Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Selasa, 30 Januari 2024 - 12:41 WIB

Bupati Mojokerto Tekankan Syarat BK Desa Dan Lapangan Pekerjaan

 

Mojokerto ,Sekilasmedia.com- Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, kembali menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat Kecamatan (Mustenbangcam) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025, Senin (29/1) pagi.

Kali ini Bupati Ikfina menghadiri 3 Musrenbangcam pada hari yang sama, yaitu kecamatan Puri, Pungging dan Dawarblandong, ini adalah kali ke 4 bupati Ikfina menghadiri Musrenbangcam pada awal tahun ini, Musrenbangcam sendiri diadakan tiap awal tahun untuk membahas usulan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun depan (2025).

Dalam kesempatan arahannya, Bupati menjabarkan tentang perlunya percepatan pembangunan di desa karena sangat berpengaruh dengan percepatan pembangunan pada daerah.

“Percepatan pembangunan di desa harus didahulukan, karena dengan begitu percepatan pembangunan di tingkat daerah bisa terlaksanakan dengan baik. Bagaimana caranya untuk percepatan pembangunan di desa? Salah satu caranya dengan memfokuskan tiap desa agar memiliki sign plan dan brand design,” ujar Bupati Ikfina.

BACA JUGA :   Festival Sholawat Khusus TNI-POLRI, Tim Hadrah Al-Wally Polres Pasuruan Sukses Meraih Juara 1 Kategori Marawis

Masih dalam arahannya, Bupati Ikfina menjelaskan perlunya sign plan dan brand design karena hal ini berhubungan dengan dana Bantuan Keuangan (BK) desa, yang akan dibagikan kepada tiap desa di Kabupaten Mojokerto.

“Dana BK desa ini nanti akan dibagikan kepada tiap desa dengan syarat desa yang mengajukan harus sudah memiliki sign plan dan brand design untuk desanya, hal ini ditujukan agar tiap desa harus bisa mengenali potensi dari desanya sendiri untuk bisa meningkatkan pendapatan asli desa, yang nanti juga digunakan untuk pembangunan desa tersebut,” imbuh Bupati perempuan pertama di Mojokerto itu.

Bupati Ikfina juga menekankan tentang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berperan vital dalam pembangunan daerah Kabupaten Mojokerto. Menurut beliau PAD Kabupaten Mojokerto harus ditingkatkan lagi di tahun 2025 demi percepatan pembangunan daerah.

” Pembangunan yang dilakukan di Kabupaten Mojokerto Ini dana terbesarnya berasal dari PAD, hanya sebagian kecil yang berasal dari bantuan keuangan khusus, oleh karena itu PAD ini harus ditingkatkan lagi, caranya dengan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui perluasan lapangan pekerjaan, mari kita manfaatkan apa yang ada disekitar kita, tidak harus menciptakan usaha-usaha baru, bisa juga kita bekerja sama dengan badan usaha yang besar agar bisa saling bersinergi,” terang Bupati Mojokerto tersebut.

BACA JUGA :   Ditarget Selesai Tepat Waktu, Pekerjaan Proyek Pembangunan Jembatan Kacangan Dikebut

Di akhir arahannya Bupati Mojokerto meminta kepada para pejabat pemerintahan agar tetap fokus pada pelayanan masyarakat meskipun tengah berada dalam masa kampanye.

” Yang terakhir saya sampaikan, kepada semua pejabat pemerintahan, agar jangan terbawa suasana kampanye, saya ingin panjenengan sekalian tetap fokus dan maksimal dalam tugas, khususnya yang turun langsung dalam pelayanan masyarakat,” pungkas Ikfina.

Acara Musrenbangcam ini turut dihadiri oleh Perwakilan BAPPEDA Kabupaten Mojokerto, Perwakilan DPMD Kabupaten Mojokerto, Forkopimca setempat (Puri, Pungging, Dawarblandong), Kepala Desa se-Kecamatan setempat, dan Kepala Penggerak PKK se Kecamatan setempat.(SM)

Share :

Baca Juga

Daerah

Sapa Warga di CFD Wates, Wali Kota Mojokerto Ajak Masyarakat Budayakan Pola Hidup Sehat

Daerah

Pembangunan 100 Huntara Terancam Mangkrak, Baznas Lumajang Ambil Alih

Daerah

Cegah Pelanggaran dan Kecelakaan, Satlantas Polres Tulungagung Gelar Patroli Cekal Malam Hari

Daerah

NK Cafe Sajikan Air Artesi Sulaiman Gagas Malang One Stop Sport And Tourism

Daerah

Bupati Blitar Lauching OLAS KEMBAR Di Pantai Serang

Daerah

Polresta Sidoarjo Gelar Vaksinasi Booster 1.000 Dosis di Mitra Sehat Mandiri

Daerah

Srikandi Sidoarjo Anjangsana HUT Polwan Ke-75

Daerah

Polda Jatim Gelar Vaksinasi Lanjutan di Malang