Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 16 November 2023 - 19:11 WIB

Pemdes Gunungan Serahkan Bantuan Benih Padi Kepada Poktan di Dusun Sidorame

Mojokerto,Sekilasmedia.com Pemerintah Desa Gunungan, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, salurkan bantuan bibit padi unggul kepada masyarakat petani sebanyak 4.200 kg, bantuan benih padi premium jumbo, akan di berikan secara cuma cuma, kepada 51 warga, yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat tani Desa Gunungan.

Kegiatan dilaksanakan di Balai Dusun Sidorame, Desa Gunungan yang pembagiannya di berikan secara simbolis dan di saksikan langsung oleh Kepala Desa Gunungan Sadi, Kepala Kelompok Tani, serta masyarakat penerima bantuan, Rabu (15/11/23) malam.

Penyaluran bibit padi unggul tersebut, terlaksana melalui Program Dana Desa tahun anggaran 2023 dan dibagikan kepada 4 Kelompok Tani yang berada di Desa Gunungan

“Dengan pembagian benih padi ini, yang di berikan secara simbolis, sekiranya nanti para petani terbantu dan tidak mengalami kesulitan untuk mencari benih unggul, maksud pembagian benih padi kepada para petani ini, bisa membuat tanaman padi, jadi seragam serta mengurangi serangan hama atau penyakit nantinya,” ucap Sadi.

“Tidak lain kata Sadi, semoga dengan adanya bantuan benih padi ini masyarakat tani bisa benar-benar terbantu perekonomiannya, sehingga bantuan kami bisa bermanfaat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala Desa Sadi SPd juga berharap agar bantuan benih padi tersebut juga tepat sasaran sehingga bisa lebih maksimal manfaat yang dirasakan oleh penduduk Desa Gunungan, sehingga dapat meningatkan produksi pangan,” pungkasnya.

Di samping itu, Sadi juga menerangkan bahwa bibit unggul yang dibagikan tersebut, adalah benih baru dan akan lebih maksimal jika penanamannya dilakukan di atas tanggal tersebut, tak hanya itu saja, dengan penanaman benih padi yang dilakukan serempak, diharapkan masa panen padi juga bisa bersamaan dan mengurangi resiko tanaman padi dari serangan hama seperti burung dan tikus.

Dikarenakan masyarakat Desa Gunungan mayoritas petani maka Kebutuhan air sangat penting, selama ini warga hanya mengandalkan waduk, tapi saat ini waduk sudah kering dan tidak bisa dimanfaatkan lagi untuk kebutuhan petani

Saya berharap kepada Dinas terkait agar memberikan perhatiannya kepada waduk tersebut, karena kebutuhan air di Desa kami sangat penting, kami juga berharap agar proposal terkait pengerukan waduk segera terealisasi, pungkasnya

Salah satu kelompok tani, Gipon mengatakan sangat senang sekali dengan adanya bantuan bibit benih padi. Gipon mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Desa Gunungan yang sudah memberikan bantuan bibit benih padi secara gratis. (Clara)

Share :

Baca Juga

Daerah

Meriahkan Hari Kemerdekaan RI ke 78, Forkopimda Gresik Gowes Bareng Ribuan Warga Driyorejo

Daerah

Sejumlah 131 Pelanggar Protokol Kesehatan Terciduk Ops Yustisi Polres Mojokerto

Daerah

Polres Lamongan Lakukan Patroli Harkamtibmas Perkuat Keamanan dan Kenyamanan Masyarakat

Daerah

PEMBAGIAN BERAS SUBSIDI (RASIDI) DESA RINGIN KEMBAR BERJALAN SUKSES

Daerah

Masuk Lima Besar Jatim, Kota Probolinggo Raih Penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik

Daerah

Berlangsunya Simakrama Jamin Good Governance

Daerah

Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ikuti Rangkaian Kunjungan Ketua Umum TP PKK

Daerah

Sekda Tutup Turnamen Old Crack PWI Asahan 2023