Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Minggu, 22 Oktober 2023 - 09:20 WIB

PP Sabilul Muttaqin Yang Diasuh Dr KH Abdul Rokhim Adakan Peringatan Maulid Nabi, Undang Gubernur Khofifah & Wabup Gus Barra

Mojokerto,sekilasmedia.com-Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Kalipuro – Pungging – Mojokerto dengan pengasuh Dr KH Abdul Rokhim SH MH (Abah / Yai Rokhim) dikenal sebagai salah satu ponpes yang rutin dengan besar-besaran mengadakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan melibatkan ribuan elemen suruh dalam lingkungan ponpes maupun para alumni, yang untuk tahun 2023 ini akan diadakan tanggal 22 Oktober 2023, dengan diantaranya mengundang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al Barra (Gus Barra).

“Seperti biasanya, tiap tahun kami mengadakan Peringatan Maulid Nabi dengan melibatkan seluruh elemen,” ungkap Abah Yai Rokhim yang juga dikenal sebagai ‘dosen – terbang’ ke berbagai daerah di seluruh Indonesi (dan juga dulunya santri tangan kanan kyai kharismatis, Abah Yat), dimana untuk Peringatan Maulid Nabi tahun 2023 (1445 H) ini di Ponpes Sabilul Muttaqin dilaksanakan sekaligus dengan Peringatan Hari Santri Nasional; Tasyakuran Santri, Siswa, Mahasiswa Kelas Akhir; Akhirus Sanah; Wisuda Tahfidz Al Qur’an; Temu Alumni; dan Haul Pondok Sabilul Muttaqin.

Sebagaimana diketahui Ponpes Sabilul Muttaqin dengan dilengkapi berbagai sekolah untuk pendidikan, tak berhenti berinovasi. Diantara pendidikannya adalah termasuk Play Group Sabilul Muttaqin, RA / TK Sabilul Muttaqin, Madrasah Ibtidaiyah / MI Sabilul Muttaqin, Madrasah Tsanawiyah / MTs Sabilul Muttaqin, Madrasah Aliyah / MA Sabilul Muttaqin (jurusan IPA, IPS), Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Brawijaya, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Favorit (TKJ, MM, TP), kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sabilul Muttaqin (MPI, PGMI, ES, KPI). Juga terdapat TPQ, Madin, Pondok Pesantren, Tahfidzul Qur’an, Kitab Kuning, LKSA, Paket (A, B, C), Kursus (Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Komputer, Menjahit). Total yang bersekolah dan kuliah di lingkungan Ponpes Sabilul Muttaqin sekitar dua ribu (2.000) lebih, mayoritas gratis untuk yang tidak tinggal (mukim) di lingkungan ponpes, dengan puluhan ribuan alumni yang telah menyebar.

BACA JUGA :   Aplikasi Buatan Tim UB, untuk Info Seputaran Caleg. Berisikan Data 8.000 Caleg

Sedangkan untuk ekstrakurikuler terdapat PIDATO yang terdiri dari Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Jawa, dan Pidato Campuran (dengan sejumlah bahasa). Juga terdapat Qosidah Banjari, Marching Band, Seni Membaca Al Qur’an, Membatik, Paskibraka, Seni Bela Diri (Pencak Silat), Kepramukaan, Mengemudi, PMI dan lainnya.

Sedangkan soal prestasi, sangat banyak prestasi yang telah diraih Keluarga Besar Ponpes Sabilul Muttaqin tersebut. Prestasi tersebut ada yang diraih di tingkat MI, diantaranya adalah Juara 2 Lomba Melukis Porseni Tingkat Kabupaten yang juga menunjukkan ada bakat-bakat pelukis yang terpendam. Juga Juara Harapan 2 Menggambar (lagi-lagi berhubungan dengan gambar / lukis) dalam Festival Santri se-Jawa Timur; Juara 1 Kaligrafi (berkaitan dengan gambar / lukis lagi?, red.) Lomba Porseni Tingkat Kecamatan. Kemudian juga meraih Juara 1 Lomba Tahfidz Porseni Tingkat Kecamatan dan Juara 1 Lomba MTQ Tingkat Kecamatan.

BACA JUGA :   Peringati HANTARU, Kabupaten Mojokerto Terima 32 Sertifikat Hak Pakai Aset Pemda

“Sedangkan untuk Madrasah Tsanawiyah / MTs, prestasi yang diraih keluarga besar Ponpes Sabilul Muttaqin tersebut lebih dahsyat lagi. Diantaranya JUARA NASIONAL alias Juara 1 Lomba Tahfidz, Digital Quranic Competition Tingkat Nasional. Kemudian juga Juara 1 Lomba Tahfidz Juz 1 – 3, DMTQ Tingkat Pelajar se-Jawa Timur; Juara 1 Lomba Tahfidz Festival Santri se-Jawa Timur 2021; Juara 1 Lomba Tahfudz Juz 30 Tingkat Jawa Timur, Unibraw Malang; Juara 1 dan Juara 3 Pencak Silat, Kejurcab Kota Mojokerto; Juara 1 Lomba Paskibraka Tingkat Jawa Timur; Juara 2 Lomba Tartilul Quran, Festival Santri se-Jawa Timur; Juara 3 Lomba Dai Cilik, Festival Santri se-Jawa Timur; Juara 3 MHQ 5 Juz, Islamic Center Bogor, Jawa Barat; Juara Harapan 1 Lomba Marching Band Tingkat Jawa Timur; Juara Harapan 2 Lomba 1 Juz Tilawah, MTQ IX Tingkat Jawa Timur. Sedangkan untuk MA diantaranya Juara 1 KSM Mapel Biologi Tingkat Kabupaten; Juara 3 KSM Mapel Ekonomi Tingkat Kabupaten. Pendapat Anda? Sms atau WA kesini= 081216271926 (Siswahyu).

Share :

Baca Juga

Daerah

WABUP JENGUK DAN BANTU NABILA BOCAH PENDERITA KELAINAN JANTUNG

Daerah

Babinsa Terusan Koramil Gedeg Kawal Vaksinasi Covid-19

Daerah

Tegakkan Tertib Administrasi Batas Wilayah, Pemkab Lamongan Lakukan MoU dengan Akademisi

Daerah

Ning Ita Walikota Mojokerto Hadiri Gema Sholawat 1000 Santri TPQ Se-Kelurahan Kedundung

Daerah

Meski Pensiun, Bupati Achmad Fauzi Minta ASN Tetap Berkaya

Daerah

Bupati Muhdlor Targetkan Pembebasan Lahan Uontuk Flyover Aloha Tuntas 2022

Daerah

Desa Balun Cerminan Kebhinekaan Pancasila

Daerah

Hari Ke-2 Piala Soeratin Askot PSSI Kota Mojokerto 2021 Kian Geliat, Gen-B vs Sikatan Muda