Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 9 November 2023 - 03:48 WIB

Forkopimda Gelar Penguatan Wawasan Kebangsaan Bagi Calon Anggota DPRD Kota Malang

Kota Malang, sekilasmedia.com – Dalam menciptakan Pemilu 2024 dengan aman dan kondusif, Pemerintah Kota Malang bersama dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang, gelar penguatan wawasan kebangsaan bagi Calon Legislatif (Caleg), bertempat di Grand Mercure Hotel Kota Malang , Rabu (08/10).

Dimana dalam kegiatan tersebut Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menyampaikan bahwa kegiatan tersebut menjadi salah satu arahan yang telah diintruksikan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada para Penjabat Daerah di seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini tindak lanjut dari perintah Bapak Presiden, sehingga kami (Pemkot Malang) melalui Bakesbangpol mengumpulkan semua ketua partai dan semua Caleg yang sudah ditetapkan dalam DCT KPU kemarin. Ini kita kumpulkan untuk sama-sama membuat deklarasi, agar pesta demokrasi 2024 dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama,” kata Wahyu.

Selain itu dirinya juga berpesan kepada seluruh Caleg yang hadir dalam kesempatan tersebut, agar nantinya dapat melaksanakan semua ketentuan yang ada dalam pesta demokrasi 2024 mendatang. Sehingga, diharapkan bisa menjaga suasana yang kondusifitas di Kota Malang.

BACA JUGA :   Pemasangan Batako RTLH Berlanjut Demi Mencapai Target Waktu Yang Sesuai

“Jangan sampai ada hal-hal yang diluar kesepakatan kita bersama dalam deklarasi ini, yang akhirnya membuat suasana tidak nyaman. Karena evaluasi dari tahun kemarin ada hal yang tidak perlu menjadi besar akhirnya menjadi besar dan itu kita antisipasi. Melalui pesta demokrasi ini juga apabila sudah selesai kemudian kemudian menang atau tidak kita tetap bersatu,” ujarnya.

Sementara ditempat yang sama menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang, Rinawati, menyampaikan jika dalam kegiatan tersebut mengajak 570 Caleg dari 18 partai politik, sesuai dengan Daftar Calon Tetap (DCT) yang sudah ditetapkan oleh KPU Kota Malang. Yang bertujuan untuk memberikan informasi dan menguatkan wawasan kebangsaan.

BACA JUGA :   Paguyuban FBSJ Akan Jadi Yang Terdepan Di Jawa Timur, Begini Ulasannya

“Sehingga nantinya peran dari para Caleg itu bisa mewujudkan Pemilu Damai dan Sukses Pemilu 2024 mendatang,” ucap Rina, sapaan akrab Kepala Bakesbangpol Kota Malang.

Menurutnya dalam kegiatan tersebut perlu untuk dipedomani oleh semua Caleg dan seluruh unsur yang ada dalam parpol. Apalagi dalam pelaksanaan Pemilu tersebut, ada 18 parpol sebagai peserta dan tentu akan ada perbedaan pilihan.

“Makanya ini penguatan bahwa Indonesia ini beragam. Sekarang Pemilu, itu kan partainya 18 parpol yang jelas pilihan berbeda. Kami berharap saling memahami, mengohormati perbedaan pilihan,” urainya.

Pihaknya meyakini apabila nilai kebangsaan sudah dipedomani, maka secara tidak langsung juga akan mengantisipasi kemungkinan adanya konflik. Sehingga, jalannya proses demokrasi akan berlangsung dengan kondusif dan sejuk.

“Jelas ini untuk mengantisipasi terjadinya konflik antar partai, kalau mereka punya nilai kebangsaan, maka menyadari persatuan dan kesatuan. Itu nomer satu yang diutamakan,” pungkasnya. (BAS – ADV)

Share :

Baca Juga

Daerah

Masuk Level Tiga, Magetan berlakukan PPKM Darurat

Daerah

Dari 16 Parpol Di Banyuwangi Hanya 14 Parpol Yang Mendaftar, 2 Parpol Dinyatakan Tidak Mendaftar.

Daerah

Pelestarian Mendhak Sanggring Ritual Masyarakat Desa Tlemang

Daerah

STOCK PHILE PASIR MILIK RIYAN DI DESA LEMPENI TAK MENGANTONGI IJIN RESMI
Dispertan Tampil Memukau Dengan Tampilan Tari Goyang Karang Kitri

Daerah

Dispertan Tampil Memukau Dengan Tampilan Tari Goyang Karang Kitri

Daerah

Bupati Ikfina Kampanyekan Minum TTD di MTS Nurul Islam

Daerah

Kapolri: Sambut Ramadan dengan Penuh Syukur, Senantiasa Sebar Kebaikan

Daerah

Polisi Berhasil Ungkap Kasus Pembunuhan Wanita Dalam Kamar Hotel di Surabaya