Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Senin, 4 Desember 2023 - 10:38 WIB

Kodrat Sunyoto Nikmati Campursari Guyon Maton Bersama Masyarakat Menganti Gresik

Gresik, Sekilasmedia.com – Membudayakan budaya kesenian tradisional Jawa, DPRD Propinsi Jawa Timur menggandeng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jatim menggelar kesenian tradisional Campursari Guyon Maton Cak Percil bertempat di lapangan Desa Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, Sabtu malam (2/12/2023).

Tampak hadir di acara ini, anggota DPRD propinsi Jawa Timur asal Fraksi Partai Golkar Dr. H Kodrat Sunyoto, S.H, M.Si, perwakilan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Timur, anggota DPRD Gresik dari Fraksi Partai Golkar Wongso Negoro, S.E, S.H, M.Si, Kepala Desa Kepatihan Dodik Suprayogi dan jajarannya, BPD Desa Kepatihan serta ribuan masyarakat Kepatihan dan sekitarnya.

Kodrat Sunyoto anggota DPRD Jatim kepada awak media mengatakan bahwa kegiatan malam ini adalah pagelaran Guyon Maton Cak Percil, dimana ini merupakan kegiatan sinergitas antara DPRD propinsi Jawa Timur dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Timur.

BACA JUGA :   Guru Ngaji dan Guru Sekolah Minggu di Gereja Terima Honor Dari Pemkot Probolinggo

Sinergi antara legislatif dan eksekutif propinsi Jatim ini sebagai upaya mengangkat pamor kesenian tradisional Jawa dan peningkatan kesejahteraan seniman dan pelaku seni tradisional Jawa di Jawa Timur.

” Intinya, menunjukkan bahwa kita masih tetap setia membersamai masyarakat seniman untuk melestarikan budaya kita, terutama budaya campursari. Apalagi selama pandemi, para seniman tidak ada kegiatan, sehingga kita kembali membangkitkan kesenian yang ada di Jawa Timur,” ungkapnya.

Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur kembali menjelaskan bilamana yang ditampilkan tidak hanya Campursari saja, kedepannya akan ada kesenian ketroprak, ludruk dan lain-lain. Yang penting kegiatan seni yang ada di Jawa Timur.
Sebelum di Gresik hari ini, kemarin sudah diadakan pementasan Campursari Guyon Maton Cak Percil di Lamongan.

BACA JUGA :   Kelurahan Kepolorejo adakan Doa bersama dalam Rangka Nyadran

Pementasan campursari guyon maton Cak Percil dan kawan-kawan pada kesempatan tersebut berjalan sukses, mampu mengobati kerinduan masyarakat Desa Kepatihan dan sekitarnya akan hiburan terutama kesenian Jawa. Bahkan masyarakat mbelani datang dan melihat pementasan kali ini, meski lapangan berlumpur sehabis sorenya hujan.

Selain alunan musik berbagai genre yang dimainkan oleh gabungan gamelan dan alat musik modern yang dinamis dan rancak, dengan melantukan tembang lagu yang lagi hit saat ini. Ciri khas dagelan atau lawakan Cak Persil Cs yang mewarnai, mampu membuat penonton tertawa bahkan ikut bernyanyi bersama.

” Dan kami selaku wakil rakyat ingin bersama rakyat di bawah, menikmati hiburan kesenian tradisional Jawa. Jadi, selain silaturahni juga menyatukan kebersamaan antara DPRD propinsi Jatim bersama rakyat,” pungkas Kodrat Sunyoto. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Menteri PPN-Bupati Tantri Tinjau Program IPALD Terpusat Kraksaan

Daerah

Pasangan sejoli, Jualan Miras Arjo, Berhasil Ditangkap Polsek Ngantru

Daerah

WABUP INGATKAN KADES DAN PJ. KADES AGAR TIDAK NYUNAT DANA PEMBANGUNAN

Daerah

Penerimaan Tim Juri Verifikasi Lapangan Posyandu Berprestasi Tingkat Nasional 2023

Daerah

Pemkab Sidoarjo Beri Kemudahan Kepada Pelaku Usaha Program Warung Berdaya
Memperkenalkan Potensi Batik Lumajang Dengan Adakan On The Street Night Carnival

Daerah

Memperkenalkan Potensi Batik Lumajang Dengan Adakan On The Street Night Carnival

Daerah

BUPATI HADIRI ACARA PENYERAHAN BEASISWA DI AULA PKK LUMAJANG

Daerah

Parade Baca Puisi di Rumah Budaya Rakyat