Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Minggu, 10 Desember 2023 - 17:46 WIB

10 Kali SAKIP Raih Predikat Terbaik A, Gubernur Khofifah dapat Apresiasi DPRD Jatim

Foto, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar parawansa

SURABAYA,Sekilasmedia.com – Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat A dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Penghargaan ini merupakan ke sepuluh kalinya diterima oleh Pemprov Jatim. Selain itu, Pemprov Jatim juga mendapat penghargaan Booth Peer Teaching RB Xperience Terbaik Tahun 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI Abdullah Azwar Anas kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang diwakili Sekdaprov Jatim Adhy Karyono di Nusa Dua Convention Center, Rabu (6/12/2023).

Atas diterimanya penghargaan ini, Gubernur Khofifah menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya kepada seluruh ASN di lingkungan Pemprov Jatim. Terutama karena tahun ini menjadi tahun kesepuluh penghargaan SAKIP predikat A ini diterima Jatim.

H Samwil Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim.

“Alhamdulillah, Jatim 10 kali berturut-turut dengan predikat A yang berarti memuaskan untuk evaluasi SAKIP tahun 2023. Ini membuktikan bahwa seluruh jajaran Pemprov Jatim konsisten dalam menerapkan sistem akuntabilitas dan CETTAR (Cepat, Efektif Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel dan Responsif) dalam bekerja di segala lini,” kata Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (7/12/2023).

“Tahun ini skor SAKIP Pemprov Jatim mencapai 83,89. Angka tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun 2022 dengan skor 83,83. Kami harap ini bisa terus kita tingkatkan di tahun-tahun berikutnya,” lanjutnya.

Khofifah menjelaskan, penilaian ini dilihat berdasarkan komponen hasil menitikberatkan pada Akuntabilitas Kinerja dan Keuangan (Opini BPK dan nilai SAKIP), Kualitas Pelayanan Publik (Indeks Persepsi Kualitas Pelayanan), Pemerintah yang bersih dari KKN (Indeks Persepsi Anti Korupsi), Kinerja Organisasi (Capaian kinerja, kinerja lainnya, survei internal organisasi).

“Kami memang berkomitmen kuat dalam melaksanakan good governance yang diwujudkan dengan reformasi birokrasi. Seluruh instansi di Jatim berkomitmen menghasilkan inovasi pelayanan publik yang bermanfaat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Gubernur Khofifah mengatakan, penghargaan yang diterima mampu dipertahankan sekaligus dijadikan bekal pendorong bagi seluruh sistem, program dan fungsi yang ada di Pemprov Jatim agar berjalan dengan lebih baik dan memberikan dampak kepada masyarakat Jawa Timur secara luas.

“Pemprov Jatim akan terus mendorong agar prestasi dan capaian ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan di tahun tahun mendatang. Begitu pula kabupaten/kota yang berhasil memperoleh predikat yang tinggi agar bisa dipertahankan dan ditingkatkan,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin turut hadir didampingi Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Ketua KPK, Wakil Ketua KPK, Pj Gubernur Bali, Para Walikota, Bupati dan Gubernur se Indonesia serta pejabat di lingkungan Lembaga dan Kementerian.

Prestasi Gubernur Jawa Timur atas penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) predikat A dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mendapat apresiasi DPRD Jawa Timur. Wakil ketua komisi A DPRD Jatim H Samwil mengatakan penghargaan yang diperoleh secara berturut-turut dapat dijadikan bekal pendorong bagi seluruh sistem. Agar program dan fungsi yang ada di Pemprov Jatim berjalan dengan lebih baik dan memberikan dampak kepada masyarakat Jawa Timur secara luas.

 

“Ini bagus, capaian ini bukti kualitas Aparatur dalam menjalankan pelayanan publik di era Ibu Gubernur Khofifah berjalan dengan baik, efisien dan yang Penting adalah cepat,” jelas Samwil, Kamis (7/12/2023).

Dengan penghargaan tersebut, kata Samwil, DPRD Jatim akan terus mendorong agar prestasi dan capaian ini bisa dipertahankan. Bahkan ditingkatkan di tahun tahun mendatang. Begitu pula kabupaten/kota yang berhasil memperoleh predikat yang tinggi agar bisa dipertahankan dan ditingkatkan. “Kami mengapresiasi penuh atas capaian Pemprov Jawa Timur yang dipimpin bu Khofifah,” ucap politisi Demokrat ini.

Samwil menambahkan dengan adanya birokrasi yang berdampak, tentunya masyarakat juga dapat merasakan langsung manfaat kehadiran pemerintah. Salah satunya adalah dengan kemudahan akses dalam pelayanan publik, yang hadir melalui Mal Pelayanan Publik di semua kabupaten/kota. “Ke depan, pelayanan publik melalui kinerja aparatur harus semakin bagus dan mengikuti perkembangan teknologi, bisa saja nanti ada pelayanan publik di Jatim ini yang menggunakan metaverse atau Artificial intelligence (AI),” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pemkot Mojokerto Raih Dua Penghargaan Bergengsi Pada Peringatan HKN

Daerah

Ratusan Personel Polresta Mojokerto Jalani Psikologi Kolektif Terpadu

Daerah

Harga Beras Melambung, Legislator ini Minta Operasi Pasar Diperbanyak

Daerah

Kadishub Ditahan Kejaksaan, Soal Pemusnahan Sub Terminal Pohjejer

Daerah

Polresta Sidoarjo Bagi Takjil Gratis di Pos TPI

Daerah

HUT LVRI Ke-62, Begini Ajakan Dandim 0815 Mojokerto

Daerah

Bupati Mojokerto Kukuhkan Paskibraka  2022

Daerah

Polrestabes Surabaya, Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2019