Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Selasa, 30 Januari 2024 - 21:35 WIB

Walikota Eri Cahyadi Resmikan 3 Proyek Strategis PDAM Surya Sembada 

Surabaya, Sekilasmedia.com – Walikota Surabaya Eri Cahyadi melakukan Peresmian tiga Proyek Strategis PDAM Surya Sembada Surabaya, Kantor Kecamatan Krembangan dan Sentra Wisata Kuliner (SWK) Krembangan, bertempat di halaman kantor Kecamatan Krembangan jalan Ikan Torowani 1 Perak Barat Krembangan Kota Surabaya pada Selasa (30/1/2024).

 

Adapun proyek strategis PDAM Surya Sembada Surabaya yang diresmikan meliputi Reservoir Mbah Ratu, rehabilitasi pipa 142 km, lalu proyek rumah pompa air baku tambahan IPAM Karangpilang.

 

Menurut Walikota Surabaya Eri Cahyadi bahwa tahun 2023 sudah lewat semua wilayah teraliri air, tekanan air sudah ditata sehingga lebih keras/ lancar, tidak ada yang menetes lagi. Tahun 2024, PDAM mempunyai tagline air sehat untuk masyarakat.

 

Pada kesempatan ini, Walikota Eri mengajak warga Surabaya dan wartawan dari berbagai platform untuk ikut mengawal layanan PDAM PT. Surya Sembada Surabaya.

 

” Nanti warga Kota Surabaya dan seluruh media cetak dan media elektronik yang ada di Surabaya. Ayo di kawal PDAM PT.

Surya Sembada Kota Surabaya ini. Kalau ada air yang keruh atau airnya kotor, itulah proses kita memberikan penjernihan dan sehat air itu. Karena, proses tidak ada ujug-ujug atau bim salabim baik tapi melalui proses menjadi baik,” katanya.

BACA JUGA :   Penyaluran Dana Bantuan Pemerintah Untuk Penyandang Disabilitas Probolinggo Minim Kuota

 

Sudah puluhan tahun dalam sejarah, sambungnya pemerintah kota belum pernah melakukan pergantian pipa. Baru tahun kemarin kita melakukan pergantian pipa.

 

Selain itu, Eri Cahyadi berharap di tahun 2024 ini, kinerja PDAM PT. Surya Sembada Kota Surabaya lebih baik dalam memberikan layanan air bersih kepada warga Surabaya. Disamping itu, adanya sinergi antara Pemerintah Kota Surabaya dengam DPRD Surabaya dalam mengawal kinerja PDAM.

 

Sementara, Dirut PDAM Surya Sembada Surabaya Ir. Arief Wisnu Cahyono mengatakan bahwa PDAM telah melaksanakan arahan dari Walikota agar seluruh warga Kota Surabaya terlayani air PDAM dari tiga proyek strategis, yaitu Reservoir Mbah Ratu, Rumah Pompa Air Baku Tambahan IPAM Karangpilang dan rehabilitasi pipa sepanjang 142 km. Dan PDAM telah menyelesaikan pekerjaan tersebut pada tahun 2022-2023.

 

Rumah pompa mbah ratu yang dibangun sejak 30 Mei 2023 dan telah beroperasi mulai 30 Desember 2023 sampai sekarang, menelan investasi Rp. 34 miliar. Memiliki kapasitas reservoir 1800 meter kubik, dilengkapi 3 unit pompa dengan total distribusi 900 liter per detik. Hal ini untuk menambah tekanan distribusi air ke pelanggan.

BACA JUGA :   Pelantikan Koni Kota Probolinggo Jadikan Momentum Revitalisasi Keolahragaan BERITA TERBARU 10 September 2021

 

” Dengan beroperasinya reservoir mbah ratu, menjadi solusi menambah tekanan distribusi air ke pelanggan, khususnya 6 kecamatam di Surabaya Utara, meliputi krembangan, Pabean Cantikan, Semampir, Kenjeran, Tambaksari, Bulak dan sekitarnya,” tandasnya

 

Sedangkan pekerjaan rumah pompa air baku tambahan IPAM Karangpilang yaitu IPAM Karangpilang I, II dan III, dimulau dikerjakan bulan Juni 2023 memiliki 4 unit pompa dengan kapasitas masing-masing 400 liter/detik (total 1600 liter/detik) dan selesai 30 Desember 2023 serta telah beroperasi. Tujuan dibangun untuk menjaga handalan seluruh unit IPAM Karangpilang.

 

Sementara, pekerjaan rehabilitasi pipa ideal terhadap 6000 km pipa adalah 120 km per tahun. Untuk mencapainya PDAM telah melakukan persiapan pada tahun 2022 sepanjang 30 km dan tahun 2023 sepanjang 112 km, total 142 km.

 

Adapun, tujuan rehabilitasi pipa meliputi untuk menggantikan pipa tersier berdiameter kecil (dibawah 100 mm), pipa yang sering bocor, pipa yang sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan layanan, pipa di lokasi yang sulit untuk pemeliharaan dan pipa tua dengan usia lebih dari 50 tahun, beber Arief.

 

Dengan ada pipa baru yang lebih besar dan lebih bersih, diharapkan aliran air lebih lancar dan kualitas air lebih bersih. (aila)

Share :

Baca Juga

Daerah

Masuki Musim Hujan, Pemkab Lamongan prioritaskan Mitigasi Bencana

Daerah

Kasus Covid-19 di Surabaya Meningkat, Polrestabes Surabaya Kembali Menggelorakan Sosialisasi Prokes

Daerah

SMP NEGERI 1 PASIRIAN DIBANJIRI PENDAFTAR

Daerah

ITS SIAP BEKERJASAMA DENGAN PEMKAB LUMAJANG

Daerah

HUT Brimob ke-76, Kapolres Gelar Tasyakuran Bersama Eks Brimob

Daerah

Mahasiswi Bawean Jadi Korban Tragedi Kanjuruhan, Wabup Gresik : Seluruh Pengobatan Gratis

Daerah

Sidak Satpas, Kapolres Blitar Kota Pastikan Pembuatan SIM Bebas dari Calo

Daerah

Polda Jatim Salurkan Bansos Sembako Bagi Kaum Dhuafa dan Anak Yatim Piatu