Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Senin, 4 Desember 2023 - 09:07 WIB

70 Hari Lagi Coblosan, Media Pilar Keempat Demokrasi Berperan Penting Sukseskan Pemilu 2024

Gresik, Sekilasmedia.com – Jelang 70 hari coblosan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, KPU Gresik menggelar Media Gathering bersama Jurnalis Kota Pudak. Kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka Sosialisasi Tahapan Pengelolaan Logistik Pemilihan Umum 2024.

 

Dengan mengusung tema “Peran Media dalam Pemilu 2024”, acara yang berlangsung di Hotel Santika Gresik pada Minggu, 3 Desember 2023 menghadirkan 3 narasumber, yakni Ketua KPU Gresik Akhmad Roni, Ketua PWI Gresik Deni Ali Setiono (Berita Jatim) dan Perwakilan KWG Didik Hendri Telisik Hati (BN News) dengan moderator M. Sholahuddin (Jawa Pos).

 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Gresik Akhmad Roni mengatakan, Pemilu 2024, kurang 70 hari lagi. Coblosan direncanakan pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang. Masa kampanye sudah dimulai sejak 28 November 2023 lalu. Masa kampanye bagi calon legislatif dan calon presiden untuk merebut hati pemilih hanya 3 bulan. Waktu yang singkat dibandingkan Pemilu 2019 yang berlangsung selama 7 bulan.

 

Lebih lanjut Roni memaparkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik telah menerima distribusi logistik untuk Pemilu pemilihan presiden (Pilpres) dan Pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2024. Pada tahap awal, jumlah logistik yang diterima sebanyak 18.401 kotak suara, 14.692 bilik suara, 7.346 tinta, serta 353.167 segel.

BACA JUGA :   Patroli Kamtibmas Bersepeda, Kapolresta Sidoarjo Tatap Muka Respon Curhatan Warga

 

Dijelaskan Roni, berdasarkan berita acara nomor: 1239/PL.01.2-BA/3525/2023 Tentang Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Gresik Pemilihan Umum 2024 tertanggal 20 Juni 2023, jumlah pemilih tetap (DPT) berjumlah 961.992 pemilih. Rinciannya, Laki-laki 478.961 orang dan Perempuan 483.031 orang.

 

Selain itu, KPU Kabupaten Gresik mencatat sebanyak 367 Tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024 mendatang. Nantinya, satu TPS membutuhkan 5 kotak suara, terdiri dari Kotak Suara Pemilihan Presiden, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), DPR RI, DPR Jawa Timur dan DPRD Kabupaten/Kota.

 

“Untuk itu, kami mengajak teman-teman media, sebagai pilar keempat demokrasi turut berperan aktif menyukseskan Gelaran Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Semoga Pemilu 2024 di Kabupaten Gresik berlangsung aman, damai, sejuk, dan kondusif,” tandas Roni yang juga Alumni Ponpes Almuhtarom Lowayu Dukun yang didirikan KH Abdul Aziz santri Langitan.

 

Sementara Ketua PWI Gresik Deni Ali Setiono narasumber dari Media Berita Jatim lebih menekankan pentingnya cover both side bagi jurnalis.

 

“Keseimbangan informasi dalam suatu berita merupakan hal yang wajib diterapkan oleh jurnalis sebelum menyebarluaskan berita. Cover both side merupakan suatu prinsip yang wajib diterapkan dalam dunia jurnalistik,” tegas Deni.

BACA JUGA :   Tangkal Radikalisme, Tiga Pilar Plus Kecamatan Pungging Gelar Rakor

 

Di tempat yang sama, perwakilan Komunitas Wartawan Gresik (KWG) Didik Hendri Telisik Hati narasumber dari Media Online BN News menyampaikan, Alhamdulillah berkesempatan turut urun rembug dalam Media Gathering KPU bersama Jurnalis Gresik dengan mengusung tema “Peran Media dalam Pemilu 2024″.

 

” Media sebagai Pilar ke empat Demokrasi terpanggil untuk berperan aktif menyukseskan Gelaran Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Seluruh insan Media yang tergabung dalam KWG (Komunitas Wartawan Gresik) maupun PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kabupaten Gresik Siap menyajikan pemberitaan yang menyejukkan, mengedukasi masyarakat sekaligus menangkal hoaks,” ucap jurnalis senior yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Komunitas Wartawan Gresik ini.

 

Menariknya, di akhir acara, M. Sholahuddin dari Jawa Pos yang didapuk sebagai moderator mengajak seluruh Komisioner KPU dan Jurnalis Gresik untuk menyanyikan lagu tradisional “Gundul Gundul Pacul” ciptaan Kanjeng Sunan Kalijaga. “Lagu ini memiliki filosofi mendalam terkait dengan Kepemimpinan yang relevan dengan Gelaran Pesta Demokrasi Pemilu 2024,” ungkapnya. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Minggu Kasih Polresta Sidoarjo Bakti Sosial

Daerah

Tongkat Kapolres Gresik Kini Bergeser Ke AKBP Adhitya Panji Anom

Daerah

Kapolres Gresik Hadiri Pembukaan TMMD Ke-111

Daerah

Koramil Tongas Senam Sehat Dan Membahas Pelayanan Kesehatan

Daerah

Kapolresta Sidoarjo Pimpin Apel Pengamanan Peringatan 1 Muharram 1445 H

Daerah

Mencegah Penyebaran Covid-19 Patroli Pamor Keris Gabungan Polres Pasuruan Kota Dioptimalkan

Daerah

Kopda Anton Simamora, Babinsa Tigasan Wetan Pastikan Stabilitas Desa Binaan melalui Komsos

Daerah

WARGA DESA TAMANAYU, BUTUH SOLUSI ATASI BENCANA LONGSOR.