Hidayati mengatakan, Germas ini erat kaitannya dengan gaya hidup. Karena itu dibutuhkan banyak orang untuk mengkampanyekan Germas kembali.

 

“Karena itu, kami membentuk Tim Germas Kota Probolinggo yang diketuai oleh Ibu Sekda,” ujarnya.

 

dr. Ida-sapaan akrabnya, mengatakan setiap anggota tim diharapkan dapat berperan sesuai tugasnya masing-masing. ”Saat ini semakin banyak anak muda yang menderita PTM (Penyakit Tidak Menular). Seperti diabetes melitus kebanyakan yang mengidap anak muda. Jantung dan stroke juga. Karena itu, diperlukan langkah preventif agar penyakit tidak menular ini tidak menimpa lebih banyak orang,” ujar dr. Ida yang akan menghidupkan kembali gerakan senam sebelum kerja di kalangan pegawai pemkot setempat.

 

Sementara itu, Sekda Kota Probolinggo, drg. Ninik Ira Wibawati dalam paparannya mengatakan, program germas ini sudah dinaungi dasar hukum, Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2017. “Pelayanan kesehatan saat ini menuju cakupan kesehatan semesta, terutama penguatan pelayanan kesehatan dasar dengan mendorong peningkatan upaya promotif dan preventif didukung inovasi dan pemanfaatan teknologi,” ujar Sekda Ninik.

 

Karena itu, ia pun meminta setiap pihak yang datang pada acara tersebut dapat membantu mensosialisasikan kepada masyarakat agar dapat mengubah pola hidup mereka melalui germas. “Harapannya kita bisa mendukung di masyarakat jika selama ini mungkin masyarakat kurang olahraga atau tidak olahraga setiap hari. Acara ini semoga bisa memotivasi agar rajin olahraga. Karena olahraga itu kegunaannya untuk diri sendiri,” jelasnya.

 

Ia pun meminta tim dari puskesmas, tim penggerak PKK, pihak kecamatan, kelurahan hingga posyandu terus menerus mensosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat ini. “Ayo diawali kembali senam pagi sebelum memulai pekerjaan dan di tengah-tengah hari melakukan relaksasi. Kita ini kan capek bisa melakukan peregangan kalau misalnya kerja di kantor,” ujarnya.

 

Sekda Ninik pun kemudian menceritakan bagaimana banyak orang yang melakukan terapi kumkum di Pantai Mayangan menginginkan sembuh seperti sedia kala. “Apa yang mereka katakan, sering saya renungkan. Katanya, kalau penyakit sudah masuk ke badan, susah keluarnya (susah sembuh, Red). Makanya sebelum penyakit masuk harus kita cegah. Salah satunya dengan makan dengan gizi seimbang dan perbanyak aktivitas,” pungkasnya.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, camat dari 5 kecamatan, perwakilan Kemenag, unsur PKK hingga sejumlah lurah. suyitno

Share :

Baca Juga

Daerah

Empat Pekerja Taman di Kota Surabaya, Menemukan Sebuah Mortir

Daerah

Majapahit Coffee Festival Jadi Ajang Eksplor Kopi Di Kabupaten Mojokerto

Daerah

Kapolres Malang Sambut Kedatangan Mendagri Di Bandara Abd. Saleh

Daerah

Bodycam”, Inovasi Baru Polrestabes Surabaya Untuk Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

Daerah

Patroli Malam Takbiran, Forkopimda Mojokerto Pastikan Malam Takbiran Aman

Daerah

Selamat dan Sukses, Buat Dua Wartawan Sekilas Media Lulus UKW

Daerah

FORUM LALIN ANGKUTAN JALAN PEDULI KESELAMATAN BERLALULINTAS

Daerah

Polres Lamongan Gelar Apel Penerimaan Latja Diktuba Polri Gelombang I Tahun 2024