Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Selasa, 17 Oktober 2023 - 18:52 WIB

Empat Fraksi DPRD Kabupaten Blitar Desak Bupati Bubarkan TP2ID

Blitar, sekilasmedia.com-Empat dari lima fraksi DPRD Kabupaten Blitar meyuarakan pembubaran Tim Percepatan Pembangunan dan Inovasi Daerah (TP2ID), pada Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-fraksi atas Ranperda tentang APBD Kabupaten Blitar TA 2024. Selasa (17/10/2023).

 

Keempat fraksi tersebut diantaranya adalah Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PAN, Fraksi Fraksi Gerakan Pembangunan Nasional (GPN), dan Fraksi Golkar-Demokrat. Sementara satu fraksi lainnya yang tidak menyuarakan pembubaran TP2ID, ialah Fraksi PKB.

 

Melalui juru bicaranya, Fraksi PDI Perjuangan dengan tegas menyerukan pembubaran TP2ID, karena dianggap hanya membebani anggaran dan kurang berkontribusi dalam pembangunan.

 

“Menurut pandangan fraksi kami, keberadaan TP2ID kurang memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan, jadi lebih baik dibubarkan saja,” ujar juru bicara Fraksi PDI Perjuangan, Hendik Budi Yuantoro.

 

Pandangan lebih keras dilontarkan oleh Fraksi PAN. Tepat di depan muka bupati, mereka dengan tegas mengusulkan hak angket, agar segala polemik yang menimpa Pemkab Blitar akhir-akhir ini bisa terungkap.

 

Bahkan Fraksi PAN juga terang-terangan menyinggung keberadaan oligarki yang selama ini diduga ada di dalam tubuh TP2ID, serta polemik sewa rumah dinas wakil bupati (wabup) blitar.

 

“Permasalahan yang viral akhir-akhir ini soal oligarki dan polemik sewa rumah dinas wakil bupati (wabup). Agar persoalan itu bisa dibuka secara terang benderang, maka kami mengusulkan untuk menggunakan hak angket,” ungkap juru bicara Fraksi PAN, M. Anshori.

 

Sementara itu, Fraksi GPN menyoroti dugaan nepotisme dan pengendalian anggaran yang dilakukan TP2ID. Melalui juru bicaranya, Fraksi GPN juga meminta Bupati Blitar untuk membubarkan TP2ID.

 

“Fraksi GPN berpandangan, TP2ID banyak mudharatnya. Terbukti, banyaknya kritikan dan gunjingan dari masyarakat. Kami juga mensyinyalir adanya unsur nepotisme dalam keanggotaan TP2ID. Maka kami berpandangan, TP2ID tidak perlu diberi anggaran untuk 2024,” tutur juru bicara Fraksi GPN, Ratna Dewi Nirwana Sari.

 

Sedangkan Fraksi Golkar-Demokrat menyampaikan hal serupa, yakni meminta bupati untuk mengevaluasi keberadaan TP2ID. “Melihat berbagai pemberitaan buruk tentang TP2ID di media massa, kami ingatkan bupati untuk mengevaluasi dan mengkaji ulang keberadaan TP2ID,” ujar juru bicara Fraksi Golkar-Demokrat.

 

Sebagai informasi, beberapa waktu terakhir, TP2ID diterpa berbagai kabar miring. Hal itu berawal dari salah satu kepala OPD mengaku diintervensi oleh tim besutan bupati tersebut.

 

Isu itu pun terus berkembang, hingga sejumlah pejabat OPD lain memberikan pengakuan serupa. Kemudian, ada pula kabar dugaan nepotisme, lantaran ada sosok saudara kandung Bupati yang menjabat sebagai penanggung jawab TP2ID.

 

Bahkan ada pula yang menyebut TP2ID adalah sarang oligarki yang memegang kendali pemerintahan Kabupaten Blitar. Diantaranya adanya dugaan TP2ID mengatur segala bentuk mutasi, anggaran, serta pengadaan barang dan jasa.

 

Sebelumnya, kepada Memorandum, Ketua TP2ID Kabupaten Blitar, Sigit Purnomo Hadi telah mengatakan bahwa pihaknya tak pernah memanggil dan menginstruksikan OPD, karena TP2ID tak punya wewenang tersebut. Sekaligus dirinya juga menepis kabar bahwa TP2ID memboroskan anggaran.

 

“Gaji kami hanya Rp 750 ribu dan untuk ketua Rp 1 juta per bulan, tanpa fasilitas apapun, itu pun tidak diambil. Kami hanya menjalankan dawuh dari guru-guru kami,” jelas Sigit. ddg

Share :

Baca Juga

Daerah

Rawan Longsor, Masyarakat Dihimbau Berhati-hati Ketika melewati Jalur Malang-Kediri

Daerah

Petugas Gabungan Polres Jombang, Kodim 0814 dan Pemkab Jombang Bersihkan Material Longsor yang Menutupi Sungai Kali Maling di Jombang

Daerah

Sri : Program Prioritas Tahun 2023, TPST Belahanrejo Dan Bawean Akan Dibangun

Daerah

Raih Juara 3 Nasional Di Ajang ITC, Siswi SMAN1KA Harumkan Nama Sekolah

Daerah

Anna Purnama Gauri Caleg Gerindra Ajak Milenial Bangun Mojokerto Dengan Semangat Patih Gajah Mada

Daerah

Percepat Vaksinasi Anak, Kapolresta Mojokerto Sapa dan Beri Semangat Siswa SD

Daerah

Bersama Ibu Kader PKK Desa Jatiduwur dan Petugas dari Puskesmas,Serda Djatmiko Dampingi Kegiatan Jumantik di Desa Jatiduwur

Daerah

PJ Bupati Sidoarjo Beri Pembekalan Petugas Verifikasi Data Penerima Bantuan Sosial