Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Minggu, 1 Oktober 2023 - 14:16 WIB

Tegal Deso Kedungpandan DiMeriahkan Arakan Tumpeng Dan Hasil Bumi

 

Sidoarjo.sekilasmedia.com..Pemerintah desa Kedung pandan Kecamatan Jabon Sidoarjo menggelar acara ruwatan deso atau akrab disebut masyarakat kedungpandan dengan istilah “Tegal Deso” , di pendopo desa , Sabtu ( 30/9).

 

Tegal deso Kedungpandan dimeriahkan dengan pawai budaya dan arak arakan tumpeng hasil bumi mengitari sepanjang jalan desa sampai di titik halaman pendopo balai desa .

 

Hadir dalam kegiatan ruwatan desa tersebut Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, Forkopimka, Camat , Kapolsek, Danramil dan yang mewakili , segenap.lembaga , tokoh masyarakat dan ratusan warga turut hadir berpartisipasi memeriahkan agenda tahunan tersebut.

 

Kepala desa Kedungpandan , Wawan Menyatakan apresiasi atas antusias warga yang turut berpartisipasi juga kepada segenap lembaga pemerintah desa yang sudah mendukungnya.

Dijelaskannya giat Tegal deso rutin setiap tahun dilaksanakan sebagai upaya mengenang , mengingat jasa pahlawan atau sesepuh yang sudah bersusah payah mbabat desa.

 

“Mar kita kenang, kita doa bersama , lantaran para leluhur yang sudah berjuang mbabat desa, sekarang kita bisa tinggal di desa ini dengan nyaman dan tentram”, ungkap Wawan

 

Sementara itu Bupati Sidoarjo , Gus Muhdlor menuturkan Bahwa digelarnya Tegal Deso secara rutin setiap tahun , selain untuk mengenang jasa para leluhur juga sebagai ungkapan rasa syukur terhadap limpahan Rahmat Alloh SWT .

” Karena limpahan berkah dan rahmatNYA kita semua bisa melangsungkan dan menikmati hidup di desa yang kita tempati saat ini”, Tutur Gus Muhdlor.

Menurutnya Tegal Deso merupakan salah satu kegiatan warga yang bisa dijadikan ajang silaturahim, gotong royong dan penuh kebersamaan .

 

Terpisah, Kasi Keuangan Desa Kedungpandan, Andik menerangkan kegiatan ruwatan desa setiap tahun digelar dengan tujuan mengenang jasa para leluhur yang mbabat desa.

Dengan ruwatan desa diharapkan hasil pertanian, perdagangan , tambak melimpah ruah.

” Semoga ke depan hasil pertanian , perdagangan , tambak di desa kami makin baik dan dijauhkan juga dari musibah dan wabah menular”, harapnya.

 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya , Desa Kedungpandan dusun Tlocor telah menggelar Larung sesaji sebagai ungkapan rasa syukur warga kepads sang pencipta di bulan syuro lalu.

Dan perlu diketahui juga sebagai rangkaian juga acara Pamungkas tegaldeso , warga dihibur dengan penampilan Ludruk Karya Baru pada Sabtu malam. (B@be)

Share :

Baca Juga

Daerah

MoU WWF,  BLUE BIRD BALI JADI CONTOH PENGELOLAAN SAMPAH

Daerah

Usai Shalat Tarawih, Polresta Sidoarjo Layani Vaksinasi di Masjid

Daerah

RSUD Jombang Terima Layanan Emergency Pra Hospital 24 Jam

Daerah

Launching Vaksinasi Merdeka Anak, Kapolri: Upaya Menjaga Generasi Penerus Bangsa

Daerah

Guna Cegah Tindakan Korupsi, Bupati Yani  Ajak Jajaran Pemkab Gresik Tingkatkan Integritas

Daerah

Literasi Digital Kota Kediri

Daerah

Kejuaraan Atlet Difabel Resmi Dibuka Walikota

Daerah

Cek Kesiapan Pengamanan Pesta Demokrasi 2024, Tim Pengawas Mabes AD Kunjungi Polres Mojokerto